Search Cars

Keuangan

Apa Saja Jenis Barang yang Bisa Digadaikan Untuk Mendapatkan Dana Cepat?

Ini beberapa jenis barang yang bisa kamu jadikan jaminan di Pegadaian bila butuh dana pinjaman dalam waktu singkat. Apa saja ya?

jenis barang

Pasti ada saja orang yang pernah menjual atau menggadaikan beberapa jenis barang saat membutuhkan dana darurat yang harus dipenuhi dalam waktu singkat. Hal itu umumnya dilakukan karena tidak memiliki uang, atau jumlah dana di tabungannya tidak mencukupi. 

Beruntung bila ada yang masih bisa digadai atau dijual. Bila tidak, tentu akan sangat merepotkan jika harus mencari sumber atau fasilitas dana lain, seperti pinjam uang ke kerabat atau lembaga jasa keuangan

Kamu pasti sudah tahu kalau lembaga jasa gadai sangat membantu memenuhi kebutuhan dana yang mendesak. Selain persyaratan sederhana, prosesnya cepat, bunga pinjamannya juga tidak ‘mencekik’ leher. 

Baca juga: Jangan Buru-Buru, Ini Kelebihan dan Kekurangan Gadai BPKB Mobil

Gadaikan barangi harus di lembaga gadai yang terpercaya dan resmi, ya, seperti Pegadaian yang sudah terverifikasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi bukan pinjam uang atau menggadaikan barang melalui bank keliling atau rentenir. 

Jenis barang yang diterima Pegadaian

pegadaian

Di Pegadaian kamu bisa menyerahkan beberapa jenis barang yang layak dijadikan jaminan. Kamu akan menerima sejumlah uang yang sesuai dengan nilai harga jual dari barang jaminanmu. Setelah itu, kamu wajib mengembalikan dana dengan cara mencicil selama waktu yang sudah ditentukan. 

Jenis barang yang bisa digadaikan harusnya jenis barang yang memiliki nilai ekonomis hingga beberapa tahun berikutnya, ya, sehingga bisa dijadikan jaminan untuk mendapatkan pinjaman. Lalu, jenis barang seperti apa saja yang bisa digadaikan di Pegadaian, ya?

Emas

beli emas

Emas merupakan investasi yang selalu bisa diandalkan sebagai nilai tukar uang, baik itu untuk dijual kembali atau digadai. Jenis yang bisa digadaikan bentuknya sangat beragam, mulai dari emas batangan, perhiasan (cincin, kalung, gelang, anting atau bros), koin atau logam mulia. Selain emas, berlian juga bisa, loh. 

Jenis barang berharga seperti sertifikat

jenis barang

Misalnya sertifikat tanah, rumah, apartemen, atau lainnya. Dokumen berharga ini juga bisa digadaikan bila kamu butuh dana sangat besar dalam waktu singkat dari Pegadaian. 

Baca juga: Harga BBM Non Subsidi Serempak Turun Bulan Juni, Siapa Paling Murah?

Biasanya, nilai pinjaman menggadaikan sertifikat tanah ditentukan dari nilai Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan seberapa strategis lokasi tanah yang kamu miliki (tim survei yang akan mengeceknya).

Kendaraan

daihatsu sirion

Kendaraan roda dua atau empat, atau speedboat dan lainnya juga masuk dalam jenis barang yang bisa dijadikan jaminan gadai. Tentunya semakin baru jenis kendaraan maka semakin tinggi nilainya. 

Saat kamu akan menggadaikannya, kamu juga harus menyertakan surat-surat kendaraan tersebut, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), faktur pembelian, dan atau lainnya.

Jenis barang elektronik

charger ponsel

Menggadaikan barang elektronik juga bisa, tapi tidak sembarang jenis barang elektronik bisa digadai. Hanya yang berharga saja, seperti smartphone, televisi, kulkas, notebook, komputer, dan kamera. Semakin tinggi fitur dan teknologi yang diadopsi barang elektronik tersebut, maka nilainya juga semakin tinggi. 

Baca juga: Manfaat Investasi Bisa Beli Mobil, Bagaimana Caranya?

Tim surveyor nantinya yang akan mengecek kondisi dari barang elektronik apakah masih baik atau tidak. Nah, kartu garansi (yang masih berlaku), dus atau box barang, faktur pembelian dan lainnya juga bisa jadi nilai tambah.

Alat pertanian dan perikanan

alat pertanian

Jenis barang pertanian dan perikanan yang bisa digadai misalnya gergaji elektrik, mesin diesel kapal, mesin pompa air, atau traktor tangan. Sama halnya dengan barang elektronik, barang-barang ini harus dalam kondisi baik dan prima, ya. 

Alternatif pinjaman lain

aplikasi seva

Selain di Pegadaian, cara cepat mendapatkan dana segar adalah melalui Fasilitas Dana dari SEVA. Melalui Fasilitas Dana dengan jaminan BPKB mobil, kamu bisa menggadaikan kendaraan merek apa saja sebagai jaminan dengan maksimal usia 10 tahun.

Baca juga: Solusi Fasilitas Pinjaman Dana yang Aman Tanpa Pinjol

Cara berikutnya kamu juga bisa bergabung menjadi Teman SEVA. Ini merupakan program pemberian insentif mulai Rp1-Rp2,5 juta dengan cara menjual mobil rekomendasi kamu sendiri. Daftarkan diri kamu di tautan ini.

Kedua alternatif di atas jelas aman dan terpercaya. Yuk, tunggu apalagi? Segera bergabung dalam program tersebut dan dapatkan uang tunai sekarang juga!

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang