Search Cars

Baru

Diklaim Irit Bahan Bakar, Berapa Konsumsi Toyota Kijang Innova Zenix?

Sudah dibuktikan, Innova Zenix hanya butuh bahan bakar 16,2 liter bensin di setiap 47 kilometer. Ada MPV lain yang sanggup saingi?

zenix bahan bakar

Dengan disematkannya mesin baru berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine, Toyota All New Kijang Innova Zenix diklaim lebih irit bahan bakar dibanding generasi sebelumnya. 

Soal keiritan bahan bakar Innova ini PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan pengujian internal untuk membuktikannya. 

Dengan ‘peremajaan’ mesin ini, berapakah konsumsi bahan bakar Toyota All New Kijang Innova Zenix? Benarkah termasuk kendaraan yang irit konsumsi bahan bakar?

Irit bahan bakar

innova zenix

Berdasarkan pengujian PT TAM, bahan bakar Innova Zenix bensin untuk pemakaian hingga 47 kilometer adalah mencapai 16,2 kilometer per liter (Kpl). Dengan kata lain, setiap satu liter bensin mampu menempuh jarak 16,2 kilometer.

Baca juga: Toyota Innova Zenix Kuasai Daftar Mobil Terlaris Juli 2023

Sementara Innova Reborn diesel, saat dites dengan jarak tempuh yang sama, hanya mampu menghasilkan konsumsi 14,9 kilometer per liter saja. Dari hasil pengujian ini, jelas terlihat perbedaan konsumsi BBM keduanya lumayan signifikan. 

Namun hasil ini tak bisa dijadikan patokan untuk semua perjalanan ya, meski jarak tempuhnya sama (sama-sama 47 kilometer). Seperti kamu ketahui juga, ada banyak faktor yang mempengaruhi kendaraan irit BBM. Dia antaranya gaya berkendara, kecepatan statis selama berkendara, kondisi jalan, kondisi mobil, jenis BBM juga perawatan mobil yang rutin atau tidaknya. 

Faktor pembeda irit bahan bakar

kijang innova zenix

Jika konsumsi bahan bakar Innova Zenix versi bensin lebih irit BBM dibanding Innova Reborn diesel, itu karena dipengaruhi juga dari perubahan besar yang dilakukan Toyota terhadap Innova Zenix. 

Baca juga: Fungsi Noken As pada Mobil, Komponen, dan Cara Kerjany

  1. Pertama, penggunaan platform Toyota New Global Achitecture (TNGA): GA-C struktur monocoque yang menggantikan ladder-on-frame
  2. Kedua, peningkatan rigiditas sasis yang juga memangkas berat keseluruhan kendaraan ini hingga 170 kilogram dari generasi sebelumnya. Pengurangan berat memberikan kontribusi pada sisi efisiensi bahan bakar yang lebih hemat, juga menawarkan kualitas berkendara yang makin fun to drive
  3. Ketiga, adanya transmisi CVT 10 percepatan berkode K120 yang juga ikut berperan. Kinerja komponen mekanis yang efisien dan rasio sabuk baja lebih lebar ini digadang-gadang turut memengaruhi peningkatan keiritan bahan bakar, akselerasi, juga operasional yang lebih senyap. 
  4. Keempat, perubahan penggerak roda dari belakang ke depan. Ini memberikan sisi responsif yang lebih baik dari putaran bawah tanpa mengharuskan pengendara menekan pedal gas lebih dalam. 

Toyota All New Kijang Innova Zenix versi bensin hadir tak sekadar menawarkan kelebihan dari segi kemewahan dan teknologi, tapi juga performa serta efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Beli mobil online

toyota zenix

Tahu nggak sih kalau sekarang beli mobil sudah bisa dilakukan secara online?
Iya, beli mobil online bisa kamu lakukan di SEVA, yakni platform jual beli mobil online terpercaya di Tanah Air. 

Baca juga: Daftar Harga Kredit Innova Zenix Terbaru, Ini Cicilannya

Selain lebih praktis, kamu bisa melihat lebih banyak lagi jenis mobil –kalau di dealer terbatas jumlah dan jenis mobilnya. Selain itu, ada banyak fitur menarik yang juga bisa kamu manfaatkan di SEVA

Di antaranya, fitur Car Discovery Platform yang bisa memberikan rekomendasi mobil sesuai budget dan DP yang kamu inginkan. Ada juga fitur Loan Calculator yang memberikan kamu informasi mengenai perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Dan fitur Instant Approval dimana kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas. Beli mobil online, ya di SEVA yang  #JelasDariAwal.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.