Search Cars

Tips & Rekomendasi

Ini Perbedaan SPBU Pertamina Merah, Hijau dan Biru

Setiap SPBU Pertamina ternyata memiliki warna khusus yang memiliki arti yang berbeda-beda. Bagaimana penjelasan lengkap mengenai hal ini?

pertamina

SPBU Pertamina jika dilihat secara sekilas memang hampir semuanya memiliki bentuk yang sama. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa perbedaan warna-warna yang memiliki arti berbeda juga tentunya. 

Warna-warna tersebut adalah merah, biru, dan hijau yang menandakan bahwa SPBU warna merah adalah SPBU Pasti Pas. SPBU biru merupakan SPBU Pasti Prima, sedangkan SPBU warna hijau Green Energy Station (GES).

Lantas, apa saja perbedaan dari ketiga warna tersebut? 

SPBU Pertamina berwarna merah

Fasilitas yang ada pada SPBU Pertamina merah tidak selengkap SPBU warna biru. SPBU Pasti Pas biasanya hanya terdiri dari toilet, tempat ibadah, isi angin, dan minimarket.

Baca juga: Harga BBM Non Subsidi Serempak Turun Bulan Juni, Siapa Paling Murah?

SPBU merah juga menjual pilihan BBM lengkap di antaranya bensin Ron 90 (Pertalite), bensin Ron 92 (Pertamax), bensin Ron 95 (Pertamax Turbo), BioSolar, Dexlite, dan Pertamina Dex.

SPBU berwarna biru

spbu pertamina biru

Selanjutnya adalah SPBU Prima (biru) yang merupakan pengembangan dari SPBU merah. Berdiri sejak tahun 2006. 

Fasilitas yang ditawarkan SPBU biru lebih lengkap seperti adanya ATM, bengkel, tenant makanan, jasa cuci kendaraan, penjualan pelumas dan elpisi hingga restoran cepat saji atau minimarket.

SPBU berwarna hijau

Terakhir terdapat SPBU warna hijau yang merupakan pengembangan konsep dari Pertamina. SPBU hijau menawarkan 4 konsep utama, yaitu Green, Future, Digital dan High Tier Fuel.

Baca juga: Demo Buruh Ancam Aksi Mogok Nasional, Apa Dampaknya Pada Industri?

SPBU hijau merupakan komitmen Pertamina dalam mendukung Green Energy Station (GES) yang telah ditetapkan Pemerintah khususnya  program transisi dan operasional yang lebih ramah lingkungan. 

SPBU hijau bertujuan mengusung konsep ramah lingkungan dab mempercepat peralihan dari energi fosil ke energi ramah lingkungan.

Kode SPBU

rest area dengan SPBU

Tidak hanya warna saja, Pertamina juga menggunakan sistem kode SPBU untuk mengidentifikasi stasiun pengisian bahan bakar mereka di seluruh Indonesia. Pada umumnya, SPBU terdiri dari lima digit numerik. 

Baca juga: Gaji PNS Naik Tahun Depan, Apakah Berimbas Terjadinya Inflasi?

Kode ini biasanya dicantumkan di papan nama atau tanda identifikasi di setiap SPBU. Format umum untuk kode SPBU Pertamina adalah sebagai berikut: “XXYYZZ” yang merujuk kode provinsi, kabupaten dan kota.

SPBU Pertamina punya tiga kode angka yakni 31, 33, dan 34. Semua kode tersebut menunjukkan kepemilikan, pihak pengelola, dan wilayah itu berada.

Pengelolaan SPBU Pertamina

harga BBM non subsidi

Lalu untuk angka kedua pada setiap kode SPBU menunjukkan kepemilikan dan pengelolaan SPBU. Angka 1 menunjukkan kepemilikan sepenuhnya ada di tangan Pertamina. 

baca juga: Catat Tiga Jenis Sanksi Bagi Pemilik Kendaraan yang Tidak Uji Emisi

Angka 3 menunjukkan SPBU berstatus Corporate Owner Corporate Operate (COCO), yang berarti dimiliki dikelola oleh pihak swasta. 

Sedangkan angka 4 menunjukkan SPBU sebagai Corporate Owner Dealer Operate (CODO) yang menunjukkan kepemilikan dan pengelolaan ditangan swasta. 

Namun banyak masyarakat yang menghubungkan kepemilikan pom bensin pemerintah dengan kualitas BBM yang terjamin. Sebaliknya, jika dikelola pihak swasta cenderung terjadi penjualan dengan kualitas yang kurang bagus. 

Hal tersebut tentunya tidak benar karena kualitas BBM yang beredar di masyarakat sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Jadi, pastikan beli BBM selalu di tempat yang resmi dan terpercaya ya.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.