Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cara Mengatasi Indikator Bensin Mobil yang Mati

Jangan panik jika mendapati indikator bensin mati. Coba periksa untuk cari tahu penyebabnya. Cara memperbaikinya mudah kok.

bensin

Keberadaan indikator bensin pada mobil sangat penting guna mengetahui informasi tentang volume bensin. Dalam artian, jika indikator ini rusak, pemiliknya pasti akan kesulitan mengetahui volume bensin di dalam tangki mobilnya.

Indikator bensin terletak di bagian speedometer yang dilengkapi dengan jarum yang menunjukkan huruf F (fuel atau tangki bensin penuh) dan E (empty atau kosong).

Ada beberapa kondisi pada mobil yang menyebabkan jarum bensin tidak bergerak meski tangki terisi penuh. Jika ini terjadi pada mobilmu, ada baiknya segera cari tahu penyebabnya agar masalah tidak merembet merusak komponen atau sparepart mobil lainnya.

Penyebab indikator bensin mati

speedometer mobil

Yuk, simak beberapa penyebab indikator bensin bermasalah berikut ini.

Baca juga: Informasi pada MID, Apa Saja yang Ada di Dalamnya?

  1. Usia indikator bensin

Umumnya terjadi pada mobil-mobil tua. Segera saja bawa mobil ke bengkel dan lakukan servis indikator bensin.

  1. Kabel indikator bensin putus

Jika benar masalahnya terdapat pada kabel yang putus, harus diatasi segera agar tidak merembet pada komponen mobil lain/ Untuk memastikannya, kamu juga harus membawa mobil ke bengkel

  1. Pelampung tangki

Di dalam tangki bensin terdapat pelampung yang beroperasi dengan mengandalkan kumparan di dalam pelampung tersebut. Biasanya jika mobil sudah berusia lebih dari 5 tahun, kinerja kumparannya  mulai berkurang sehingga peran pelampung semakin melemah.

Baca juga: 6 Hal Penyebab Indikator BBM Tidak Akurat

Fungsi dari kumparan ini adalah memberikan sinyal pada indikator BBM mobil yang berada di dasbor. Jika kumparan melemah atau rusak, maka komponen ini tidak bisa lagi mengirimkan sinyal atau sinyal yang dikirim tidak akurat. 

Saat memeriksanya, kamu bisa mencabut kabel pada pelampung BBM dan menyambungkannya kembali. Jika alat pengukur pada speedometer masih bergerak artinya sumber kerusakan bukan dari pelampung bensin.  

Selain di pelampung, kumparan juga terdapat pada indikator BBM. Dan sama juga seperti kumparan pada pelampung, kumparan pada indikator yang bermasalah juga sulit menangkap sinyal dan memberikan data yang kurang akurat. 

Baca juga: Rekomendasi Mobil Irit BBM dan Membuat Pengeluaran Lebih Hemat

Pada beberapa kasus, jarum di kumparan putus sehingga tidak dapat bergerak sama sekali.

Terbiasa parkir di jalan tidak rata

tanjakan turun

Penyebab terakhir indikator BBM mati adalah memarkir mobil di jalan menanjak di mana usia pelampung pada mobil juga sudah lebih dari 5 tahun.

Di kondisi jalan dan usia pelampung ini, pelampung sulit kembali ke posisi semula sehingga jarum indikator selalu berada di E atau tidak bergerak sama sekali.

Baca juga: Pajak Progresif Akan Dihapuskan, Apa Alasannya?

Sementara pada indikator digital, masalah yang kerap terjadi adalah sistem yang kurang responsif yang menyebabkan jarum indikator baru kembali ke posisi semula setelah mobil berjalan beberapa meter.

Cara memperbaiki indikator bensin 

servis mobil

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki indikator bensin yang mati. Pertama, periksa aki mobil (sumber arus listrik) jika indikator bensin berkedip terus-menerus. Bisa jadi aki soak yang jadi sumber masalahnya. 

Selain aki, periksa juga sistem kelistrikan lainnya, seperti sekring mobil, kunci kontak, jarum atau indikator bensin, dan pelampung.

Baca juga: Berapa Sih Isi Bensin Full Tank Mobil Toyota dan Daihatsu?

Selanjutnya, bawa ke bengkel untuk memeriksa pelampung pada tangki jika indikator bensinnya digital. Tapi jika analog, kamu bisa memperbaikinya secara mandiri dengan mencabut kabel penghubung ke tangki dan menyambungkannya kembali.

Setelah itu, periksa juga speedometer untuk mengetahui apakah ada kabel yang putus atau air masuk yang masuk ke dalamnya. 

Terakhir, periksa PCB (printed circuit board) dengan membuka bagian sensornya dan melihat apakah garis PCB berkarat atau tidak. Jika iya, fungsi indikator akan menurun. Biasanya hal ini terjadi pada mobil yang terendam banjir.

Baca juga: Pasang Charger Mobil Listrik di Rumah, Berapa Biayanya?

Itulah beberapa penyebab dan cara memperbaiki indikator BBM mobil yang mati atau bermasalah. Lakukanlah pemeriksaan pada komponen ini setiap kali kamu melakukan servis rutin. 

Jika masalah pada indikator BBM sampai menyebabkan kerusakan pada komponen lain, perusahaan asuransi mobil tidak akan menanggung biaya perbaikan atau penggantian komponen. Dengan kata lain, semua biaya tersebut akan kamu tanggung secara pribadi. 

Oleh karenanya, lakukan perawatan sejak dini untuk meminimalisir kerusakan di kemudian hari.

Tags:

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang