Search Cars

Editor's Pick

Ada Car Free Night saat Tahun Baru di Jakarta, Ini Rute dan Jadwalnya

Pemprov DKI Jakarta menerapkan car free night pada saat perayaan malam Tahun Baru 2023. Bagaimana rute dan jadwalnya nanti?

car free night

Car free night atau kebijakan bebas kendaraan bermotor akan diberlakukan pada saat perayaan malam baru. Kebijakan tersebut akan diberlakukan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. 

Penyelenggaraan car free night tersebut akan mulai berlaku mulai dari pukul 20.00 WIB sampai dengan 02.00 WIB. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menghindari adanya kepadatan arus lalu lintas selama momen pergantian Tahun Baru 2023. 

Jadwal car free night 

Mengenai jadwal car free night, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menjelaskan nantinya akan dimulai pada pukul 20.00 WIB sampai 02.00 WIB dini hari. 

Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas Malam Tahun Baru 2023 di Sejumlah Wilayah

Pihak Dishub DKI Jakarta juga rencananya akan membuka 40 kantong parkir. Ini dilakukan sebagai antisipasi dari banyaknya pengunjung yang akan membawa kendaraan pribadi, meskipun untuk lokasi rincinya belum disebutkan. 

“Kapasitas parkir saya rasa cukup mumpuni. Tapi, kami harap masyarakat yang nantinya berkunjung ke kawasan Sudirman-Thamrin untuk merayakan tahun baru, pakai layanan angkutan umum,” kata Syafrin. 

Rute transportasi umum

transjakarta

Selama penyelenggaraan car free night transportasi umum masih bisa melewati kawasan Sudirman-Thamrin. Misalnya saya TransJakarta masih bisa melintasi area tersebut yang menghubungkan koridor 1 dengan rute Blok M-Kota.

Baca juga: 291 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta Jelang Libur Natal, Dihimbau Hanya 30 Menit di Rest Area

Meskipun memang, jika terjadi kepadatan di area-area tersebut nantinya petugas tetap akan melakukan rekayasa lalu lintas. Terkait keamanan, Syafrin juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya.

Akan ada sekitar 8.000 personel yang bertugas untuk melakukan pengawalan dan pengamanan untuk perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Jakarta dan sekitarnya. 

“Angkutan umum untuk MRT itu dioperasionalkan sampai pukul 02.00. Sementara kita pahami untuk layanan Transjakarta ini sudah beroperasi 24 jam memang pada saat melakukan car free night sifatnya untuk koridor Blok M-Kota ini situasional,” kata Syafrin. 

Acara tahun baru di Jakarta

malam tahun baru 2023

Pada tahun ini, Pemprov DKI Jakarta menyebar beberapa titik lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat perayaan malam tahun baru. Lokasi yang menjadi pusat perayaan malam tahun baru akan digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Baca juga: Tarif Tol Jakarta Bandung Terbaru, Jangan Sampai Salah Ya!

Selain TMII, perayaan malam Tahun Baru 2023 juga akan disebar di sejumlah wilayah di lima kota administrasi DKI Jakarta. Untuk area Jakarta Pusat, lokasi perayaan akan ada di Thamrin 10 dengan adanya kehadiran panggung hiburan untuk masyarakat. 

Kemudian untuk area Jakarta Utara dan Jakarta Barat, lokasi perayaan akan berpusat di Kantor Walikota masing-masing. Sedangkan di Jakarta Selatan, lokasi perayaan akan digelar di Setu Babakan. 

Selanjutnya kawasan Jakarta Timur, akan digelar di Old Shanghai yang berada di Cakung. Lalu untuk Kepulauan Seribu akan digelar di Pulau Untung Jawa. 

Baca juga: Gratis atau Bayar? Kenali Aturan Derek Mobil di Tol

Jadi, buat kamu yang ingin menghabiskan waktu malam Tahun Baru 2023 nanti usahakan untuk tidak membawa kendaraan pribadi ya. Sebaiknya bisa menggunakan beberapa transportasi umum yang sudah disediakan agar tidak terjebak kemacetan, ya.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.