Search Cars

Berita Terbaru

Astra dan PLN Jalin Kolaborasi, Percepat Transisi Energi Baru Terbarukan

Astra International dan PLN berkomitmen melakukan sinergi pembangunan SPKLU dan PLTS di Tanah Air. Seperti apa bentuknya?

Lokasi SPKLU Astra

Astra International melakukan kolaborasi dengan PT PLN (Persero) dalam bentuk penyediaan dan pengembangan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan pemasangan panel surya pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap. 

Direktur Astra yang juga Presiden Direktur Astra Otoparts Hamdhani Dzulkarnaen Salim mengatakan, kolaborasi dengan PLN ini merupakan upaya dalam mempercepat transisi energi bersih melalui pengembangan infrastruktur kendaraan listrik (electric vehicle/EV). 

Sekaligus, bentuk dukungan Astra kepada pemerintah dalam mengembangkan ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

Baca juga: PLN Siapkan Strategi Ubah Tiang Listrik Jadi SPKLU, Kapan Dilaksanakan?

Kolaborasi ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dalam acara “The 11th Indonesia EBTKE ConEx 2023” di ICE BSD City, Tangerang, Rabu (12/7).

Komitmen Astra dukung elektrifikasi

astra

“Kami percaya kolaborasi dengan PLN dapat mendukung tujuan perusahaan dalam menunjang usaha pemerintah mengembangkan ekosistem kendaraan listrik,” kata Hamdhani. 

“Termasuk dalam percepatan pengembangan ekosistem kendaraan listrik, baik itu lewat charging machine yang kami kembangkan,” tambahnya.

Baca juga: Diskon Mobil Listrik di Jakarta Fair Kemayoran, Seberapa Besarannya?

“Saya apresiasi stakeholders badan usaha yang terus berupaya bekerjasama untuk membantu mendukung Indonesia dalam progres pembangunan energi baru terbarukan dalam infrastruktur kita,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia Arifin Tasrif.

Penandatanganan MoU ini dihadiri Direktur Astra Otoparts Tujuh Martogi Siahaan, Direktur PT Energia Prima Nusantara (EPN) Achmad Rizal Roesindrawan, dan Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Penandatanganan MoU ini dihadiri Direktur Astra Otoparts Tujuh Martogi Siahaan, Direktur PT Energia Prima Nusantara (EPN) Achmad Rizal Roesindrawan, dan Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Tambah SPKLU dan PLTS

lokasi spklu

Sejak awal kemunculan kendaraan listrik di Tanah Air, Astra sudah memberikan komitmennya dalam penyediaan SPKLU. Tahun lalu perusahaan sudah mengenalkan Astra Otopower, yaitu fasilitas charging machine KBLBB atau SPKLU untuk kendaraan listrik roda empat. SPKLU ini tersebar di 13 titik dengan menggunakan mesin cas yang dikembangkan dan diproduksi sendiri dengan merek ALTRO. 

Baca juga: Penjualan Mobil Toyota Semester I 2023 Masih Tertinggi, Berapa Jumlahnya?

Bersama dengan PLN, perusahaan akan melakukan penambahan dan pengembangan SPKLU di Indonesia, menyediakan instalasi mesin pengisian kendaraan listrik kepada pihak ketiga, serta pemasangan panel surya untuk PLTS Atap. 

Panel surya ini akan dipasang di 94 lokasi yang tersebar di Indonesia dengan total kapasitas 10,94 megawatt peak (MWp) menggunakan energi baru terbarukan (EBT). 

Baca juga: BPJS Kesehatan Tidak Tercantum Dalam UU Kesehatan Baru, Tidak Wajib?

Melalui anak perusahaannya, PT Energia Prima Nusantara (EPN) memercayakan penyediaan PLTS Atap sebesar 37,3 MWp kepada PLN melalui PT Indonesia Comnets Plus (PLN Icon Plus).

toyota bZ4X

Langkah ini dalam mengembangkan implementasi solar photovoltaic (PV) Rooftop di Indonesia, mendukung tercapainya target bauran EBT sebesar 23% pada 2025.

Kerjasama ini sejalan dengan semangat Astra International, yaitu Astra 2030 Sustainability Aspirations dan cita-cita untuk sejahtera bersama bangsa.

dukungannya terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Harapannya, kerja sama dengan PLN ini bisa memberikan banyak manfaat bagi pengguna kendaraan listrik dalam mengakses SPKLU. Sekaligus, menarik lebih banyak lagi masyarakat untuk mau menggunakan kendaraan listrik. 

Lokasi SPKLU Astra Otoparts

menara astra

Sebagai informasi berikut daftar lokasi SPKLU Astra Otoparts

Baca juga: Tips Memilih Ban Mobil yang Tepat untuk Berbagai Kondisi Jalan

Yuk bersiap dan ikut serta mendukung dan sukseskan program elektrifikasi dari pemerintah.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.