Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mesin Turbo dan Supercharger, Bagaimana Perbedaan Cara Kerjanya?

Membedakan kinerja mesin turbo dan supercharger penting diketahui. Agar tidak salah paham, yuk kenali apa perbedaan keduanya.

supercharger

Mesin turbo dan supercharger pada mobil seringkali dianggap sama. Padahal keduanya meskipun memiliki fungsi yang mirip namun cukup berbeda satu sama lain. 

Secara sederhana, mesin  turbo menggunakan dorongan gas buang untuk memutarkan turbin, sementara mesin supercharger bekerja berdasarkan putaran mesin, menggunakan belt (sabuk).

Fungsi keduanya secara umum dapat diartikan sebagai komponen untuk menambah tenaga mesin dengan meningkatkan tekanan udara yang masuk ke dalam ruang bakar. 

Baca juga: Terjadi Lagi Pengemudi Arogan Hajar Mobil Hatchback, Pelaku Ditangkap Bagaimana Kronologinya?

Umumnya mesin turbo banyak dijumpai pada mobil bermesin diesel. Namun demikian, ada juga mobil-mobil bermesin bensin yang menggunakannya seperti pada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Agar lebih jelas, simak perbedaan mesin turbo dan supercharger pada mobil. Apa saja yang membedakan keduanya?

Cara kerja mesin turbo

mesin turbo

Perbedaan pertama dari mekanisme operasi. Cara kerja mesin turbo menggunakan gas buang yang berasal dari mesin tak secara langsung diarahkan ke bagian knalpot

Baca juga: Remap ECU Mobil, Apa Saja Efeknya?

Gas buang tersebut diarahkan terlebih dahulu ke bagian turbo mobil yang di dalamnya ada sebuah turbin. Selanjutnya, kompresor memanfaatkan energi mekanis untuk memampatkan maupun menghisap lebih banyak udara ke dalam ruang bakar mesin.

Putaran yang tercipta di dalam mesin turbo dapat mencapai hingga sebesar 150 ribu RPM dan lebih cepat hingga 30 kali lipat dibandingkan dengan putaran mesin dari mobil biasa.

Semakin kuat gerakan turbin, maka akan memaksa putaran kompresor jadi ikut meningkat dan membuat udara yang masuk ke ruang bakar menjadi kaya oksigen, semakin padat, dan juga bertekanan tinggi.

Cara kerja supercharger

supercahrger

Lalu bagaimana perbedaan cara kerja supercharger? Singkatnya mesin supercharger akan menambah jumlah udara yang masuk ke mesin, sehingga dapat meningkatkan jumlah bahan bakar yang dibakar, yang pada gilirannya meningkatkan daya mesin.

Baca juga: Manfaat Octan Booster, Beneran Bikin Mesin Bertenaga?

Supercharger didorong dari poros engkol mesin oleh sebuah sabuk untuk mengoptimalkan efisiensi volume ruang bakar mesin dan membuat tenaga mesin jadi meningkat. 

Sumber putaran mesin untuk menggerakkan komponen supercharger yang dibutuhkan, adalah sepasang pengatur buka tutup klep dengan rongga (roots supercharger) atau berupa ulir (twin scroll supercharger). 

Dapat disimpulkan tenaga mesin supercharger lebih berdampak atau unggul di putaran RPM bawah. Berbanding terbalik dengan mesin turbo yang lebih bertenaga untuk lintasan atau jalur yang panjang.

Keuntungan supercharger dan harganya

mengatur uang thr

Selain lebih menghasilkan tenaga yang besar, keuntungan supercharger lainnya jika dibandingkan dengan mesin turbo adalah sebagai berikut.

Baca juga: Salah Modifikasi dan Aksesoris Bisa Bikin Mobil Boros Bensin, Benarkah?

  • Cara kerja supercharger melakukan pembakaran yang lebih baik sehingga membuat sisa gas buang kendaraan lebih rendah polusi.
  • Mampu meningkatkan tenaga mesin secara merata karena putaran turbin supercharger ini langsung terhubung ke mesin.
  • Proses kompresi mesin bisa lebih cepat dan tidak ada jeda tenaga ketika kaki menginjak pedas gas

Lalu berapa harga supercharger? Harga komponen ini beragam, bergantung merek. Rata-rata harga termurahnya di toko online dijual Rp5 sampai Rp6,5 juta dan untuk harga tertinggi di kisaran Rp12,5 sampai Rp15 jutaan.

Cara perawatan

filter bahan bakar

Pada mesin turbo yang sering bekerja pada kecepatan mesin tinggi, perawatannya dengan memastikan kebersihan filter udara. Cara perawatan paling mudah lainnya adalah tidak menggeber mesin mobil sebelum dimatikan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Busi Iridium Mobil Bisa Tambah Tenaga?

Untuk perawatan mesin supercharger? Kuncinya melakukan servis berkala dengan penggantian oli kompresor rutin. Agar kinerjanya tetap optimal gunakan skema 4:1 yaitu 4 kali penggantian oli mesin diikuti 1 kali penggantian oli kompresor.

Tertarik memasang turbo atau mesin supercharger untuk menambah tenaga mobil kamu? Daripada keluar kocek lebih dalam, pilih saja mobil-mobil terbaru dengan mesin yang telah memiliki turbo seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Lihat spesifikasi dan harganya di SEVA, segera manfaatkan Loan Calculator untuk menghitung skema cicilan paling terjangkau sesuai penghasilanmu. 

Baca juga: Toyota All New Agya Meluncur, Intip Yuk Spesifikasi dan Ubahan Fitur Terbarunya

Pastikan juga untuk membeli dengan memanfaatkan fitur Instant Approval agar persetujuan kreditmu tercapai dalam hitungan menit. Tunggu apalagi? Beli mobil idaman secara #JelasDariAwal hanya di SEVA.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang