Search Cars

Berita Utama Otomotif

Kenapa Pajak Mobil Bisa Jadi Beban Tak Terduga? Begini Cara Mengatasinya

Pajak Mobil Tahunan, Pengeluaran yang Sering Diabaikan

Sebagai pemilik kendaraan, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan biaya pajak mobil tahunan. Meski tampak sepele, pajak ini bisa menjadi beban finansial yang cukup berat jika tidak diperhitungkan dengan baik sejak awal. Banyak dari kita sering kali menganggap enteng pajak mobil, khususnya saat membeli mobil baru. Padahal, pada tahun pertama, yang tertera di STNK bukan pajak tahunan, melainkan pajak on the road, termasuk biaya balik nama.

Sebagai contoh, pajak tahunan untuk mobil sejenis Avanza atau Xenia bisa mencapai 3 juta rupiah, sementara Innova bahkan bisa lebih tinggi, berkisar antara 4 hingga 5 juta rupiah per tahun. Ini belum termasuk pajak progresif, di mana mobil kedua yang terdaftar atas nama yang sama akan dikenakan pajak 20% lebih tinggi.

Baca Juga : Vios Bekas Pajak Hidup, Opsi Cerdas untuk Mobil Hemat dan Nyaman

Pajak Progresif, Semakin Banyak Mobil, Semakin Besar Beban Pajak

Bicara soal pajak progresif, ini adalah salah satu tantangan yang dihadapi pemilik kendaraan lebih dari satu. Jika kamu memiliki lebih dari satu mobil yang terdaftar dengan nama yang sama, siap-siap untuk membayar pajak lebih mahal. Sebagai perbandingan, keluarga tante saya memiliki tiga mobil atas namanya. Mobil kedua mereka, sebuah Toyota Rush, dikenakan pajak sebesar 5 juta rupiah, sementara mobil ketiga mereka, Nissan Terra 4×4, pajaknya mencapai 12 juta rupiah. Mobil pertama mereka, sebuah Kijang Krista, dikenai pajak sekitar 2 juta rupiah.

Kamu bisa bayangkan, meskipun mobil tersebut lebih sering terparkir di garasi daripada digunakan, biaya pajaknya tetap harus dibayarkan setiap tahun.

Tips Mengatasi Pajak Progresif, Salah satu solusi yang bisa kamu coba adalah memastikan mobil dengan pajak lebih tinggi berada pada kepemilikan pertama. Misalnya, mobil saya, BMW E39, dikenakan pajak 2 juta rupiah per tahun, karena terdaftar sebagai mobil pertama. Sementara Mercedes W202 saya, dengan pajak awal 1,3 juta rupiah, menjadi mobil kedua dengan kenaikan pajak progresif hingga 1,8 juta rupiah.

Dirjen Pajak

Seberapa Besar Pengaruh Mobil Modern Terhadap Pajak?

Pajak kendaraan tidak bisa dipisahkan dari perkembangan teknologi mobil. Mobil modern mungkin menawarkan berbagai fitur canggih yang meningkatkan kenyamanan dan keamanan, tapi di sisi lain, mobil-mobil ini cenderung memiliki pajak yang lebih tinggi karena teknologi yang disematkan di dalamnya.

Sebagai contoh, mobil-mobil dengan transmisi otomatis menjadi standar di pasar. Fitur keselamatan seperti sabuk pengaman, airbag, dan sistem rem otomatis semakin canggih, namun harga yang dibayar untuk semua ini juga datang dalam bentuk pajak tahunan yang tak bisa dihindari.

Teknologi lain yang banyak diapresiasi dari mobil modern adalah konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Meskipun tidak selalu drastis, peningkatan efisiensi ini tetap memberikan manfaat, terutama jika kamu sering berkendara jarak jauh. Selain itu, teknologi pada ban karet modern juga memberikan kenyamanan lebih baik dibandingkan ban kayu yang digunakan pada mobil-mobil awal abad ke-19.

Namun, apakah semua ini benar-benar membuat mobil lebih mahal dalam jangka panjang? Faktanya, mobil modern cenderung lebih tahan lama, tetapi juga membutuhkan perawatan lebih khusus yang sering kali menambah beban biaya pemilik, baik dari sisi pajak maupun perawatan.

Baca Juga : Hindari Kesalahan Fatal! Inilah Cara Merawat Transmisi Mobil Matic agar Tidak Cepat Rusak

Bagaimana Mengurangi Beban Pajak Mobil?

Mengelola pajak mobil memang tidak mudah, apalagi jika kamu memiliki lebih dari satu kendaraan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi beban pajak:

  1. Daftarkan Mobil Paling Mahal sebagai Kepemilikan Pertama
    Seperti yang sudah disebutkan, memastikan mobil dengan nilai pajak tertinggi terdaftar sebagai mobil pertama bisa mengurangi beban pajak progresif. Ini akan membuat mobil lainnya dikenai pajak yang lebih rendah.
  2. Gunakan Kendaraan Secara Efisien
    Semakin sering kendaraan digunakan, semakin tinggi biaya perawatan dan pajak tahunan yang harus dibayarkan. Jika kamu memiliki lebih dari satu mobil, usahakan untuk menggunakannya secara bergantian, sehingga tidak ada kendaraan yang ‘nganggur’ tapi tetap menambah beban pajak.
  3. Pertimbangkan Jual Beli Mobil Lama
    Jika kamu merasa pajak mobil semakin membebani, mungkin saatnya mempertimbangkan untuk menjual salah satu kendaraan. Dengan menjual mobil yang jarang digunakan, kamu bisa mengurangi jumlah kendaraan yang terdaftar, dan otomatis mengurangi pajak progresif.
  4. Cek Update Kebijakan Pajak Pemerintah
    Pemerintah kadang melakukan perubahan kebijakan terkait pajak kendaraan. Pastikan kamu selalu update dengan aturan terbaru, karena siapa tahu ada keringanan atau program diskon pajak yang bisa kamu manfaatkan.
  5. Manfaatkan Platform Digital
    Kamu bisa menggunakan platform digital seperti SEVA untuk mendapatkan informasi terkini mengenai pajak mobil, rekomendasi mobil bekas/baru, serta tips mengelola pajak kendaraan dengan lebih efisien.
pajak progresif, Pajak Mobil, Kalkulator Pajak, Panduan Pajak, Kendaraan Bermotor

Kesimpulan

Pajak mobil tahunan sering kali dianggap sebagai pengeluaran tak terduga yang sulit dihindari. Namun, dengan perencanaan yang baik, kamu bisa meminimalkan dampaknya terhadap keuangan. Mengelola pajak progresif, memanfaatkan teknologi modern, dan memantau kebijakan pajak terbaru adalah beberapa cara yang bisa membantu mengurangi beban pajak mobil kamu.

Selain itu, penting juga untuk selalu up-to-date dengan perkembangan terkini di dunia otomotif. SEVA menyediakan berbagai informasi dan solusi yang bisa membantumu dalam hal ini. Jangan ragu untuk menjelajahi lebih lanjut di SEVA.

Dengan langkah-langkah di atas, diharapkan kamu bisa lebih bijak dalam mengelola pajak kendaraan. Meski terkesan sebagai beban, pengelolaan pajak yang baik akan membuatmu lebih nyaman dalam memiliki dan mengoperasikan mobil kesayangan.

Kunjungi SEVA sekarang untuk solusi terbaik pengelolaan kendaraan dan pajakmu!

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang