Search Cars

Tips & Rekomendasi

Minivan, SUV vs MPV: Pengertian & Rekomendasi Minivan

Minivan punya kemiripan dengan mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) terutama mengenai kapasitasnya yang bisa menampung banyak orang. Minivan adalah jenis mobil yang memiliki kabin luas untuk penumpang dalam jumlah banyak. Tapi selain itu, banyak sekali perbedaan antara kedua mobil ini.

minivan adalah

MPV sendiri merupakan salah satu jenis mobil yang paling diminati masyarakat Indonesia hingga saat ini, MPV umumnya mampu menampung penumpang hingga 7 orang dewasa. 

MPV memiliki kapasitas bagasi yang luas sehingga ideal untuk digunakan bersama keluarga atau sebagai alat transportasi harian. Tak hanya itu, mobil MPV juga dipasarkan dengan harga yang relatif lebih terjangkau, begitupun dengan harga suku cadang dan biaya perawatannya.

Mobil Minivan vs MPV

Selain MPV, ada satu lagi Mobil memang sengaja dirancang khusus digunakan untuk keperluan keluarga yaitu Minivan.

Baca juga: Rekomendasi SUV Kompak 5 Penumpang buat Keluarga Kecil

Berbeda dengan mobil MPV, Minivan memiliki daya angkut lebih besar yaitu bisa mengangkut 6-15 orang. Selain memiliki kapasitas yang cukup untuk keluarga, mobil ini juga dirancang memiliki bagasi yang besar untuk memuat barang-barang bawaan.

Pintu pada mobil minivan pun biasanya didesain menggunakan pintu geser (sliding door) agar lebih praktis.Di Indonesia belum banyak masyarakat yang memiliki mobil minivan secara pribadi. Namun mobil ini sering disediakan oleh jasa layanan perjalanan/jasa transportasi terutama layanan transportasi yang menghubungkan antar kota atau antar provinsi.

Baca juga: Mengenali Ciri-Ciri Aki Rekondisi dan Palsu, Jangan Tertipu!

MPV dan minivan punya kemiripan di bagian kursi belakang yang dapat dilipat yang biasanya bertujuan untuk memberikan ruang yang lebih besar pada bagasi. Baik Mobil MPV maupun minivan pun sering digunakan sebagai kendaraan keluarga saat pergi liburan bersama. 

Rekomendasi Mobil Minivan Toyota untuk Keluarga 

Salah satu rekomendasi mobil minivan adalah Toyota Hiace yang merupakan kendaraan komersial berukuran menengah. Mobil ini diproduksi oleh pabrikan otomotif Toyota di Jepang. 

Pertama kali diluncurkan pada tahun 1967, kendaraan ini telah menjadi pilihan yang populer di berbagai industri dan bisnis.

Baca juga: Mau Ganti Cat Mobil? Cek Dulu Estimasi Biayanya

Toyota Hiace menjadi primadona karena multifungsi dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti angkutan umum, mobil keluarga, dan kendaraan niaga. Mobil ini juga terkenal tangkas dan juga tangguh digunakan di hampir segala medan.

Mobil ini tersedia dalam 2 tipe mobil, dan 1 opsi transmisi manual di Indonesia dengan dimensi 5380 mm L x 1880 mm W x 2285 mm H. 

Memiliki dimensi panjang 5.915 milimeter, lebar 1.950 milimeter, dan tinggi 2.280 milimeter dengan jarak poros roda (wheelbase) sekitar 3.860 mm membuat mobil ini sangat cocok dibawa ke berbagai medan jalan. 

Baca juga: Kemenhub Naikkan Tarif Angkutan Penyeberangan, Simak Besarannya

Mobil ini hadir dengan tipe terbarunya yaitu Toyota The All New Hiace Premio yang hadir dengan fitur keselamatan lengkap. Sebut saja fitur seperti Front and Rear Disc Brake, Anti-Lock Braking System (ABS) & Brake Assist (BA) (Hiace dan Dual SRS Airbag.

Tidak hanya itu saja, Toyota Hiace juga memiliki kabin yang begitu lega bahkan bisa menampung sampai 16 penumpang. Desain pada bagian dashboard juga memiliki kesan eksklusif dan fungsional, sehingga memudahkan pengemudi untuk melakukan kontrol terpusat.

Penggunaan Mesin New Super GD – VNT Turbo pada mobil ini mampu memberikan performa optimal, lebih efisien, dan kedap suara. Dengan begitu, penumpang bisa menikmati perjalanan dengan nyaman tanpa suara bising yang terdengar dari mesin.

Beli Minivan di SEVA

Kamu bisa mengecek minivan atau mobil-mobil lainya di SEVA ya. Jangan lupa juga menggunakan berbagai fitur unggulan yang bisa dipakai.

Baca juga: Toyota All New Agya GR Sport, Apa Bedanya dengan Varian G? 

Mulai dari fitur Car Discovery Platform yang bisa memberikan rekomendasi mobil sesuai budget dan tentunya sesuai dengan DP dan tenor yang diinginkan. 

Ada juga fitur Loan Calculator yang bisa memberikan informasi untuk menghitung biaya pembelian mobil Ayla. Tentunya akan dilakukan secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Tentunya ada juga fitur Instant Approval dimana kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas. Beli mobil baru, ya di SEVA yang  #JelasDariAwal

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.