Search Cars

Tips & Rekomendasi

Jangan Panik Jika Tabung Reservoir Kosong, Segera Lakukan Ini

Tak perlu panik bila mendapati kondisi tabung reservoir mobilmu kosong. Cari tahu beberapa penyebab dan cara mengatasinya.

tabung reservoir

Setiap sistem pendingin mesin pada mobil memiliki komponen yang disebut tabung reservoir. Tabung reservoir ini umumnya terdapat air radiator cadangan yang berfungsi menampung air radiator atau radiator coolant saat tekanan radiator mulai turun.

Bila cadangan air radiator pada tabung reservoir kosong, maka bisa dipastikan ada kerusakan pada salah satu komponen sistem pendingin. 

Penyebab tabung reservoir kosong

isi radiator

Tapi jangan panik, biasanya ini penyebab dan cara mengatasinya.

Tutup radiator rusak

air radiator keruh

Salah satu penyebab tabung reservoir kosong adalah rusaknya tutup radiator. Tutup radiator yang rusak bisa menyebabkan tekanan di sistem pendingin tidak normal. Ini menyebabkan terjadinya penguapan pada sistem pendingin ketika mesin panas. 

Baca juga: Pemutihan Pajak Kendaraan Akan Diberlakukan, Wilayah Mana Saja Itu?

Kondisi ini membuat air radiator yang ada di dalam tabung terisap masuk ke dalam untuk menggantikan ruang yang kosong di radiator. Jika masalahnya terdapat pada tutup radiator, ganti tutupnya dengan yang baru.

Radiator bocor

radiator mobil bocor

Kebocoran halus pada sistem pendingin juga bisa bikin tabung reservoir kosong. Bila tabung radiator atau tabung reservoir terlalu lama kosong, bisa menyebabkan mesin cepat panas alias overheating.

Tabung resevoir kosong karena water pump bocor

Radiator mobil bocor

Water pump adalah komponen yang fungsinya memompa sekaligus sebagai sirkulasi air yang ada di dalam mesin mobil. Menurut laman Auto2000, jika komponen ini rusak, bisa menyebabkan penurunan volume air radiator yang cukup drastis. Bila tidak segera diperbaiki, maka bisa bikin mesin overheating.

Baca juga: Warna Air Radiator Mobil, Apa Sih Beda dan Fungsinya?

Kerusakan komponen ini juga bisa dikarenakan usia pemakaian yang sudah lama, kemudian terkena rendaman air dan jadi mudah keropos dan berkarat.

Cara mengatasinya yang tepat hanya dengan servis. Mekanik nanti akan melakukan pengurasan air radiator. Setelah itu, rutin lakukan pengurasan dua bulan sekali di bengkel mobil untuk menghindari pengendapan karat. 

Sirip radiator bocor

kuras radiator mobil

Masalah pada sirip radiator biasanya sulit untuk diketahui hingga tabung radiator benar-benar kosong. Kamu hanya bisa mengetahuinya bila melakukan servis radiator di bengkel mobil. 

Baca juga: Polisi Sebut 1.800 Peserta Diprediksi Ikut Street Race Kemayoran

Tapi kebocoran ini bisa dilihat dari beberapa tanda seperti busi yang selalu basah, oli mesin tercampur air dan lainnya. bila kamu juga melihat tanda-tanda ini, segera bawa ke bengkel mobil. 

Kerusakan selang bikin tabung reservoir kosong

radiator

Ini adalah komponen penting pada sistem pendingin mesin yang berfungsi mengalirkan cairan pendingin dari radiator ke mesin dan kembali lagi ke radiator. Bila selang radiator bocor, cairan akan keluar hingga kosong. Dengan begitu, mesin jadi lebih mudah panas. 

Itulah beberapa penyebab tabung reservoir kosong. Usahakan sebelum kamu melakukan perjalanan, cek level radiator coolant. Pastikan radiator coolant tetap berada pada garis positif –sesuai ketentuan. Jika kurang, segera tambahkan cairan untuk menghindarinya menyentuh garis negatif. 

Baca juga: Viral Etilen Glikol, Apa Fungsinya pada Radiator Coolant?

Cek juga kondisi air radiator apakah sudah kotor. Jika kotor, sebaiknya ganti dengan cairan baru.

Lakukan servis radiator hanya di bengkel resmi, ya. Dengan melakukan servis radiator di bengkel resmi, kamu akan mendapatkan perawatan dan perbaikan dengan kualitas terbaik. 

Dan bila ada komponen yang harus diganti, seperti tutup radiator, kamu akan mendapatkan komponen atau suku cadang yang asli sesuai dengan pabrikan kendaraanmu.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.