Search Cars

Berita Terbaru

Sistem Airbag Bermasalah, Toyota Recall Avanza, Raize dan Veloz

Airbag Toyota Avanza, Raize atau Veloz produksi Desember 2022 hingga Januari 2023 sebaiknya dibawa ke bengkel resmi Toyota.

airbag

Oleh karena adanya masalah pada airbag mobil, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan penarikan kembali (recall) terhadap tiga model kendaraan yang diproduksi Desember 2022 hingga Januari 2023. 

Ketiga mobil tersebut yaitu Toyota Avanza, Toyota Veloz, dan Toyota Raize. Program recall ini dilakukan Toyota sebagai bagian dari upaya juga komitmennya dalam menjamin kualitas produk.

Selain itu dilakukan sebagai upaya agar konsumen mendapatkan kualitas fitur keselamatan airbag yang sempurna serta keamanan dan keselamatan dari risiko kecelakaan.

Jaga komitmen 

Toyota GIIAS 2022

Hal ini seperti yang disampaikan Henry Tanoto selaku Wakil Presiden Direktur PT TAM, Selasa (6/6). 

Baca juga: Berapa Sih Harga Airbag Mobil Bila Harus Diganti?

“Sejalan dengan global initiative principal Toyota Motor Corp, aktivitas recall pada produk tertentu telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun sebagai wujud komitmen mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan,” ujarnya pada Kompas.

Ia menghimbau pemilik model kendaraan dengan tahun produksi disebutkan segera menghubungi Toyota atau datang langsung ke jaringan dealer Toyota terdekat. 

airbag mobil mengembang

Di sana ECU Airbag kendaraannya akan dicek. Dan bila diperlukan, dealer akan melakukan penggantian komponen ECU Airbag mobil di bengkel resmi Toyota.

Baca juga: Penyebab Airbag Mobil Mengembang, Ternyata Ga Sembarangan Loh!

Proses pengecekannya sendiri bisa berlangsung sekitar satu jam. Pelanggan harus melakukan booking service di awal sehingga dealer bisa mempersiapkan stall, teknisi, dan suku cadang airbag yang akan diganti.

Dan, yang perlu digaris bawahi, seluruh proses pengecekan dan penggantian komponen tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.

Malfungsi airbag mobil

fakta unik airbag

Alasan program recall pada Toyota Veloz, Toyota Avanza, dan Toyota Raize tahun produksi Desember 2022 sampai Januari 2023 adalah karena adanya malfungsi pada salah satu kapasitor ECU Airbag. 

Baca juga: Harga BBM Non Subsidi Serempak Turun Bulan Juni, Siapa Paling Murah?

Malfungsi ini menyebabkan airbag berpotensi tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya dan memaksimalkan perlindungan saat terjadi kecelakaan.

Jaringan dealer Toyota yang siap sedia menangani program recall ini berjumlah 298 bengkel dan semuanya tersebar di seluruh wilayah di Indonesia

Seluruh bengkel memiliki teknisi yang kompeten dalam melakukan pengecekan komponen ECU Airbag dan menyelesaikan masalah tersebut.

Baca juga: Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi Mengalami Kenaikan Hari Ini, Berapa Harganya?

Terkait recall ECU Airbag pada Toyota Veloz, Toyota Avanza, dan Toyota Raize, pabrikan sudah menginformasikan lewat surat resmi sejak 5 Juni 2023, media massa dan situs resmi Toyota.

cicilan Toyota Avanza

Bila kamu memiliki salah satu dari tiga jenis mobil tersebut, langsung kunjungi dealer resmi terdekat atau menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telepon 1-500-315.

Untuk informasi lebih lengkap, kamu juga bisa mengakses situs www.toyota.astra.co.id/ssc. Di situs ini kamu dapat melakukan pengecekan nomor rangka yang selanjutnya mendapatkan informasi apakah kendaraan termasuk dalam program recall Toyota. 

Baca juga: Plus Minus Isi Tekanan Angin Ban Mobil dengan Pompa Listrik

Jika iya, admin akan mengarahkanmu untuk mendatangi dealer terdekat dan melakukan perbaikan fitur keselamatan airbag di sana.

Seperti diketahui, airbag merupakan fitur keselamatan yang sangat penting bagi pengendara juga penumpang. Keberadaannya bisa mencegah kecelakaan yang lebih fatal. 

Pemilik kendaraan Toyota Avanza, Raize, dan Veloz produksi Desember 2022 hingga Januari 2023, yuk cek segera ke bengkel resmi terdekat.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.