Search Cars

Baru

Daftar Negara yang Bebas Pacu Kendaraan Tanpa Batas Kecepatan

Ini daftar negara dengan jalan raya tanpa batas kecepatan alias bebas ngebut. Adakah Indonesia di dalam daftar ini? Cek yuk.

bebas

Setiap kendaraan yang melintas di jalan, tentunya nggak bisa bebas melaju begitu saja tanpa mengikuti aturan batas kecepatan. Tapi tidak demikian dengan jalan-jalan yang ada di negara-negara ini. 

Di sana, setiap kendaraan bebas melaju bahkan dengan kecepatan yang bisa dibilang ngebut layaknya di lintasan sirkuit. Kamu justru nggak bisa berkendara lambat di sini dan malah akan didenda karena laju kendaraanmu mengganggu kendaraan-kendaraan lain yang ngebut. 

Ini dia negara-negara di mana kendaraannya bisa bebas sebebas-bebasnya melintas di jalan raya:

Bebas ngebut di Isle of Man

Ini adalah sebuah pulau kecil yang berada di wilayah Laut Irlandia yang memiliki pemerintahan sendiri. Pulau ini juga dikenal sebagai negara dengan jalanan tanpa batas kecepatan. 

Baca juga: Jalan Tol Memiliki Aturan Mengenai Batas Kecepatan Kendaraan, Catat Ya

Kalau kamu ke sini, kamu bisa bebas ngebut di sekitar 30 persen jalan rayanya. Pemerintah setempat juga memanfaatkan jalan-jalan ini dengan menggelar acara tahunan Tourist Trophy (TT). Yakni pertandingan motor yang melintas di jalan-jalan umum di pulau ini yang sudah diubah menjadi lintasan balap. 

Berkat event ini juga Isle of Man jadi tujuan populer di kalangan para penggila kecepatan.

Autobahn, Jerman bebas batas kecepatan

Autobahn dikenal sebagai jaringan jalan raya di Jerman yang membentang sepanjang lebih dari 13.000 kilometer. Dan tahukah kamu, lebih dari separuh jaringan jalan raya ini tidak memiliki batas kecepatan?

Baca juga: Sering Salah Paham, Ini Perbedaan Lajur dan Jalur Jalan

Memang sih di beberapa area tertentu ada tanda batas kecepatan 130 kilometer per jam atau kurang. Tapi memang di sebagian besar jalan kamu bebas ngebut, alias bisa berkendara tanpa menghiraukan batas kecepatan. Umumnya jalan bebas ngebut di Jerman tersebut ditandai dengan rambu-rambu berbentuk lingkaran putih dengan lima garis diagonal berwarna hitam.

Jalan Abu Dhabi dilarang pelan

bebas ngebut

Kalau biasanya kita melihat tanda batas kecepatan maksimum di jalan raya, di Uni Emirat Arab justru menerapkan batas kecepatan minimum. Seperti yang ada di salah satu jalan raya utama di ibu kota negara tersebut, Abu Dhabi, yaitu Sheikh Mohammed bin Rashid Road.

Ada batas minimum yang diberlakukan pada dua lajur kiri di jalan raya empat lajur Sheikh Mohammed bin Rashid Road. Batas minimumnya adalah 120 kilometer per jam. 

Baca juga: 7 Jenis dan Fungsi Markah Jalan yang ada di Indonesia

Jadi khusus untuk pengemudi yang berkendara lambat wajib pindah ke lajur kanan (UEA menggunakan sistem mengemudi sebelah kanan). Sedangkan pengendara yang tidak mematuhi aturan, akan dikenakan denda 400 Dirham atau sekitar Rp1.700.000.

Namun demikian, ketika berkendara di lajur kiri, pengemudi tetap tidak bisa bebas ngebut. Tetap ada batas kecepatan maksimum di lajur kiri dari kedua jalurnya, yaitu 140 kilometer per jam (untuk mobil). Dan khusus untuk kendaraan berat hanya boleh melaju di lajur kanan dan dengan kecepatan tidak lebih dari 80 kilometer per jam.

Jalur di Sheikh Mohammed bin Rashid Road ini bukan satu-satunya jalan bebas hambatan di Abu Dhabi. Jalan Abu Dhabi-Al Ain sebelumnya menempati peringkat pertama sebagai salah satu jalan dengan batas kecepatan tertinggi di dunia, loh. Di sana batas kecepatan yang ditetapkan adalah sebesar 160 kilometer per jam, tapi kemudian belakangan dikurangi menjadi 140 kilometer per jam.

Autostrada, Polandia 

Salah satu negara di Eropa yang menerapkan jalan bebas ngebut adalah Polandia. Polandia mengatur batas kecepatan standar untuk jalan raya ganda adalah 120 kilometer per jam, sementara batas kecepatan untuk sebagian besar jalan tolnya adalah 140 kilometer per jam. Nama jalan ini dikenal dengan nama Autostrada. 

Baca juga: Rambu Dilarang Parkir dan Berhenti, Apa Bedanya?

Batas kecepatan untuk daerah non-perkotaan di Polandia ditetapkan pada angka 90 kilometer per jam, dan di daerah perkotaannya maksimal 50 kilometer per jam.

Bulgaria rata-rata 120 kilometer per jam

Sebagian besar jalan raya di Bulgaria memiliki batas kecepatan 120 kilometer per jam. Tapi khusus untuk beberapa jalur ganda yang lebih jarang dan lebih baru yang disertai jalur pemberhentian darurat, batas kecepatannya lebih tinggi, yakni 140 kilometer per jam.

Ini berbeda dengan kendaraan seperti truk dan sepeda motor yang harus patuh dengan batas kecepatan lebih rendah, yaitu 100 kilometer per jam.

Jalan di Texas, Amerika Serikat bebas hingga 137 kilometer per jam

amerika serikat

Amerika Serikat punya jalan yang paling bebas ngebut di dunia. Jalan tersebut adalah Jalan Raya Interstate 10 dan Interstate 20 yang terletak di Texas Barat dan sebagian Jalan Raya Highway 45 yang ada di Travis County, Amerika Serikat. 

Baca juga: 7 Rambu Lalu Lintas yang Sering Dilanggar Pengendara

Batas kecepatan yang ‘dianjurkan’ di jalan-jalan tersebut adalah 128 kilometer per jam.

Selain itu, ada lagi ternyata jalan bebas ngebut lainnya. Yaitu Jalan Raya Negara Bagian Texas 120 yang dikenal dengan “Pickle Parkway”. Jalan ini terbentang dari San Antonio ke Austin, Amerika Serikat

Pickle Parkway memiliki batas kecepatan tertinggi 85 mph atau sekitar 137 kilometer per jam, dan menjadikannya sebagai jalan tercepat di Amerika Serikat.

Masih adakah jalan bebas ngebut lainnya yang melebihi batas kecepatan di atas menurut kamu? Jangan lupa jika berkendara tetaplah harus mengendalikan laju kendaraan secara sempurna, mematuhi rambu lalu lintas dan mengenakan sabuk keselamatan.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.