Search Cars

Tips & Rekomendasi

Beli Mobil Baru VS Mobil Bekas, Lebih Menguntungan Mana?

Memutuskan untuk membeli mobil bekas atau baru biasanya membuat bingung. Yuk simak apa sih faktor yang harus diperhitungkan.

mobil bekas atau baru

Beberapa orang memilih membeli mobil bekas dengan alasan tertentu. Tapi sebenarnya, mana yang lebih menguntungkan, membeli mobil bekas atau mobil baru? 

Untuk orang-orang yang tinggal di perkotaan dengan mobilitas yang tinggi, memiliki mobil adalah salah satu impian mereka. Namun bagi beberapa dari mereka, bisa membeli mobil bukanlah hal mudah. 

Apalagi jika penghasilan bulanannya memang tidak memungkinkannya untuk kredit mobil, dan tidak memiliki tabungan untuk membayar down payment (DP).

Baca juga: Yuk Dihitung! Kredit Mobil Bekas dan Mobil Baru, Mana Paling Untung?

Oleh karenanya, untuk bisa mewujudkan impiannya tersebut, membeli mobil bekas yang notabene lebih murah pun dijadikan solusi. Hal ini tentunya tidak salah. Namun menurut beberapa orang, membeli mobil bekas banyak ruginya. Apa benar? 

Keuntungan beli mobil baru dan mobil bekas

daihatsu ayla sport

Memiliki mobil masih menjadi impian bagi sebagian orang. Terlebih saat ini banyak pilihan model yang tersaji, baik itu bekas maupun baru. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kamu dapat memilih sesuai dengan budget yang dimiliki.

Nah, bagi kamu yang baru berniat membeli mobil tapi bingung memilih bekas atau baru, berikut kelebihan membeli mobil baru dan mobil bekas yang dapat dipertimbangkan.

Baca juga: Bonus Kredit Mobil Baru yang Sering Ditawarkan Dealer

Keuntungan pertama kamu membeli mobil baru adalah bisa memilih spesifikasi yang sesuai dengan keinginanmu. Seperti diketahui, dealer mobil menyediakan beragam jenis dan varian mobil sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu. 

Mobil juga sudah dilengkapi dengan fitur terkini (dengan teknologi canggih), baik itu hiburan, keamanan, dan juga keselamatan. Sementara pada kendaraan seken, fitur-fitur seperti itu belum tentu ada, padahal ini bisa membantu mengurangi risiko kecelakaan di jalan.

harga mobil rocky

Keuntungan ketiga, kamu mendapatkan mobil dengan kondisi yang benar-benar baru. Kamu tidak perlu khawatir apakah mobil tersebut pernah terlibat kecelakaan, terkena banjir, mobil bodong atau lainnya. 

Baca juga: 10 Pekerjaan Sampingan yang Gajinya Bisa Buat Beli Mobil Impian

Keuntungan berikutnya adalah kamu mendapatkan garansi tanpa perlu mengeluarkan biaya ekstra. Menariknya lagi, garansi dari pabrik kendaraan tersebut  berlaku untuk beberapa tahun. 

Ditambah lagi, ada bonus perawatan mobil gratis yang bisa dilakukan di bengkel-bengkel resmi dealer mobil.

Masih ada keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan membeli mobil baru. Di antaranya mobil berteknologi canggih seperti mobil ramah lingkungan yang efisiensi dalam penggunaan BBM. Biaya operasional kendaraan masa kini juga lebih hemat ketimbang maintenance kendaraan seken.

Kelebihan beli mobil bekas

Kelebihan Daihatsu Granmax Minibus

Kamu akan mendapatkan lebih banyak keuntungan jika membeli mobil bekas di dealer mobil bekas terpercaya. Ya, namanya juga mobil bekas, pasti kondisinya tidak seprima mobil baru. Tapi jika kamu membelinya di dealer mobil bekas terpercaya, setidaknya kamu akan diberikan kendaraan seken dengan kondisi terbaik. 

Baca juga: Cicilan Mobil Rp 5 Jutaan Per Bulan, Apa Pilihannya?

Keuntungan pertama membeli kendaraan seken adalah harganya jauh lebih murah dari mobil baru. 

Kedua, kamu akan mendapatkan harga depresiasi, karena seperti kamu ketahui, harga kendaraan seken tidak mengalami penurunan yang signifikan dari tahun ke tahun. Berbeda dengan mobil baru yang mengalami penurunan harga mencapai 20% di tahun pertamanya.

Jika kamu sudah bosan dengan mobil bekas lamamu, kamu menjualnya dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan harga saat kamu membelinya dulu. Malah bisa jadi, lebih untung.

Baca juga: Harga Mobil Sigra Mulai dari Rp 100 Jutaan, Cek Langsung Simulasi Kreditnya

Ketiga, kamu bisa memilih model dengan pilihan yang sangat beragam. Misalnya begini, dengan uang Rp100 jutaan yang kamu miliki, kamu bisa mendapatkan kendaraan seken jenis sedan dari berbagai merek dan varian. Berbeda jika kamu membeli mobil baru, pilihanmu terbatas hanya pada segmen Low Cost Green Car (LCGC) saja.

Itulah beberapa perbedaan antara membeli kendaraan seken dengan yang baru. Pada akhirnya, keputusan akhir membeli mobil ada di tanganmu. Kamu bisa menyesuaikan dengan budget dan kebutuhanmu akan mobil. 

Mobil baru di SEVA

harga mobil ayla

Nah, saat ini untuk memiliki mobil baru makin mudah. Kamu dapat mengeceknya langsung di SEVA, ya. Sebagai platform jual beli mobil online terpercaya, ada banyak fitur yang memudahkan membeli mobil impian.

Baca juga: Beli Mobil Baru Vs Beli Mobil Bekas, Apa Saja Pertimbangannya?

Pertama, fitur Car Discovery Platform yang bisa memberikan rekomendasi mobil sesuai budget dan DP yang kamu inginkan. Lalu fitur Loan Calculator yang memberikan kamu informasi mengenai perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Dan yang terakhir fitur Instant Approval, dimana kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat hanya dalam hitungan menit loh. Pastinya, beli mobil baru di SEVA pasti selalu #JelasDariAwal.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.