Search Cars

Berita Terbaru

Daftar Mobil Listrik Terlaris, Toyota bZ4X Laku Hingga Ratusan Unit

Toyota bZ4X masuk dalam daftar mobil listrik terlaris semester pertama tahun 2023 ini. Penasaran berapa banyak yang terjual?

mobil listrik

Toyota bZ4X jadi salah satu mobil listrik terlaris di semester I tahun 2023 ini. Tren penjualan mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) memang sedang meningkat pesat di pasar dalam negeri pada semester pertama 2023. 

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) pada periode Januari-Juni 2023 saja tercatat ada 5.849 unit BEV yang sudah didistribusikan dari pabrik ke dealer (wholesales).

Jumlah ini sangat jauh melampaui jumlah satu tahun sebelumnya di mana terhenti di angka 495 unit. Dengan kata lain, penjualan mobil listrik di semester I 2023 naik 1.081 persen dibanding tahun sebelumnya pada periode yang sama. 

Model mobil listrik mulai banyak

lexus u300

Meski alami kenaikan bila dilihat dari sisi market share terhadap total penjualan pasar kendaraan roda empat atau lebih nasional, masih kecil yaitu sekitar 1,1 persen. 

Baca juga: Biaya Servis Mobil Listrik Sangat Irit, Berapa yang Harus Dikeluarkan?

Peningkatan penjualan BEV di Tanah Air di tahun ini memang tak lepas dari makin banyaknya produk menarik yang ditawarkan ke masyarakat. Kalau tahun lalu hanya ada 7 model yang eksis, tapi tahun ini sudah bertambah menjadi 15 model. 

Bukan hanya itu, sejak Mei 2023 lalu pemerintah sudah memberikan insentif bagi mobil listrik murni yang diproduksi di dalam negeri dengan TKDN 40 persen melalui pengurangan PPN 10 persen. Kebijakan ini tentu membuat harga kendaraan elektrik semakin murah lagi karena konsumen hanya dikenakan tarif PPN 1 persen saja. 

Berkat subsidi dari pemerintah ini juga, penjualan beberapa model mobil listrik melonjak tinggi. Hal lainnya adalah ketersediaan SPKLU. Seperti diketahui, saat ini PLN dan juga beberapa pihak swasta, salah satunya Astra, sudah banyak menyediakan SPKLU. SPKLU ini tidak hanya dibangun di Kota Jakarta, tapi juga menyebar di beberapa kota besar lainnya.  

Faktor Toyota bZ4X laris

toyota bZ4X

Di semester I tahun 2023 ini, Toyota bZ4X menjadi salah satu kendaraan elektrik terlaris di Indonesia. Merek ini terjual sebanyak 155 unit di enam bulan pertama tahun 2023.

Baca juga: Spesifikasi BMW M3 CS Edisi Spesial, Hanya Ada 15 Unit di Indonesia

Sosok Toyota bZ4X belakangan menjadi sorotan lantaran dijadikan kendaraan khusus para pemimpin negara pada gelaran KTT G20 di Pulau Bali (November 2022) dan ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur(Mei 2023). 

Salah satu yang jadi alasan mobil listrik ini dipilih karena kapasitas baterai Toyota bZ4X yang sangat besar, yaitu 71,4 kWh. Kapasitas baterai ini memungkinkan produk keluaran Toyota tersebut memiliki jarak tempuh hingga 500 kilometer. 

Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmi Suwandy melansir Kompas.com (18/4) mengatakan, sambutan masyarakat terhadap Toyota bZ4X begitu meriah. Bahkan sudah banyak yang memesan mobil ini di mana jumlahnya mencapai 1.000 unit (inden). 

Baca juga: Punya Mobil Listrik, Catat Lokasi SPKLU dari Astra Otoparts

Pembeli harus bersabar menunggu pesanannya sekitar hampir 1 tahun karena unit kendaraan dibuat di pabrik Jepang. Menurut Anton, lama waktu inden bisa mencapai lebih dari satu tahun. 

Daftar mobil listrik terlaris

BMW iX

Dalam daftar mobil listrik terlaris semester pertama ini selain Toyota adalah dari pabrikan BMW, Lexus dan MINI Cooper. 

Kendaraan elektrik canggih BMW iX xDrive40 terjual sebanyak 178 unit dan BMW i440 Grand Coupe sebanyak 39 unit, keduanya berada di urutan 3 dan 8. 

Baca juga: Penyelenggaraan GIIAS 2023, Mobil Listrik Akan Semakin Banyak

Sementara dari Lexus ada Lexus UX 300e sebanyak 30 unit dan Lexus RZ 450e sebanyak 7 unit yang masing-masing ada di urutan 10 dan 13. Sedangkan MINI Cooper SE Hatch ada di urutan 9 dengan penjualan sebanyak 39 unit.

Inilah kendaraan elektrik terlaris di Indonesia selama semester I tahun 2023:

  1. Hyundai Ioniq 5 3.543 unit 
  2. Wuling Air EV 1.654 unit 
  3. BMW iX xDrive40 178 unit 
  4. Toyota bZ4X 155 unit 
  5. Nissan Leaf 61 unit 
  6. DFSK Gelora E 51 unit 
  7. Mercedes-Benz PC EQS 450+ (V297) 44 unit 
  8. BMW i440 Gran Coupe 39 unit 
  9. Mini Cooper SE Hatch 39 unit 
  10. Lexus UX 300e 30 unit 
  11. Mercedes-Benz PC EQE 350 (V295) 22 unit 
  12. KIA EV6 22 unit 
  13. Lexus RZ 450e 7 unit 
  14. Morris Garage ZS EV 3 unit 
  15. Hyundai Genesis G80 EV 1 unit 

Baca juga: Astra dan PLN Jalin Kolaborasi, Percepat Transisi Energi Baru Terbarukan

Harga mobil listrik di atas berada di rentang Rp700 jutaan hingga Rp3 miliaran. Bisa dibilang mobil-mobil yang ada di dalam daftar ini masuk dalam kategori mobil mewah

MINI Electric

Misalnya saja harga mobil listrik Toyota bZ4X yang dibanderol mulai Rp1,19 miliar. Sementara harga mobil listrik BMW iX xDrive40 mulai dari Rp1,92 miliar dan dan MINI Cooper SE Hatch mulai Rp1,06 miliar.

Meski mahal, namun penggunaan mobil listrik jelas lebih menguntungkan dan memberi dampak berkurangnya polusi udara akibat gas buang kendaraan. Apakah kamu tertarik menggunakan kendaraan ramah lingkungan ini?

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.