Search Cars

Baru

Fungsi Air Aki Serta Kenali Perbedaan Air Aki Zuur dan Air Accu

Mengenal fungsi air aki akan membantu pemilik kendaraan memahami perbedaan dan karakternya sesuai kebutuhan. Gimana dengan kamu?

fungsi air aki

Kamu mungkin sudah tahu apa fungsi air aki. Yaitu untuk menyimpan listrik dan mengantarkannya pada beberapa komponen kelistrikan agar mesin kendaraan bisa bekerja secara optimal. Tapi, apakah fungsi air aki sama dengan fungsi air aki zuur? Simak penjelasannya di bawah ini, ya. 

Fungsi air aki dan air aki zuur berbeda dalam beberapa hal, seperti karakteristik dan peruntukannya. Oleh karenanya, kamu jangan sampai salah saat menggunakannya. 

Air aki (accu) adalah air yang telah melewati proses penyulingan dan demineralisasai. Dengan kata lain, kandungan mineral di dalamnya sudah tidak ada lagi. Jenis air aki ini juga kerap disebut sebagai air suling. 

Baca juga: Perbedaan Aki Drop dan Aki Soak, Apa Saja yang Harus Dipahami?

Penggunaan air aki biasanya untuk menambah volume cairan aki. Ketika digunakan, cairan ini akan menguap melewati lubang aki dan tidak mempengaruhi kandungan elektrolit pada aki basah dan juga tidak menimbulkan reaksi kimia yang berbahaya pada aki.

Air aki tidak sama dengan air mineral

air aki

Kandungan mineral logam pada air aki harus dihilangkan karena bisa merusak sel aki yang memiliki sifat korosif. Itulah mengapa, ketika cairan aki kendaraanmu habis, kamu tidak disarankan menambahkannya dengan air mineral yang beredar di pasaran.

Biasanya di pasaran, air aki dikemas dalam botol dengan tutup berwarna biru.

Baca juga: Perbedaan Perawatan Mobil Baru dan Mobil Bekas Saat Kamu Membelinya

Cairan ini tidak akan berbahaya jika mengenai tanganmu. Namun demikian, kamu jangan pernah menambah aki dengan air aki melebihi batas lower level ya.

Berbeda dengan air aki zuur yang mengandung elektrolit dan asam sulfat yang lebih pekat. Warna dasarnya pun merah, pertanda cairan ini sangat berbahaya jika terkena kulit. Jika tanganmu sampai mengenai cairan ini, dampaknya bisa menyebabkan kulit terasa gatal hingga menimbulkan iritasi. 

Jangankan tangan kamu, benda berbahan logam pun bisa berkarat jika sampai terkena air aki zuur. Oleh karenanya, usahakan ketika kamu hendak melakukan pengisian, hati-hati jangan sampai air aki zuur menetes atau mengenai bodi mobil, ya.

Fungsi air aki zuur

air aki mobil

Fungsi air aki zuur sama sebagaimana fungsi air aki pada umumnya. Yakni, bekerja untuk menghantarkan arus listrik pada beberapa komponen kelistrikan. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Apa Bisa Aki Mobil Meledak?

Kandungan asam sulfat pada air aki zuurlah yang berfungsi menyimpan dan menghantarkan arus listrik. Kandungan asam sulfat ini umumnya hanya digunakan untuk mengisi air aki saat pertama kali. 

Mengapa air aki zuur baik digunakan saat pertama kali pengisian tangki cairan aki? Itu karena komposisi air aki zuur sangat sesuai dengan keperluan mobil. 

Nah, fungsi air aki di sini adalah sebagai penambah air aki zuur apabila levelnya sudah mulai mengering. Sifat air aki yang murni tanpa mineral memberikan peredaman suhu jika air zuur dirasa panas saat kendaraan sedang digunakan. 

Baca juga: Tidak Ada Oli Mobil Listrik, Perhatikan 4 Volume Cairan Ini Ya!

Jadi jika sedang dalam perjalanan panjang, pastikan kamu membawa air aki cadangan, terutama ketika kondisi mobil dirasa kurang stabil. Jadi ketika volume air aki berkurang karena penguapan, kamu tak perlu repot atau membuang waktu untuk mencari bengkel. 

Fungsi air aki zuur bukan untuk menambah 

air aki mobil

Hal yang perlu diperhatikan juga, ketika cairan pada aki berkurang, jangan isi dengan air aki zuur. Kandungan elektrolit yang pekat pada air zuur sangat berbahaya bagi sel-sel aki, dan mengakibatkan umur aki menjadi lebih pendek.

Itulah dalam penggunaannya, komposisi pengisian cairan pada aki harus dengan perbandingan 70% air zuur dan 30% air aki (sekitar 15 mililiter). Volumenya hanya perlu diisi sampai dengan batas minimal atau lower level yang tertera pada wadah aki basah yang transparan atau semi transparan. 

Baca juga: Mengenali Ciri-Ciri Aki Rekondisi dan Palsu, Jangan Tertipu!

Komposisi air aki zuur lebih banyak karena jenis air aki ini juga berperan lebih banyak dalam mengoperasikan mobil daripada air aki accu. Selain merah,ada juga air aki zuur yang berwarna kekuning-kuningan dan bening. 

Kandungan elektrolit pada air aki zuur berperan signifikan dalam perngoperasian kinerja mobil. Perbedaan lainnya mengenai kedua jenis air aki ini adalah jangka waktu pemakaiannya. 

Air aki zuur memiliki jangka waktu pemakaian yang lumayan awet dan cukup panjang yakni bisa sampai 1,5-2 tahun. Itulah yang perlu kamu ketahui mengenai fungsi air aki. Mulai sekarang, kamu jangan salah lagi mengenai fungsi air aki dan air aki zuur, ya. 

Kerusakan akibat telat isi air aki

mobil overheat

Jika kondisi air aki berkurang dan telat dilakukan pengisian, maka berpotensi merusak komponen ini. Jika aki soak, jangan sepelekan ya karena dapat merembet dan sebabkan masalah lain.

Baca juga: Berapa Sih Harga Aki Mobil Toyota Berdasarkan Jenisnya?

  • Mobil sulit dihidupkan. Aki yang soak tidak memiliki daya listrik yang cukup untuk menghidupkan mesin mobil. Akibatnya, mobil akan sulit dihidupkan, bahkan tidak bisa dihidupkan sama sekali.
  • Komponen kelistrikan mobil tidak berfungsi. Aki juga berfungsi untuk menyuplai listrik ke berbagai komponen kelistrikan mobil, seperti lampu, radio, AC, dan power window. Jika aki soak, komponen-komponen tersebut tidak akan berfungsi dengan baik atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.
  • Kerusakan komponen kelistrikan mobil. Aki yang soak dapat menyebabkan kerusakan pada komponen kelistrikan mobil, seperti alternator, dinamo starter, dan relay. Kerusakan ini dapat menyebabkan biaya perbaikan yang mahal.

Waspada ya! Masalah kelistrikan juga berpotensi membuat risiko mobil terbakar. Meski telah ikut asuransi mobil, namun jika terkena musibah tersebut tentu bukan hal yang menyenangkan.

Agar terhindar dari segala kerumitan di atas, pastikan kamu membeli mobil terbaru yang sudah pasti kondisinya terjamin.  

Beli mobil baru bebas masalah

apa itu SEVA?

Jika saat ini kamu sedang mencari mobil baru, bisa langsung cek di SEVA, platform jual beli mobil online terpercaya, ya. Manfaatkan berbagai fitur unggulan yang bisa dipakai. 

Baca juga: Perbedaan Antara Mesin Mobil Bensin, Diesel, dan Hybrid

Di antaranya fitur Car Discovery Platform yang bisa memberikan rekomendasi mobil sesuai budget dan tentunya sesuai dengan DP dan tenor yang diinginkan.

Juga fitur Loan Calculator dapat memberikan informasi perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Ada juga fitur Instant Approval dimana kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas. Beli mobil baru, ya di SEVA yang  #JelasDariAwal.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang