Search Cars

Baru

Melamar Kerja Dimintai KTP dan KK, Bagaimana Kata Kemenaker?

Ada perusahaan yang minta data KTP dan KK untuk melamar pekerjaan? Wajarkah permintaan demikian? Simak begini kata Kemenaker.

Kemenaker

Ada sebuah unggahan foto dengan narasi yang mempertanyakan perihal beberapa persyaratan lamaran kerja yang dirasa tak wajar. Yaitu, si pelamar diminta untuk melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Bagaimana komentar Kemenaker?

Unggahan yang dimuat oleh salah satu akun Twitter pada Selasa (1/8) tersebut ramai di media sosial. Tangkapan layar yang disertakan menunjukkan formulir yang memuat beberapa persyaratan dokumen yang perlu diunggah. Yaitu foto KTP, KK, nomor rekening, dan nomor pokok wajib pajak (NPWP).

“Work! sus gak sih baru mau psikotes tapi langsung gini?” tulis pemilik akun tersebut dalam unggahannya. 

Baca juga: Tunjangan dan Gaji Pegawai Kemenkeu, Bisa Beli Mobil Apa Saja Sih?

Hingga Rabu (2/8) sore, unggahan tersebut sudah dilihat sebanyak 170.000 kali dan mendapat lebih dari 45 komentar dari warganet Twitter

Tuai pro dan kotra

pinjaman dana

Komentar dari masyarakat mengenai hal ini sangat beragam, mulai dari pro hingga kontra. Sudah bisa ditebak, yang kontra lebih banyak. Bahkan ada beberapa yang bercerita bahwa memiliki pengalaman yang sama. 

Pastiin dulu perusahaannya tuh ada dan terdaftar, hal kyk lumrah sih toh administrasi aja. Gw aja sering lamar kerja kirim berkas2 yg di minta termasuk ktp, kk dll,” tulis akun ini lagi. 

Baca juga: Catat Tarif Penyeberangan Kapal Ferry Naik Besok, Segini Jumlahnya

Ditambahkannya lagi, “Kalo ktp aja gpp sih, cuma kalo sama KK mending skip kecuali di website resmi.” 

Penjelasan Kemenaker

simulasi kredit mobil

Yang jadi pertanyaan, apakah wajar melamar pekerjaan wajib menyertakan KTP dan KK? Pertanyaan ini sepertinya memang pas dilayangkan pada pihak Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). 

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemenaker) Anwar Sanusi menjelaskan bahwa perusahaan memang secara umum akan meminta data diri calon pelamar. Di antaranya seperti KTP, KK, dan NPWP. 

Baca juga: Konsekuensi Menanti Bagi yang Tidak Padankan NIK Sebagai NPWP

“Dalam melamar pekerjaan, umumnya yang diminta perusahaan adalah KTP,” kata Anwar melansir Kompas.com, Rabu (2/8). 

“Namun, tidak menutup kemungkinan perusahaan juga akan meminta KK, bahkan bisa jadi NPWP,” katanya lagi. 

Ia mengatakan, biasanya perusahaan meminta data-data pelamar seperti KTP, KK, dan NPWP sebagai bagian dari tahapan proses seleksi selanjutnya. 

Baca juga: NIK Jadi NPWP Sudah Diresmikan, Bagaimana Aturannya?

“KTP dan KK merupakan dokumen penting dalam pekerjaan. Ini mengingat identitas tersebut diperlukan, selain untuk kejelasan dan kepastian seseorang terkait status dan kewarganegaraan,” terang Anwar. 

Selain itu, ditambahkan Anwar, data-data tersebut juga dijadikan perusahaan untuk kepentingan ketenagakerjaan, seperti untuk menghitung upah, tunjangan, kepesertaan dalam BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, serta kepengurusan pajak.

Beda pendapat Kemenaker dan akademisi 

SIM

Ahli IT dan juga Dosen Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Rosihan Ari Yuana, menjelaskan bahwa ada risiko yang sangat besar jika melampirkan data seperti KTP dan KK saat melamar pekerjaan. 

Baca juga: Aturan Pajak Mobil Terbaru yang Berlaku di Indonesia

“Risiko, ya disalahgunakan datanya. Apalagi itu ada KK dan KTP,” ujar Rosihan. Pada dokumen KK tercantum informasi yang sangat krusial. Di antaranya tanggal lahir, nama ibu kandung dari si pelamar kerja dan lainnya. 

Sementara nama ibu kandung kerap digunakan sebagai lapisan keamanan suatu sistem, terutama dalam hal perbankan. Ditambah lagi, masih banyak orang yang menggunakan tanggal lahir sebagai PIN ATM. 

“(Ada) nomor rekening, PIN (nomor identifikasi pribadi) bisa ketebak dari tanggal lahir,” tambah Rosihan. 

Baca juga: Cara Cek Skor Kredit Via Online dan Aplikasi

Rosihan menyarankan, sebelum melamar, pastikan lowongan pekerjaan valid dengan mengecek situs resmi perusahaan yang bersangkutan. Bahkan, bila perlu, datangi atau telepon perusahaan tersebut guna menanyakan benar atau tidak lowongan pekerjaan tersebut mereka yang buat. 

aplikasi kerja kemanaker

“Hubungi HRD perusahaan untuk konfirmasi apakah valid formulirnya,” kata Rosihan. Selain itu, untuk berjaga-jaga, pelamar juga bisa meminta surat pernyataan bermaterai dari perusahaan. 

“Bahwa tidak akan menyalahgunakan data pelamar. Ini menjadi dasar yang kuat tuntutan hukum jika terbukti ternyata perusahaan menyalahgunakan data pelamar,” jelasnya.

Baca juga: Cara Mendapatkan Pinjaman Dana dengan Mudah, Aman, dan Nyaman

Jadi jelas, ya, kalau kamu melamar pekerjaan dan diminta menyertakan dokumen seperti KK, nomor rekening, dan KTP, sebaiknya dipikir-pikir dulu, deh

Jika tidak terpaksa, pemberian data diri pribadi saat baru mulai melamar kerja sebaiknya ditolak. Namun jika resmi diterima bekerja dan sesuai penjelasan Kemenaker data-data tersebut akan digunakan untuk kepentingan BPJS dan urusan pajak kepegawaian, tidak masalah. Selalu kritis dalam mengambil keputusan ya.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.