Review Otomotif
Mengenal Sejarah Mobil Konsep dan Perkembangannya
Dari sekadar mencari tahu reaksi pasar hingga menciptakan tren otomotif masa depan, ini sejarah dan perkembangan mobil konsep.
Biasanya pameran otomotif selalu jadi ajang untuk memamerkan mobil konsep. Seperti Rangga Concept, salah satu mobil purwarupa yang dipamerkan PT Toyota-Astra Motor (TAM) di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 Jakarta, Agustus lalu.
Meskipun spesifikasi Toyota Rangga ini mirip dengan Toyota Hilux, rencananya akan dijual dengan harga lebih rendah.
Toyota Rangga juga dikabarkan memiliki varian bensin. Jika merujuk pada Toyota Hilux, mobil tersebut menggunakan mesin 2 GD-FTV yang merupakan mesin 2.400cc DOHC dengan VNT Intercooler.
Baca juga: Kembali diberlakukan Tilang, Catat 45 Lokasi Uji Emisi Gratis Jakarta
Nah, sebenarnya, apa itu mobil konsep? Apa bedanya mobil tersebut dengan mobil yang sudah dijual di pasaran?
Beda mobil konsep dengan prototipe
Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), “konsep” diartikan sebagai ide, rancangan, atau gambaran yang ada di dalam pikiran. Fase ini adalah tahap awal dari lahirnya suatu produk.
Kemudian berdasarkan konsep inilah produk dikembangkan. Tentunya dalam hal ini, sebuah produk mobil, konsep dikembangkan berdasarkan survei pasar yang meliputi selera, daya beli, kebutuhan dan keinginan konsumen.
Baca juga: Mobil Konsep dan Mobil Listrik Terbaru yang Ada di GIIAS 2023
Mobil konsep adalah sebuah mobil contoh atau replika dari gambaran nyata ‘ide’ tadi. Umumnya mobil ini dihadirkan untuk mengukur reaksi pasar, apakah mobil tersebut baik untuk direalisasikan.
Apakah mobil ini dibuat senyata mungkin, baik dari segi material pada eksterior dan interiornya serta teknologi yang ada pada fitur-fiturnya?
Bisa iya, bisa juga tidak. Tapi umumnya, tidak. Ya, namanya juga mobil contoh atau replika, ya, jadi memang dibuat senyata mungkin tapi bukan mobil asli.
Baca juga: Fitur Unggulan dalam Mobil Listrik Murah di Indonesia
Meski sama-sama contoh dan berbentuk replika, mobil konsep berbeda dengan mobil prototipe. Seperti diketahui, prototipe lahir dari sebuah konsep yang didesain dengan lebih matang, sesuai dengan hasil survei setelah mobil konsep dipamerkan.
Saat dihadirkan, mobil prototipe dibuat lengkap dengan fitur eksterior dan interior yang tidak jauh berbeda dengan versi produksi massalnya nanti. Bisa dibilang, mobil ini sebagai ‘bocoran’ dari wujud utuhnya saat dipasarkan ke konsumen.
Mobil konsep pertama di dunia
Mobil konsep yang pertama dibuat dan dipamerkan di dunia adalah Buick Y-Job yang dibuat pada tahun 1938. Kendaraanpurwarupa ini dibuat dengan visi menampilkan perkembangan mobil di 10-20 tahun mendatang.
Baca juga: Konsekuensi Menanti Bagi yang Tidak Padankan NIK Sebagai NPWP
Di masa itu, kendaraan dilengkapi dengan ban yang sangat tipis dan pelek sempit dengan diameter besar seperti roda gerobak. Sementara mobil konsep Y-Job (pencipta Buick Y-Job) menggunakan ban tebal dengan dinding samping tinggi dan tapak lebar pada roda 13 inci.
Pasca Perang Dunia Kedua, mobil konsep lainnya mulai banyak lagi dihadirkan. Beberapa di antaranya yang berasal dari Amerika Serikat, yakni Buick LeSabre (1951) dan XL-500 dari Ford, Ford Nucleon (1954), Chrysler Turbine Car (1963), GM Runabout (1964), Alfa Romeo Carabo (1968), Ford Probe (1979), Italdesign Capsula (1982), Cadillac Sixteen (2003), Mercedes Benz F015 (2015), Volkswagen ID. Buzz (2017), Genesis X (2021), dan masih banyak lagi.
Mobil Daihatsu dan Toyota
Pembuatan mobil purwarupa ini tidak hanya dilakukan oleh pabrikan otomotif Eropa, tapi juga Jepang. Seperti yang dilakukan Daihatsu dan Toyota, dua merek otomotif andalan negara tersebut.
Baca juga: Velg Mobil Retak di Bagian Palang, Mengapa Sulit untuk Diperbaiki?
Mobil prototipe yang sudah dibuat Daihatsu, anak perusahaan Toyota Motor Corporation, sudah sangat banyak. Jumlahnya? Ratusan!
Mobil konsep Daihatsu yang pertama adalah BCX yang dibuat di Jepang pada tahun 1971. Sementara yang terbaru adalah Daihatsu Vision Copen, yaitu mobil kei konvertibel dua pintu yang lahir dari model Daihatsu Copen (debut tahun 1999), dan Vizion-F yang kemarin juga dipamerkan di GIIAS 2023.
Selanjutnya mobil purwarupa Toyota yang pertama adalah A1 yang dibuat pada Mei 1935. Ini adalah kendaraan lengkap pertama Toyota.
Baca juga: Apa Saja Fungsi Bumper pada Sistem Suspensi?
Apakah semua mobil konsep berhasil di jual di pasaran? Ternyata, tidak selalu. Seperti Audi Avus Quattro (dipamerkan di Tokyo Motor Show tahun 1991), Nissan Urge (dipamerkan di North American International Motor Show tahun 2006), dan masih banyak lagi.
Saat ini mobil purwarupa diciptakan tak sekadar untuk mengetahui reaksi konsumen tapi juga menciptakan tren di masa depan.
Seperti mobil konsep Toyota Rangga. Mobil yang juga dipamerkan di Jepang dalam Japan Mobility Show 2023 ini tampil memikat hati pengunjung. Menurutmu apakah mobil konsep ini akan segera diproduksi massal?