Tips & Rekomendasi
Macet di Tanjakan saat Mudik, Apa yang Harus Dilakukan?
Baik transmisi manual dan matic, pengemudi perlu teknik saat terjebak macet di tanjakan agar mobil tidak mundur. Begini tipsnya!
Macet di tanjakan saat mudik memang tidak bisa dihindari. Apalagi buat kamu yang nanti berencana berangkat tepat di puncak arus mudik Lebaran.
Puncak arus mudik Lebaran 2022 diprediksi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan terjadi pada 28 April 2022. Sedangkan puncak arus balik mudik sendiri diprediksi akan terjadi pada 8 Mei 2022.
Jangankan mudik, tiap akhir pekan, buat yang gemar liburan ke Puncak, Bogor, Jawa Barat,
pasti sudah akrab dengan yang namanya terjebak macet di tanjakan.
Baca juga: Cara Mengatur Budget Mudik Lebaran 2022
Pada prinsipnya, saat terjebak macet di tanjakan, baik mobil manual dan matic diusahakan jangan sampai mundur yang dapat menyebabkan benturan dengan mobil lain di belakangnya.
Kuasai medan dan kemiringan tanjakan
Ada loh teknik yang harus dikuasai oleh pengemudi jika terjebak dalam situasi tersebut. Intinya pengemudi harus tetap tenang, kuasi medan dan perkirakan kemiringan tanjakan, lalu tangan kiri stand by pada rem tangan.
Untuk mobil yang sudah menggunakan rem tangan elektrik dapat memanfaatkan fitur auto hold yang dapat mempertahankan posisi mobil. Semakin mudah untuk mobil yang sudah ada fitur keselamatan Hill Start Assist (HSA).
Baca juga: Rekomendasi Mobil Terbaik untuk Mudik Bareng Keluarga
Fitur keselamatan ini akan mempertahankan posisi mobil di tanjakan selama beberapa detik untuk memberikan waktu pada pengemudi ketika kaki berpindah dari pedal rem untuk menginjak pedal gas sehingga mobil tidak mundur.
Walau mobil zaman now sudah semakin canggih fitur keselamatannya, yuk simak tips terjebak macet di tanjakan untuk transmisi manual dan matic.
Tips macet di tanjakan transmisi manual
Macet di tanjakan transmisi manual memang sedikit lebih rumit. Pasalnya pengemudi harus menyelaraskan antara gas, rem, kopling, dan rem tangan.
Baca juga: Tips Menghindari Macet saat Arus Mudik Lebaran 2022
Dalam keadaan diam ada baiknya pengemudi langsung menginjak rem dan kopling. Jika berhenti dalam waktu lama, pindahkan transmisi ke netral lalu aktifkan rem tangan untuk mempertahankan posisi mobil.
Saat waktunya kembali untuk berjalan, injak kembali kopling dan masukkan transmisi ke gigi rendah, dalam hal ini gigi 1. Lalu lepaskan rem tangan secara perlahan dibarengi dengan melepas kaki kiri dari pedal kopling, dan kaki kanan menginjak pedal gas hingga mobil dapat maju.
Atur juga RPM atau putaran mesin, jangan terlalu rendah dan terlalu tinggi. Bila RPM terlalu rendah di tanjakan mesin mobil bisa mati, sedangkan bila terlalu tinggi mobil akan menyundul begitu kopling dilepaskan.
Baca juga: Perawatan Mobil yang Bisa Dilakukan Sambil Nunggu Waktu Buka Puasa
Hindari menginjak dan menahan setengah pedal kopling sambil menginjak pedal gas terlalu lama. Hal ini karena kopling bisa panas dan aus yang menyebabkan sering terciumnya bau menyengat saat terjadi kemacetan di tanjakan.
Tips macet di tanjakan transmisi matic
Untuk mobil matic perlakuannya sedikit berbeda saat terjebak macet di tanjakan.
Hal yang mesti pengemudi ketahui adalah kode transmisi matic dan fungsinya, seperti P (park), R (rear), N (neutral), dan D (drive). Kode ini umumnya ditemukan dalam mobil bertransmisi matic CVT.
Baca juga: Makanan Buka Puasa yang Praktis dan Bisa Dimakan di Mobil
Namun ada juga nih mobil dengan sistem transmisi matic konvensional yang dilengkapi dengan kode transmisi seperti L (low) atau D1, dan L2 atau D2. Fungsinya sama yakni gigi rendah agar mudah mencapai torsi.
Dari dalam keadaan diam saat macet dan hendak berjalan, pengemudi pastikan dulu kemiringan dan beban yang dibawa oleh mobil.
Jika kemiringan normal dan beban ideal, dengan transmisi D mobil sudah bisa menanjak. Bila makin curam dan beban makin berat dapat menggunakan L atau D1 tapi bila mobil tidak kunjung menanjak turunkan ke L2 atau D2.
Sementara untuk transmisi CVT, khususnya mobil modern, saat berada di posisi D dan ingin berjalan kembali tidak disarankan menginjak pedal gas langsung dalam.
Baca juga: Rekomendasi Mobil Kecil Nyaman Buat Harian dan Mudik
Hal ini karena ECU justru akan memotong tenaga mobil karena dianggap terlalu berlebihan. Jadi baiknya injak pedal gas secara perlahan atau diurut hingga perlahan mobil melaju di tanjakan.
Jadi menurut kamu lebih mudah yang mana manual atau matic? Intinya saat terjebak macet di tanjakan tetap fokus dan jangan panik ya!