Search Cars

Berita Utama Otomotif

Lebih Hemat Atau Lebih Optimal? Tips Memilih Bahan Bakar Mobil Yang Tepat Untuk Mobil Kamu

Ketika berbicara tentang pilihan BBM untuk mobil, banyak faktor yang perlu kamu pertimbangkan. Mulai dari efisiensi, performa, hingga dampak lingkungan, setiap aspek bahan bakar memainkan peran penting dalam pengalaman berkendara sehari-hari. Terlebih, dengan harga BBM yang fluktuatif, menemukan solusi paling ekonomis sekaligus ramah lingkungan kini menjadi keharusan.

Di artikel ini, kamu akan mendapatkan informasi mendalam mengenai perbandingan BBM pada beberapa tipe mobil umum, serta tips untuk memilih BBM yang tepat agar performa mobilmu tetap optimal dan kantongmu tidak cepat terkuras.

Efisiensi BBM vs Performa Optimal, Pertalite atau Pertamax untuk Mobil Sehari-hari?

1. Pilihan BBM untuk Mobil dengan Teknologi Sederhana

Mobil dengan teknologi mesin sederhana seperti Suzuki Carry Futura, sering kali lebih sesuai dengan BBM beroktan rendah, seperti Pertalite. Alasannya? Kompresi mesin pada mobil ini lebih rendah (sekitar 1:8.9) dibanding mobil modern, seperti Suzuki Ertiga 1.4 facelift yang memiliki kompresi 1:11.

Di jalanan perkotaan seperti Bandung, konsumsi BBM Carry Futura tercatat 1:9, sedangkan Ertiga dapat mencapai 1:11. Namun, jika dihitung dari segi biaya, Carry tetap lebih ekonomis untuk jarak tempuh yang sama karena bisa menggunakan Pertalite, sementara Ertiga membutuhkan Pertamax.

Kesimpulan, Jika kamu mencari pilihan yang hemat dan tidak mengutamakan performa tinggi, maka BBM beroktan rendah bisa menjadi pilihan ideal.

2. Mempertimbangkan Dampak Lingkungan, Emisi dan Efisiensi BBM

Bagi kamu yang peduli lingkungan, memilih BBM dengan oktan lebih tinggi pada mesin yang mendukung bisa mengurangi emisi gas buang. Misalnya, Suzuki Ertiga lebih ramah lingkungan berkat konsumsi BBM yang lebih efisien di jalan datar. Emisi pada BBM oktan tinggi umumnya lebih rendah, sehingga ramah lingkungan dalam jangka panjang.

Namun, ingatlah bahwa jika beban angkut kendaraan lebih dari 500 kg, Carry yang lebih bertenaga akan lebih efektif, terutama saat melintasi tanjakan. Performa Carry lebih unggul untuk beban berat dibandingkan Ertiga, yang mungkin harus melakukan perjalanan dua kali untuk mengangkut beban yang sama.

Baca Juga : Cara Merawat Lampu Kaca Mobil pada GR Yaris

larangan bbm

Mitos Penghematan BBM, Apa Benar Mengisi Full Tank Lebih Hemat?

Banyak yang berpikir mengisi penuh tangki akan membuat konsumsi BBM lebih hemat. Namun, ini sebenarnya lebih berkaitan dengan desain indikator bahan bakar mobil.

  • Level 1, Indikator BBM dan Volume BBM
    Indikator tidak menunjukkan volume BBM, tetapi ketinggian BBM dalam tangki. Sehingga, saat tangki penuh, waktu yang diperlukan untuk mencapai setengah dari tangki lebih lama dibandingkan dari setengah tangki ke kosong.
  • Level 2, Mekanisme Pelampung
    Indikator BBM menggunakan pelampung yang mengapung di atas cairan. Ketika tangki terisi penuh, pelampung akan mentok di bagian atas, sehingga butuh waktu lebih lama sebelum jarum indikator bergerak turun.

Catatan: Ilusi ini sering disalahartikan sebagai tanda hemat BBM, padahal hal tersebut lebih disebabkan oleh karakteristik teknis indikator.

BBM Oktan Tinggi untuk Mobil LCGC, Pilihan Hemat atau Mahal?

Mobil ekonomis atau LCGC (Low Cost Green Car) didesain untuk efisiensi dan ramah lingkungan. Jika kamu mengisi BBM beroktan tinggi seperti Pertamax, mobil LCGC akan menunjukkan konsumsi yang lebih irit.

  • Contoh, Jika dengan Pertalite konsumsi BBM mencapai 1:11–12, maka dengan Pertamax kamu bisa mencapai 1:14–15. Desain mesin yang optimal untuk oktan tinggi membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.

Mobil Standar Emisi Euro 4, Mengapa Penting Memilih BBM Tepat?

Sejak standar Euro 4 diberlakukan, mobil keluaran 2018 ke atas disarankan menggunakan BBM rendah sulfur seperti Pertamax Turbo atau Shell V-Power Nitro+. Standar ini mengutamakan batas maksimal sulfur untuk mengurangi emisi.

  • Contoh Mobil Euro 4, Honda Brio Satya dari generasi awal sudah memenuhi standar Euro 4. Sehingga, untuk menjaga performa, BBM seperti Pertamax Turbo 98 atau Shell V-Power Nitro+ adalah pilihan terbaik.

Kesimpulan,:Menggunakan BBM sesuai dengan standar emisi mobil tidak hanya memperpanjang umur mesin tetapi juga membantu menjaga lingkungan.

harga BBM

Baca Juga : Tips Menggunakan Engine Brake pada GWM Tank 300

Tabel Perbandingan BBM untuk Mobil Berdasarkan Jenis dan Kebutuhan

Jenis MobilBBM DirekomendasikanKonsumsi BBM di PerkotaanBiaya BBM/400 kmEmisi & Ramah Lingkungan
Suzuki Carry FuturaPertalite1:9Lebih hematTinggi
Suzuki Ertiga 1.4Pertamax1:11Lebih mahalRendah
Mobil LCGCPertamax1:14-15EkonomisRendah
Nissan TerranoPertamax1:8MahalTinggi

BBM Murah atau Performa Optimal? Pilihan di Tangan Kamu

Jika tujuanmu adalah penghematan biaya, pilihlah BBM beroktan rendah yang sesuai dengan spesifikasi mesin. Namun, jika kamu ingin menikmati performa optimal dan meminimalkan emisi, BBM beroktan tinggi adalah pilihan yang tepat, terutama untuk mobil yang sudah berstandar Euro 4.

Pilih BBM berdasarkan kebutuhan mobil dan preferensimu. Dan jika kamu ingin informasi lebih lanjut seputar tips dan promo mobil, jangan ragu untuk kunjungi SEVA untuk update terbaru!

Pilih BBM terbaik untuk mobil kesayanganmu dan rasakan bedanya! Temukan juga beragam promo dan tips menarik lainnya di SEVA.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang