Search Cars

Keuangan

Keuntungan Menabung Dolar di Bank Sebagai Investasi Masa Depan

Menabung dolar di bank bisa menjadi salah satu investasi masa depan. Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan?

menabung dolar

Kebiasaan menabung dolar di bank merupakan salah satu cara yang aman untuk menyimpan uang. Tidak hanya untuk menyimpan uang yang dimiliki, menabung juga bisa menjadi salah satu cara untuk melakukan investasi. 

Memilih dolar untuk dijadikan tabungan juga bisa memiliki keuntungan tersendiri. Apalagi kurs dolar yang cenderung lebih stabil dibandingkan kurs rupiah sehingga cenderung lebih aman jika ingin dijadikan tabungan jangka panjang. 

Keuntungan menabung dolar di bank

Dengan memilih untuk menabung dolar di bank,akan ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan. Apa saja itu? 

Bisa menjadi pilihan investasi

investasi aman

Buat yang sudah memiliki investasi saham, sebaiknya memiliki cadangan investasi agar bisa lebih aman. Hal ini karena investasi saham merupakan salah satu jenis investasi dengan risiko yang cukup tinggi. 

Baca juga: Apa Saja Syarat Kredit Mobil Baru yang Harus Disiapkan?

Dengan kata lain, jika investasi saham yang dimiliki mengalami kerugian masih ada investasi lain yang dijadikan cadangan. Dengan menabung valuta asing, seperti dolar yang memiliki kurs lebih stabil dibandingkan kurs rupiah maka bisa menjadi investasi cadangan.

Mudah untuk belanja produk luar negeri

belanja

Keuntungan menabung valuta asing seperti dolar lainnya adalah lebih mudah saat belanja produk luar negeri. Hal ini bisa terjadi karena kurs dolar cenderung lebih stabil jika dibandingkan dengan kurs rupiah. 

Dengan begitu, barang-barang impor atau harga produk luar negeri akan menjadi lebih mahal. Jika memiliki tabungan dolar, tentu harga barang yang akan dibeli tersebut akan lebih murah dibandingkan dengan membelinya mengikuti kurs rupiah.

Baca juga: Pilih Mana, Asuransi Mobil All Risk atau TLO?

Pada saat mata uang rupiah terhadap mata uang asing turun, biasanya akan diikuti dengan kenaikan harga barang impor. Dengan begitu harga produk luar negeri akan menjadi lebih mahal.

Menabung dolar membuat traveling mudah

menghitung budget liburan

Keuntungan menabung valuta asing lainnya bisa didapatkan buat kamu yang memiliki rencana ke luar negeri. Baik itu untuk melanjutkan pendidikan atau sekedar untuk liburan, dengan memiliki tabungan valuta asing bisa membantu untuk mencapai tujuan keuangan ini.

Namun, kamu perlu menabung valas dari sekarang untuk antisipasi seandainya kurs mata uang negara tujuan naik. Selain itu, dengan memiliki valas, kamu akan lebih lancar melakukan transaksi dengan mata uang yang sudah disiapkan di negara tujuan nanti.

Penarikan dana lebih mudah

Memiliki tabungan dolar juga bisa diambil sewaktu-waktu jika memang membutuhkannya. Kamu tinggal menukar nilainya dengan harga yang sedang berlaku tanpa harus khawatir dengan nilai tukar dolar karena kurs dolar lebih stabil. 

Manfaat variasi nilai tukar dolar

dolar

Kurs dolar dalam beberapa tahun terakhir cenderung terus menguat terhadap Rupiah. Hal ini bisa menjadi manfaat bagi kamu yang menabung valuta asing, seperti dolar AS. 

Baca juga: Apa Itu BI Checking dan Bagaimana Cara Ceknya

Misalnya, jika sudah mulai menabung dolar saat nilainya masih Rp13.000, tabungan yang dimiliki jelas akan bernilai lebih dari itu. Saat artikel ini ditulis, nilai dolar AS sudah lebih dari Rp15.000 maka keuntungan yang didapat tentu tidak sedikit.

Berbagai kelebihan tadi bisa menjadi pertimbangan buat kamu sebelum melakukan investasi atau menabung. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mulai menjadikan valuta asing seperti untuk dijadikan investasi masa depan?

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.