Search Cars

Berita Utama Otomotif

Menguak Rahasia Mobil Listrik! Tren dan Keuntungan BEV di Era Modern

Menguak Rahasia, Mobil listrik, atau lebih dikenal dengan Battery Electric Vehicle (BEV), kini semakin merajai jalanan. Bayangkan saja, mobil terlaris di dunia, Tesla Model Y, adalah mobil listrik. Di beberapa daerah, hampir mustahil kamu bisa berjalan di tempat parkir tanpa melihat sederet mobil listrik. Namun, meskipun banyak yang tahu bahwa mobil listrik beroperasi dengan baterai dan tidak menghasilkan emisi lokal, masih ada banyak aspek dari BEV yang belum diketahui banyak orang. Mari kita kupas tuntas semua hal tentang BEV dalam panduan sederhana ini.

Ilustrasi baterai LFP dan baterai lithium konvensional, disandingkan untuk perbandingan.

Apa Itu BEV?

Mobil listrik berbasis baterai (BEV) adalah kendaraan listrik yang sepenuhnya bergantung pada baterai untuk menggerakkan motor listriknya. Baterai ini menyimpan energi yang digunakan untuk menggerakkan satu atau lebih motor listrik. Motor-motor ini biasanya lebih kecil dan lebih mudah diposisikan dibandingkan dengan mesin pembakaran internal, memberikan beberapa keuntungan utama.

Mayoritas kendaraan listrik saat ini adalah BEV, itulah mengapa ketika banyak orang berbicara tentang kendaraan listrik, yang mereka maksud adalah kendaraan yang berjalan dengan baterai. Namun, ada jenis kendaraan listrik lainnya seperti kendaraan sel bahan bakar (FCEV) yang menggunakan hidrogen untuk menghasilkan listrik melalui reaksi kimia. Kendaraan ini juga digerakkan oleh motor listrik tetapi jauh lebih jarang ditemui karena terbatasnya stasiun pengisian hidrogen.

Ketika baterai BEV mulai habis, biasanya baterai diisi ulang dengan mencolokkan ke sumber listrik dari jaringan atau sumber lainnya. Ada beberapa BEV yang menawarkan sistem pertukaran baterai, memungkinkan pengemudi untuk mengisi daya penuh dalam hitungan menit. Namun, tantangan logistik dalam menukar baterai yang berat membuat pendekatan ini kurang praktis sejauh ini.

Sejarah Singkat BEV

Percaya atau tidak, hampir 150 tahun yang lalu beberapa mobil pertama adalah mobil listrik. BEV sudah ada sejak tahun 1880-an. Pada suatu masa, mobil listrik hampir sama umumnya dengan mobil yang menggunakan mesin pembakaran internal. Namun, teknologi baterai pada saat itu memiliki beberapa kelemahan signifikan, dan jaringan pengisian daya sangat terbatas.

Kemudahan mendapatkan bensin murah berarti mesin pembakaran internal menjadi norma. Hingga tahun 1990-an, ketika GM meluncurkan EV1 yang bersejarah, menunjukkan bahwa mungkin sudah saatnya untuk mulai serius mempertimbangkan kembali kendaraan listrik. Mobil tersebut terkenal tidak bertahan lama setelah produksi terbatas kurang dari 1.200 unit. Namun, EV1 membantu membuka mata banyak orang akan potensi mobil listrik, yang kemudian membawa kita pada berbagai model yang ada saat ini.

Baca Juga : Kapasitas Baterai Peugeot 2008, Perlu Kamu Ketahui

Cara Kerja Baterai

Untuk memahami cara kerja BEV, penting untuk menjawab pertanyaan kunci: Bagaimana cara kerja baterai? Secara singkat, ini semua tentang ion. Baterai adalah perangkat listrik yang menghasilkan listrik melalui proses kimia. Paket baterai mobil terdiri dari banyak sel, yang masing-masing memiliki katoda bermuatan positif dan anoda bermuatan negatif. Keduanya dipisahkan oleh elektrolit yang tidak hanya memberikan insulasi tetapi juga menyediakan jalur bagi ion untuk bergerak dari satu ke yang lain.

Ion adalah partikel unsur bermuatan negatif. Seperti magnet, ion-ion ini mengalir melintasi elektrolit, membawa beberapa elektron bersamanya. Transfer ini yang menciptakan arus listrik di dalam baterai. Ketika semua ion telah mengalir melintasi elektrolit, baterai habis dan perlu diisi ulang.

Pengisian ulang hanyalah proses menggerakkan ion-ion itu kembali melintasi celah dengan menyediakan arus listrik dari sumber luar, mengembalikan elektron mereka, dan mengirim mereka kembali ke jalurnya.

Bagaimana BEV dari Dalam?

Baterai itu berat, sama seperti mesin pada mobil mesin pembakaran internal. Namun, tidak seperti mesin, baterai bisa dibuat dalam bentuk apa pun. Karena menempatkan benda berat di bagian bawah mobil membantu meningkatkan penanganan, menurunkan pusat gravitasi mobil, paket baterai umumnya dirancang dalam bentuk datar dan dipasang di lantai mobil.

Baterai memberikan arus listrik ke motor atau motor-motor yang menggerakkan mobil. Meskipun motor listrik sering kali memberikan lebih banyak torsi dan tenaga kuda dibandingkan dengan mesin pembakaran internal, mereka relatif kecil dan ringan. Ini memungkinkan mereka untuk diposisikan tepat di tempat yang dibutuhkan.

Biasanya, ini berarti menempatkan mereka di antara roda, dengan satu motor menggerakkan dua roda melalui diferensial tradisional. Dua motor, dalam hal ini, bisa menyediakan penggerak semua roda. Tetapi beberapa mesin, seperti Mercedes-Benz G580 dengan Teknologi EQ, memiliki satu motor yang menggerakkan setiap roda.

Keuntungan BEV

Keuntungan utama dari BEV adalah efisiensi. Bahkan mesin pembakaran internal yang paling efisien hanya mencapai efisiensi sekitar 20 persen. Itu berarti 80 persen dari semua bensin yang kamu bakar berubah menjadi panas atau suara yang tidak berguna, bukan tenaga untuk menggerakkan mobil.

Motor listrik memiliki efisiensi lebih dari 90 persen, artinya meskipun mereka mendapatkan energinya dari pembangkit listrik yang membakar bahan bakar fosil seperti batu bara, BEV masih jauh lebih baik untuk lingkungan dibandingkan dengan mobil yang membakar bensin atau diesel. Dampak lingkungan yang lebih rendah menjadi keuntungan kedua.

Tata letak mobil adalah keuntungan lainnya. Karena paket baterai yang datar dan motor listrik yang kecil, mobil listrik cenderung memiliki desain terbuka dengan lantai datar. Ini membuat mereka lebih luas dan nyaman untuk ditempati. Mereka juga sering menawarkan penyimpanan tambahan di bawah kap, sesuatu yang secara kolokial disebut frunk.

Akhirnya, kita semakin melihat keuntungan performa dari BEV. G580 listrik yang disebutkan di atas memiliki beberapa trik menarik dalam portofolio off-road-nya, termasuk kemampuan untuk berputar di porosnya. Dan berkat memiliki satu motor listrik untuk setiap roda, ia tidak membutuhkan diferensial tradisional.

Apa jika kamu lebih tertarik pada performa di jalan? Mobil produksi tercepat di planet ini adalah bertenaga baterai. Lucid Air Sapphire dapat melaju dari 0 hingga 60 dalam sedikit lebih dari dua detik, misalnya, waktu yang biasanya membutuhkan mobil drag yang sangat dimodifikasi untuk dicapai dengan mesin pembakaran internal. Air, bagaimanapun, adalah sedan mewah yang nyaman dan praktis.

baterai mobil hybrid

Kekurangan BEV

Kekurangan paling signifikan dari BEV dibandingkan dengan mobil mesin pembakaran internal adalah berat. Meskipun mesin berat, begitu juga bahan bakar, paket baterai menawarkan massa yang tidak seimbang. Menempatkan berat itu di bawah berarti ia memiliki dampak terbatas pada penanganan, tetapi fisika adalah fisika, dan inersia dari BEV mempersulit pengereman dan penanganan dinamis di permukaan licin.

Mereka juga cenderung lebih mahal, meskipun kesenjangan itu semakin menipis. Baterai dan motor mahal untuk diproduksi dan dibuat menggunakan elemen yang sejauh ini sulit ditemukan. Kelangkaan itu juga menciptakan beberapa kekhawatiran lingkungan yang berbeda, sesuatu yang bisa kamu baca lebih lanjut di sini.

BEV juga memerlukan waktu lebih lama untuk diisi ulang dibandingkan dengan mobil berbahan bakar bensin untuk diisi ulang. Biasanya, mengisi daya kendaraan hingga 80 persen memerlukan waktu sekitar 20 hingga 30 menit. Pada mobil modern, itu umumnya memberikan kamu lebih dari 250 mil jarak tempuh.

Namun, jarak tempuh itu bisa sangat dipengaruhi oleh kondisi. Sama seperti ekonomi bahan bakar kamu naik dan turun berdasarkan faktor-faktor seperti cuaca, suhu, dan seberapa berat kamu menekan pedal gas, jumlah jarak yang diberikan ukuran baterai tertentu bervariasi relatif terhadap faktor-faktor yang sama. Cuaca dingin, khususnya, dapat memiliki dampak signifikan pada jarak tempuh BEV, meskipun dampak tersebut semakin berkurang dengan kimia baterai baru dan kemajuan lainnya dalam desain kendaraan.

Baca Juga : Rekomendasi Head Unit Terbaik untuk Toyota GR Yaris

Risiko Runaway Termal

Sama seperti dengan pembakaran internal, ada beberapa risiko yang terkait dengan BEV. Ketakutan yang paling sering disebutkan adalah sesuatu yang disebut runaway termal. Ini adalah jenis kebakaran yang biasanya disebabkan oleh korsleting di dalam paket baterai, sering kali disebabkan oleh kerusakan pada paket, seperti dalam kecelakaan besar.

Ketika baterai korslet, ia bisa menciptakan percikan dengan panas tinggi, yang mampu menyalakan elektrolit tersebut, terutama dalam kimia yang paling sering digunakan berdasarkan lithium nickel manganese cobalt oxide. Oksida di ujungnya adalah oksigen, yang memungkinkan kebakaran ini memberi makan dirinya sendiri, membuat api lebih intens dan sulit dipadamkan. Banyak kimia baru seperti lithium-iron-phosphate tidak mengalami masalah ini.

Kebakaran ini menakutkan dan sulit dipadamkan, tetapi mereka juga jarang terjadi. Kendaraan pembakaran 29 kali lebih mungkin terbakar dibandingkan dengan kendaraan listrik.

Biaya Penggantian Baterai pada BEV

Penggantian baterai pada BEV bisa sangat mahal. Meskipun harga paket baterai telah turun secara signifikan, mereka masih merupakan persentase besar dari biaya keseluruhan mobil. Jika kamu memerlukan paket baterai baru pada sesuatu seperti Tesla Model S, kamu mungkin harus mengeluarkan biaya hingga $15.000 hingga $20.000.

Tetapi ada beberapa alasan mengapa kamu tidak perlu panik. Pertama, garansi baterai diwajibkan setidaknya delapan tahun atau 100.000 mil. Secara umum, paket biasanya masih harus memberikan 70 persen kapasitasnya pada saat itu, atau mereka diganti secara gratis.

Apa yang terjadi setelah itu? Nah, seperti halnya mobil tua lainnya, kamu yang harus menanggung biayanya. Namun, seperti biasa, konteks sedikit penting. Baterai Tesla Model S tahun 2017 sebentar lagi akan habis garansi. Ketika baru, kamu bisa dengan mudah menghabiskan lebih dari $100.000 untuk mobil itu dengan paket baterai terbesar. Itu sebanding dengan Mercedes-Benz S550 tahun 2017. Bayangkan jika S-Class itu membutuhkan mesin baru. Kamu akan melihat pengeluaran jumlah uang yang sebanding per lembar harga Mercedes sendiri, termasuk hampir $1.000 per piston. Dan kamu membutuhkan delapan di antaranya, tentu saja.

Baca Juga : Bagaimana Nasib Mobil Listrik Saat Terjebak Macet Mudik Tanpa Baterai?

Standar Pengisian

Salah satu aspek BEV yang lebih membingungkan adalah berbagai standar yang digunakan untuk mengisi daya mereka. Kabar baiknya adalah bahwa semuanya akan menjadi jauh lebih sederhana. Beberapa standar pengisian yang berbeda telah datang dan pergi, dan sekarang sebagian besar produsen beralih ke standar baru yang umum disebut NACS: North American Charging Standard.

Bentuk colokan ini awalnya didefinisikan oleh Tesla dan kemudian diadopsi oleh Ford dan lainnya, menawarkan kompatibilitas mudah di seluruh kendaraan dan jaringan pengisian daya.

Baca Juga :

Kecepatan Pengisian EV

Selain bentuk colokan yang berbeda, berbagai EV mengisi daya pada kecepatan yang berbeda. Ini secara efektif adalah tingkat di mana mereka bisa menarik arus dari jaringan atau dari sumber lain seperti tenaga surya atau bahkan paket baterai yang lebih besar.

Kecepatan ini biasanya dirujuk dalam kilowatt (kW), yang sekali lagi adalah ukuran dari laju transfer energi. Lebih banyak kilowatt berarti lebih banyak jus mengalir lebih cepat, mengisi ulang baterai dalam mobil dalam waktu lebih singkat. Pengisi daya dan jaringan pengisian yang berbeda menggunakan kecepatan maksimum yang berbeda, tetapi kamu akan sering melihat kecepatan mulai dari 50 kW hingga 350 kW di pengisi daya kecepatan tinggi, sementara pengisi daya rumah tipikal berada di kisaran 10 hingga 15 kW.

Kamu bisa memikirkan ini seperti bahan bakar oktan tinggi. Sama seperti mobil yang dirancang untuk bahan bakar biasa tidak akan berjalan lebih baik pada bahan bakar oktan tinggi, BEV yang hanya bisa mengisi daya pada 50 kW tidak akan mengisi daya lebih cepat jika kamu mencolokkannya ke pengisi daya 350 kW. Jadi jika kamu berada di pengisi daya dalam salah satu mobil yang lebih lambat ini, pastikan kamu memilih dengan benar, agar tidak menghalangi seseorang dari pengisi daya kecepatan tinggi yang benar-benar membutuhkannya.

Baca Juga :Dukungan Kemenko Marves! Produksi Baterai Mobil Listrik di Indonesia, Pilih LFP atau NMC?

Insentif dan Kredit Pajak EV

Kredit pajak EV adalah faktor yang semakin bernuansa. Dahulu ada satu kredit pajak federal $7.500 untuk setiap mobil listrik yang dijual di AS, sekarang jauh lebih rumit.

Intinya adalah masih ada maksimum kredit federal $7.500 yang tersedia untuk mobil listrik. Namun, kredit itu bisa turun tergantung pada di mana mobil itu diproduksi, serta dari mana bahan baterainya berasal. Beberapa EV mendapatkan jumlah penuh; yang lain tidak mendapatkan apa-apa. Banyak EV bekas bahkan memenuhi syarat untuk beberapa kredit.

Meskipun secara umum ini berarti lebih sedikit mobil yang memenuhi syarat untuk insentif dibandingkan sebelumnya, kabar baiknya adalah bahwa sekarang itu bukan lagi kredit pajak. Sekarang kamu mendapatkan uang itu langsung dikreditkan ke harga beli atau sewa mobil, yang jauh lebih mudah dipahami dan semoga demikian pula BEV setelah kamu membaca artikel ini.

Untuk informasi lebih lanjut tentang mobil listrik, kunjungi SEVA dan temukan berbagai model BEV terbaru serta penawaran menarik.

Tetap update dengan berita otomotif terbaru di SEVA! Kunjungi kategori berita utama otomotif untuk mendapatkan informasi terkini tentang peluncuran mobil baru, inovasi teknologi, serta perkembangan terkini di dunia otomotif.

Dari ulasan mendalam hingga berita terkini, kami menyediakan semua yang perlu kamu ketahui agar tetap update. Klik di sini untuk membaca artikel trending terbaru. Pilih yang #JelasDariAwal hanya di SEVA!

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang