Search Cars

Berita Utama Otomotif

Waspada Hujan Deras, Ini Titik Banjir Jakarta dan Sekitarnya

Kenali beberapa lokasi yang kerap menjadi langganan titik banjir Jakarta saat hujan deras melanda. Di mana saja tempatnya?

titik banjir Jakarta

Titik banjir Jakarta kembali berpotensi timbul usai hujan deras melanda di pagi hari, Rabu (1/2). Beberapa daerah menjadi langganan genangan air karena lokasinya merupakan dataran rendah dan tidak memiliki drainase yang baik.

Bahaya banjir Jakarta juga dapat muncul akibat meluapnya sungai. Seperti diketahui Jakarta dilalui beberapa sungai besar yang sering meluap dan timbulkan banjir saat musim hujan tiba. Misalnya Sungai Ciliwung, Sungai Krukut, Sungai Angke, dan Sungai Pesanggrahan.

Di awal tahun 2023, titik banjir Jakarta tercatat ada di sejumlah wilayah di Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Rata-rata ketinggian genangan air di sana mencapai 40-60 centimeter dan membuat akses jalan terputus.

Baca juga: Jual Mobil Bekas Banjir, Apa Saja Kerugiannya?

Pada awal bulan Februari 2023, hujan deras turun di sejumlah wilayah, sebut saja daerah Kota Tengerang Selatan, Kota Tangerang, Kota Depok, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat. 

Titik banjir Jakarta dan sekitarnya

titik banjir Jakarta

Dalam unggahan akun Twitter BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) menyebut potensi hujan sedang dan lebat di Jabodetabek pada 1 Februari akan melanda sejumlah wilayah. Ini tentu berpotensi timbulkan titik banjir Jakarta dan daerah sekitarnya.

Potensi hujan deras itu diantaranya pada daerah Penjaringan, Tanjung Priok, Koja, Cilincing, Pademangan, dan Kelapa Gading di Jakarta Utara. Wilayah Jakarta Pusat antara lain Sawah Besar, Kemayoran, Senen, Cempaka Putih, dan Johar Baru.

Baca juga: Kabin Mobil Bocor Saat Hujan, Cek Yuk Titik Penyebabnya!

Wilayah Jakarta Barat ada di Cengkareng, Taman Sari, Tambora, Kalideres. Jakarta Selatan di Setiabudi, Kebayoran Lama, Tebet, Cilandak, Pesanggrahan, Jakarta Timur di Pulogadung, Jatinegara, Matraman, Cakung, Duren Sawit.

Hujan deras juga dapat meluas ke Kabupaten Tangerang daerah Teluk Naga dan Kosambi, kemudian ke Benda di Tangerang dan daerah Pondok Aren, Serpong, Ciputat Timur, Pamulang, Pisangan di Kota Tangerang Selatan. 

Ruas jalan berpotensi banjir

titik banjir Jakarta

Beberapa titik banjir Jakarta dan wilayah Jabodetabek yang perlu diwaspadai guna menghindari risiko mobil terendam banjir saat musim hujan deras, antara lain sebagai berikut:

Baca juga: Cara Merawat Sunroof Mobil Agar Awet dan Tidak Bocor

Bahaya banjir 

asuransi mobil kebanjiran

Sebelum bepergian, alangkah baiknya jika kamu mengecek lokasi rawan banjir Jabodetabek di atas. Update juga info terkini melalui media sosial, radio dan siaran televisi agar terhindar dari risiko mobil terendam banjir.

Baca juga: Mobil Kena Banjir, Apa Saja yang Harus Dicek?

Kerusakan mesin akibat air masuk ke ruang bakar, risiko korsleting, karat sampai masalah turun mesin adalah sejumlah bahaya yang mengintai jika mobil terendam banjir. 

Bahaya banjir juga mengintai pada komponen rem dan kaki-kaki mobil. Pemeriksaan menyeluruh pada semua komponen utamanya setelah menerobos banjir perlu dilakukan. 

Datangnya musim hujan juga dapat menjadi potensi terjadinya kebocoran pada kabin mobil, menyebabkan cat mobil cepat kusam serta kaca mobil berembun. Antisipasi hal-hal tersebut dengan rutin melakukan pengecekan fungsi komponen masing-masing ya.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang