Search Cars

Tips & Rekomendasi

Kampas Rem Mobil Berdecit Usai Ganti, Apa Sebabnya?

Bila kampas rem mobil kamu berdecit usai diganti, bisa jadi barangnya KW. Ayo, ganti yang baru agar terhindar dari risiko celaka.

rem mobil

Rem mobil mengeluarkan suara berdecit padahal kampas rem baru diganti? Kalau suaranya terdengar hanya sekali dua kali, mungkin masih tidak masalah. Tapi kalau terdengar setiap kali kamu menginjak pedal rem, wah itu sih mengganggu banget, ya. 

Sudah begitu, pasti muncul rasa khawatir juga bakal terjadi sesuatu risiko kecelakaan, misalnya. Timbulnya bunyi berdecit pada rem mobil yang baru saja diganti bisa disebabkan banyak faktor. 

Coba cari tahu apa penyebab komponen ini berdecit usai diganti, dan juga solusinya. Apa saja hal tersebut? 

Rem mobil berdecit akibat hujan

injak pedal rem

Umumnya komponen akan berdecit setelah melintasi genangan air atau jalanan yang terkena air hujan. Kondisi ini seringkali tidak pengemudi sadari memang. Lantas, apakah air atau sifat basah air yang menyebabkan rem mobil mengeluarkan bunyi?

Baca juga: Penanganan Tepat Bila Rem Cakram Mobil Terendam Banjir

Aspal jalanan yang basah bisa menyebabkan ban luar mobil menjadi licin. Dan ketika kamu mengerem mobil, akan terjadi gesekan antara aspal dengan ban mobil, dan bagian cakram juga bakal terkena percikan air hujan.

Jika mengeluarkan suara berdecit ketika berkendara dalam hujan, biarkan saja. Nanti juga akan hilang dengan sendirinya setelah hujan berhenti atau ban sudah kering.

Komponen rem terkena tetesan oli

oli mesin rembes

Oleh karena disebabkan kebocoran, oli dapat merembes ke bagian kampas rem depan dan cakram sehingga menyebabkan timbulnya suara berdecit saat kamu mengerem mobil. Kebocoran oli juga bisa mengganggu kinerja mesin mobil, loh. Jadi segera atasi kebocoran oli bila mengalaminya.

Kampas rem mobil kotor

kampas rem mobil

Kampas rem kotor juga bisa jadi penyebab suara berdecit. Hal itu dikarenakan banyaknya debu dan kotoran yang menempel pada bagian permukaan dari kampas rem.

Baca juga: Kenali Ciri Rem Truk Blong untuk Cegah Kecelakaan

Banyaknya residu debu yang menempel di kampas rem bisa membuat bagian brake pad terhalang. Sehingga ketika pedal rem diinjak, brake pad akan bergesekan dengan piringan cakram dan menimbulkan suara berdecit. 

Nanti setelah mobil diservis dan bagian brake pad dibersihkan suaranya akan hilang. Jadi pastikan cek bagian drum brake dan bersihkan dari kotoran. Kalau kotor, kamu bisa membersihkannya menggunakan amplas halus dan cleaner.

Kampas rem depan menipis

kampas rem

Seringnya menggunakan mobil dengan jarak tempuh yang jauh berisiko mengurangi ketebalan kampas rem. Dan ini akan mengganggu proses pengeraman dan menimbulkan bunyi ketika pedal rem mobil diinjak karena bagian kampas rem dan cakram bergesekan terlalu keras dan kencang.

Kualitas kampas

lupa menurunkan hand brake

Penggunaan kampas rem non pabrikan asli (aftermarket atau KW) punya standar kualitas yang kurang baik. Jadi kalau kamu memakainya dan mengeluarkan suara berdecit jangan heran, ya. 

Baca juga: Jangan Cuma Ganti Kampas, Membersihkan Rem Cakram Mobil Juga Harus Rutin

Lebih baik segera menggantinya dengan yang orisinil, deh. Kamu bisa membeli dan menggantinya langsung di dealer atau bengkel resmi pabrikan mobil. 

Piston rem mobil rusak 

kelebihan rem tromol

Bagian piston rem yang aus atau mengalami kerusakan juga bisa mengganggu kinerja rem. Akibatnya pedal jadi terasa lebih berat saat ditekan atau bahkan setelah dilepas.

Kondisi minyak rem kurang 

minyak rem mobil

Minyak rem mobil kurang bisa jadi penyebab lain dari datangnya suara berdecit saat pedal diinjak. Hal ini disebabkan oleh bagian dalam pedal rem dan bagian kabin bergesekan terlalu keras.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kampas Rem Mobil Matik Lebih Cepat Habis?

Jangan lupa untuk segera memberi pelumas pada bagian pedal rem. Cek secara rutin agar proses pemberian pelumas tidak telat. Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi agar berhenti berdecit adalah:

  • Cek bagian brake shoe apakah masih layak digunakan atau tidak. Jika brake shoe mengeras, segera ganti dengan yang baru.
  • Cek bagian cakram dan tromol, pastikan bagian tersebut rata. Jika tidak rata, ganti juga dengan yang baru.
  • Periksa kondisi kaliper, apakah masih berfungsi dengan baik.
  • Rutin membersihkan area kampas rem dan cakram.
  • Ganti brake fluid atau minyak pengereman secara rutin.

Harga kampas rem mobil

mobil toyota harga 300 jutaan

Biaya penggantian kampas komponen ini bervariasi, tergantung jenis mobil, durasi pemakaian, juga di mana kamu melakukannya: di bengkel resmi atau umum. Kalau di bengkel resmi, harga kampas rem depan umumnya antara Rp350.000 hingga Rp450.000. Harga ini sudah termasuk harga kampas rem dan ongkos jasa pemasangannya. 

Baca juga: Joycup BMW Astra Golf Tournament 2023 Berhadiah BMW iX

Itulah beberapa penyebab kampas rem mobil berdecit dan beberapa cara untuk mengatasinya. Ingat, selalu lakukan perawatan komponen atau sparepart mobilmu di bengkel resmi, ya. 

Dengan melakukannya di bengkel resmi, kamu akan mendapatkan penanganan yang tepat dan terhindar dari risiko getok harga dan meminimalkan risiko kecelakaan. Semoga bermanfaat.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.