Search Cars

Tips & Rekomendasi

Fungsi Noken As pada Mobil, Komponen, dan Cara Kerjanya

Noken as adalah salah satu komponen penting dalam mesin mobil. Berikut fungsi, komponen, hingga cara kerjanya.

noken as

Noken as adalah salah satu komponen kunci dalam mesin mobil yang memainkan peran penting dalam mengatur aliran bahan bakar dan udara ke dalam ruang bakar serta mengatur buangannya. Sebagai salah satu bagian dari sistem penggerak katup, komponen memiliki fungsi utama dalam menentukan kapan katup-katup mesin harus membuka dan menutup.

Ada beberapa bagian yang menyusun komponen ini dalam menjalankan peran vitalnya pada mesin mobil. Lalu apa saja fungsinya dan bagaimana cara kerja salah satu komponen mobil satu ini?

Fungsi noken as mobil

Setiap komponen pada mobil tentu memiliki fungsi tertentu untuk menunjang agar mesin dapat bekerja dengan optimal. Berikut fungsinya pada mobil:

1. Mengatur katup

Komponen ini mengendalikan kapan katup-katup di dalam mesin mobil harus membuka dan menutup. Ini penting untuk mengatur aliran bahan bakar dan udara ke dalam ruang bakar serta mengeluarkan gas buang.

2. Sinkronisasi waktu mesin

Fungsi selanjutnya adalah memastikan bahwa semua komponen dalam mesin, seperti piston dan katup, bergerak secara terkoordinasi. Hal ini agar mesin bekerja efisien dan menghasilkan tenaga maksimal.

3. Menentukan periode bekerja mesin

mesin mobil

Komponen ini juga berperan dalam menentukan periode bekerja mesin, seperti langkah-langkah siklus empat tak pada mesin bensin (isap, tekan, ledak, buang).

4. Mengontrol performa mesin

Dengan mengatur bukaan dan penutupan katup, komponen ini memengaruhi performa dan karakteristik mesin, termasuk tenaga, torsi, dan konsumsi bahan bakar.

5. Mengurangi emisi

Dengan mengatur buangannya, komponen ini juga dapat membantu mengurangi emisi gas buang dan mendukung kepatuhan kendaraan terhadap standar emisi.

Komponen Noken As

noken as

Noken as pada mesin mobil terdiri dari beberapa komponen penting yang mendukung fungsi-fungsinya. Komponen-komponen ini meliputi:

1. Intake camshaft

Intake camshaft adalah bagian yang bertugas sebagai poros komponen ini dan berperan dalam membuka rocker arm untuk menggerakkan katup. Rocker arm yang terbuka membantu dalam memungkinkan bahan bakar masuk ke dalam katup.

2. Exhaust camshaft

Exhaust camshaft berfungsi untuk menutup katup setelah bahan bakar masuk, menghentikan proses pengisian bahan bakar. Selanjutnya, komponen ini memfasilitasi pelepasan emisi gas buang dari hasil pembakaran mesin.

3. Slot joint

Slot joint atau gigi sentrik adalah penghubung langsung antara distributor pengapian dengan poros noken as. Ini penting dalam mengkoordinasikan sistem pengapian.

4. Fuel pump cam drive

fuel pump mobil

Fuel pump cam drive menggerakkan fuel pump mobil untuk memastikan kinerja mesin berjalan optimal dengan pasokan bahan bakar yang tepat.

5. Drive gear

Drive gear berperan dalam menggerakkan intake camshaft sesuai dengan ritme yang telah ditentukan ketika poros noken as bekerja.

6. Bearing journal

Bearing journal berfungsi untuk mengurangi gesekan antar komponen noken as, membantu menghindari keausan mesin.

7. Timing pulley

Timing pulley mengatur ritme putaran noken as agar sesuai dengan urutan pengapian yang ditentukan, memastikan mesin beroperasi dengan baik dan sesuai dengan ritme yang diinginkan.

Cara kerja noken as

noken as

Saat berada dalam posisi mekenan, cam lobe bertanggung jawab untuk mengatur pembukaan dan penutupan katup dengan dukungan dari sistem mekanis seperti rocker arm dan noken as.

Baca juga: QRIS Antarnegara Permudah Transaksi Saat Traveling

Prinsip kerja ini umumnya digunakan dalam mesin kendaraan yang mengadopsi konfigurasi Overhead Cam (OHC) seperti Single Overhead Cam (SOHC) atau Double Overhead Cam (DOHC), serta dalam mesin konfigurasi Overhead Valve (OHV).

Sedangkan pada posisi tidak menekan, cam lobe tidak akan menekan rocker arm karena dominasi noken as.

Setiap komponen kendaraan tentu membutuhkan perawatan rutin agar dapat bekerja dengan optimal. Jangan lupa untuk selalu lakukan servis mobil rutin tanpa harus menunggu mobil kamu rusak.

Baca juga: Keuntungan Menabung Dolar di Bank Sebagai Investasi Masa Depan

Selain itu, pastikan mobil kamu terlindungi asuransi mobil. Dapatkan penawaran terbaiknya dari asuransi Astra agar tidak mengalami kerugian finansial saat mobil rusak karena kecelakaan ataupun hilang dicuri.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.