Search Cars

Tips & Rekomendasi

Baru Mulai Belajar Mobil, Lebih Baik Menggunakan Transmisi Matic Atau Manual?

Saat belajar mobil teknik yang digunakan untuk setiap transmisi tentu berbeda. Transmisinya lebih baik matic atau manual?

belajar mobil

Belajar mobil bagi sebagian orang mungkin bisa dibilang mudah, tetapi bagi sebagian lainnya menganggap sulit. Akan tetapi jika mau berlatih dengan benar tentunya bisa dengan mudah dilakukan. 

Ada banyak pengemudi pemula yang merasa sulit ketika sedang mulai belajar mobil. Bagi kamu yang ingin serius mempelajarinya pasti bisa dilakukan terutama jika sering melakukan latihan. 

Sebelum memulai belajar mobil, banyak hal dasar bagi pengemudi pemula yang sebaiknya  harus ketahui. Mulai dari pemilihan transmisi manual atau matic, gas, dan, rem, semua perlu diperhitungkan dengan matang.

Belajar mobil dengan transmisi manual 

oli transmisi manual

Jika ingin belajar mobil, ketahui terlebih dulu jenis transmisi yang ada salah satunya adalah MT atau Manual Transmission. Transmisi ini bekerja secara manual dan sistem perpindahannya dengan cara manual. 

Baca juga: AC Mobil Bau Setelah Mudik, Apa yang Harus Dilakukan?

Transmisi manual ini menggerakkan shifter dan menyesuaikan kebutuhan pengemudi dengan kondisi jalan. Akan tetapi di masa sekarang ini transmisi manual dianggap kurang efisien meskipun memang harganya lebih murah dibanding transmisi matic.

Bagi pengemudi pemula dalam membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) biasanya diminta tes menggunakan mobil dengan transmisi manual.

Belajar mobil dengan transmisi matic

merawat transmisi matic

Selanjutnya jika ingin belajar mobil ada juga transmisi matic dimana perpindahan gigi berdasarkan satu set roda gigi planetary. Perpindahan dilakukan secara otomatis sesuai dengan jumlah tekanan pedal akselerator dan perubahan kecepatan kendaraan.

Baca juga: Mobil Jadi Korban Banjir Bandang Sumatera Utara, Bagaimana Cara Klaim Asuransinya?

Pengemudi juga  dapat mengontrol kecepatan hanya dengan menekan pedal gas. Transmisi matic adalah transmisi yang umum digunakan pada era berkendara saat ini meskipun memang harganya sedikit lebih tinggi daripada mobil transmisi manual. 

Model transmisi matic sangat cocok bagi seseorang yang terkesan simpel berkendara. Ditambah lagi, fenomena macet di perkotaan membuat fitur model transmisi matic ini banyak digemari. 

Tempat favorit belajar mobil

posisi mengemudi ideal

Bagi pengemudi pemula, agar cepat mahir saat belajar mobil sebaiknya sering-sering melakukan latihan. Dimana tempat-tempat yang menjadi favorit?

Lapangan terbuka

Lapangan terbuka yang luas menjadi tempat belajar mengemudi pertama yang biasanya menjadi pilihan dalam praktek di sekolah mengemudi.

Baca juga: Harga BBM Pertamina Turun per 1 Mei 2023, Apa Saja Jenisnya?

Nantinya kamu akan diajarkan teknik dasar mengemudi seperti menyesuaikan posisi duduk dan spion agar penglihatan ke belakang mobil lebih sempurna. 

Lahan kosong

lahan kosong

Selain lapangan, lahan kosong juga kerap dijadikan tempat belajar mengemudi. Biasanya lahan kosong tidak seluas lapangan, sehingga ruang gerak mobil lebih terbatas. 

Meski begitu, lahan kosong cukup aman untuk belajar dan melancarkan teknik dasar mengemudi. Kontur lahan kosong yang tidak rata juga menjadi tantangan tersendiri untuk yang baru mengemudi mobil.

Jalan tertutup

Jika sudah mahir dan menguasai teknik dasar mengemudi, instruktur akan membawa kamu ke jalan yang tertutup, misalnya komplek perumahan. Di jalan tertutup kamu akan diajarkan teknik mengemudi yang lebih rumit lagi biasanya. 

Baca juga: BMW Indonesia Menjadi Sustainable Mobility Partner KTT ASEAN 2023

Mulai dari berjalan lurus secara presisi sesuai marka jalan dan berbelok sesuai lajur menggunakan sein. Kemudian, kamu juga akan diajarkan cara berputar arah serta mundur. 

Jadi, bila belum terlalu mahir sebaiknya jangan belajar mobil langsung di jalan raya ya.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.