Search Cars

Tips & Rekomendasi

Bahaya Pasang Ban Mobil Beda Ukuran, Bisa Kecelakaan?

Menggunakan ban mobil beda ukuran ternyata bisa menyebabkan bahaya pada kendaraan. Apakah benar bisa menyebabkan kecelakaan?

ban mobil beda ukuran

Ban mobil beda ukuran ternyata bisa membahayakan, bahkan bisa menyebabkan kecelakaan. Ini menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh para pemilik kendaraan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Apalagi ban mobil ini menjadi salah satu komponen yang penting cukup penting karena posisinya yang langsung bersentuhan dengan jalan. Jika ada yang tidak sesuai, misalnya ukuran ban mobil tentunya bisa dirasakan oleh penumpang yang ada di dalamnya. 

Baca juga: Fakta Ban Mobil Listrik, Benarkah Teknologinya Berbeda?

Untuk itu, agar tetap aman dan nyaman saat mengendarai mobil usahakan selalu memerhatikan ukuran ban mobil yang digunakan. Tidak hanya dari harga ban mobil yang digunakan, pastikan juga menggunakan ban mobil dari merek yang sama. 

Dampak menggunakan ban mobil beda ukuran

tapak ban mobil

Menggunakan ban mobil beda ukuran sebaiknya tidak dilakukan karena ada dampak yang bisa ditimbulkan. Apa saja dampaknya? 

Membuat mobil tidak stabil

Efek yang bisa dirasakan jika menggunakan ban mobil beda ukuran adalah bisa membuat kendaraan menjadi tidak stabil. Penyebabnya adalah ketika ban memutar, gripnya tidak akan bagus sehingga fungsi tapak ban menjadi tidak maksimal. 

Meningkatkan risiko kecelakaan

kecelakaan

Dengan menggunakan ban mobil yang ukurannya berbeda, maka performa kendaraan pun akan menjadi kurang maksimal. Pada akhirnya, risiko terburuk yang mungkin saja terjadi adalah kecelakaan karena kehilangan kendali terlepas dari harga ban mobil itu sendiri. 

Baca juga: DIY Tambal Ban Mobil Sendiri dalam Keadaan Darurat

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya ketika mengganti ban mobil yang baru mencari pattern ban mobil yang sama. Kemudian tidak mengubah ukuran ban dari ukuran yang sebelumnya atau sesuai dengan standar pabrikan yang sudah ditentukan. 

Beberapa kondisi khusus

ban mobil listrik

Meskipun tidak disarankan untuk menggunakan ban mobil yang berbeda ukuran, tetapi kadang memang ada kondisi khusus yang memperbolehkan. Misalnya saja jika mobil tersebut memang punya lebar ban yang berbeda pada ban depan dan ban belakang. 

Jika kondisi tersebut yang terjadi, maka boleh menggunakan ban mobil dengan ukuran yang berbeda. Semuanya tergantung pada karakter dari setiap mobil, apakah menggunakan tarikan depan atau tarikan belakang. 

Baca juga: Baut Velg Mobil 4 dan 5, Apa Bedanya?

Namun dari keamanan secara umum, sebaiknya ban mobil bagian kiri dan kanan ukuran serta mereknya harus sama. Untuk ban depan dan ban belakang barulah bisa berbeda tetapi pastikan tidak melakukannya secara sembarangan dan tetap berhati-hati.

Pastikan juga untuk selalu mengecek kondisi ban mobil apakah sudah waktunya diganti atau belum. Bagaimana cara mengeceknya? 

Lihat kode produksi

ban mobil harus diganti

Untuk mengetahui kapan ban mobil harus diganti, cobalah untuk melihat kode pembuatan dari ban itu sendiri. Kode produksi ban mobil biasanya terdapat pada bibir atau dinding ban yang dicantumkan dengan kode empat digit angka. 

Usia ban lebih dari 5 tahun

Tanda lainnya adalah dengan menghitung masa pakai ban. Beberapa produsen ban mobil mengklaim bahwa umur masa pakai ban hanya diperbolehkan maksimal antara 5 tahun saja. 

Baca juga: Mengenal Cara Kerja dan Fungsi TPMS Mobil

Jadi ketika ban sudah berumur lebih dari 5 tahun namun tapak dan alur ban terlihat masih dalam kondisi tebal bukan berarti menandakan bahwa itu ban masih bagus. Dikarenakan ban terbuat dari karet yang lentur, maka seiring waktu dapat berubah elastisitasnya.

Ban retak-retak

masa kadaluarsa ban mobil

Kondisi ban yang sudah mulai mengalami retak-retak menjadi tanda bahwa ban mobil harus diganti secepatnya. Retakan tersebut menandakan bahwa kondisi ban sudah tidak bagus dan memicu bahaya jika terus digunakan.

Ban sudah banyak tambalan

Ban yang sudah terlalu sering ditambal juga bisa dijadikan pertimbangan untuk segera menggantinya dengan yang baru. Terlalu banyak tambalan dapat berpotensi tidak awet dan kekuatan ban akan berkurang sehingga dapat menyebabkan bocor kembali. 

Jadi, saat melakukan penggantian ban sebaiknya tidak dilakukan secara asal-asalan ya. Tentunya kamu tidak ingin mengalami kondisi-kondisi yang berbahaya bukan? 

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.