Search Cars

Tips & Rekomendasi

Membeli Kendaraan Listrik Secara Online, Perhatikan Hal-hal Ini

Kendaraan listrik saat ini penjualannya mulai mengalami peningkatan belakangan ini. Jika beli online, apa yang harus diperhatikan?

kendaraan listrik

Kendaraan listrik menjadi tren dalam industri otomotif yang saat ini mulai mengalami peningkatan. Mobil atau motor listrik ini dianggap lebih ramah lingkungan sehingga mengurangi emisi.

Umumnya kendaraan elekstrifikasi menggunakan energi yang berasal dari baterai untuk menghidupkan kendaraan. Atas dasar itulah yang membuat mobil atau motor listrik mulai digandrungi dan dicari karena cocok untuk lingkungan perkotaan.

Membeli mobil atau motor elektrifikasi bisa menjadi keputusan yang cerdas dan ramah lingkungan. Namun memiliki mobil atau motor listrik tentunya ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, terlebih jika ingin membeli secara online.

Tips membeli kendaraan listrik secara online

Dengan kemudahan akses yang ada saat ini, bukan tidak mungkin membeli kendaraan listrik secara online. Jika ingin melakukannya, apa saja yang harus diperhatikan?

Lakukan riset dan kebutuhan

servis mobil listrik

Pelajari lebih lanjut tentang berbagai merek, model, dan tipe kendaraan listrik yang tersedia di pasaran. Perhatikan spesifikasi, jarak tempuh, daya baterai, kecepatan pengisian, dan fitur lain yang relevan dengan kebutuhan dan preferensi.

Baca juga: Belajar Nyetir Mobil, Mengapa Disarankan Menggunakan Transmisi Manual?

Pada mobil misalnya terdapat dua pilihan seperti full elektrifikasi dan hybrid. Mobil hybrid masih menggunakan dua sistem penggerak di dalamnya yaitu mesin bahan bakar bensin dan motor listrik sedangkan mobil listrik umumnya telah bertenaga full elektrifikasi.

Pertimbangkan bagaimana menggunakan kendaraan listrik tersebut seperti jarak perjalanan sehari-hari. Apakah kendaraan tersebut akan digunakan untuk perjalanan jarak jauh atau hanya sekitar kota, dan apakah membutuhkan ruang yang luas untuk barang bawaan.

Rencanakan anggaran dan cari insentif

tips keuangan karyawan

Kendaraan listrik bisa cenderung lebih mahal daripada kendaraan bertenaga bahan bakar fosil. Tentukan anggaran dan pastikan mempertimbangkan biaya total kepemilikan, termasuk biaya pengisian daya, perawatan, dan asuransi.

Baca juga: Tips Mengatasi Anak Rewel Ketika Sedang Berada di Perjalanan

Cari tahu apakah ada pemberian insentif dan subsidi bagi pembeli kendaraan listrik. Serta apakah ada insentif seperti kredit pajak, diskon pembelian, atau bantuan lain yang dapat membantu mengurangi biaya pembelian.

Cek infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik

bisnis SPKLU

Pastikan bahwa memiliki akses mudah ke stasiun pengisian daya di area tempat tinggal dan area-area tujuan yang sering dikunjungi. Periksa apakah infrastruktur pengisian daya cukup berkembang di daerah tersebut.

Cari tahu tentang Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU di daerah tersebut. Umumnya motor listrik akan sangat bergantung pada SPKLU mengingat kapasitas daya baterai yang terbatas dibandingkan mobil listrik.

Perhatikan kualitas baterai

Baterai merupakan komponen penting dalam mobil atau motor elektrifikasi. Periksa spesifikasi baterai seperti daya tahan, masa pakai, dan apakah ada garansi yang mencakup baterai.

Baca juga: Penjualan Mobil Indonesia Terbanyak se ASEAN pada Semester I 2023

Cari tahu lebih dalam apakah komponen baterai tersebut mendukung pengisian cepat atau fast charging. Mobil listrik butuh waktu 4 jam mengisi daya slow charging di SPKLU, sedangkan jika telah fast charging maka hanya butuh sekitar 40 menit.

Pilih tempat beli kendaraan listrik terpercaya

cara beli mobil online

Belilah kendaraan listrik dari tempat yang terpercaya dan berpengalaman dalam kendaraan listrik. Dengan demikian, tentunya kamu dapat mengandalkan mereka untuk memberikan informasi dan dukungan yang akurat.

Pastikan juga kamu memahami garansi kendaraan serta jaminan terhadap baterai dan komponen kunci lainnya. Periksa juga ketersediaan pusat perawatan atau bengkel yang mampu menangani mobil atau motor listrik di area tersebut.

Baca juga: Fungsi dari Penggunaan Stabilizer Mobil, Apa Saja Itu?

Jika memungkinkan, lakukan tes berkendara pada model yang menjadi pilihan untuk merasakan kenyamanan dan performa kendaraan secara langsung.

Baca ulasan dan testimoni

cek internet

Jika sudah mendapatkan dealer terpercaya, selanjutnya cari tahu pengalaman serupa dari orang lain. Kondisi ini amat penting terlebih jika kamu ingin memutuskan membelinya via online.

Ulasan dan testimoni dari pemilik kendaraan dapat memberikan wawasan berharga tentang kinerja, masalah, dan kelebihan kendaraan tersebut.

Baca juga: Fungsi Fitur-fitur MID pada Mobil, Apa Saja Informasi yang Ada?

Ingatlah bahwa kendaraan listrik terus berkembang dan semakin banyak pilihan yang tersedia. Jadi, luangkan waktu untuk meneliti dan mempertimbangkan opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.