Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mitos atau Fakta, Pentil Ban Tanpa Tutup Bikin Kurang Angin?

Kecil-kecil cabe rawit! Peranan benda kecil pada ban ini ternyata sangat penting. Ini fungsi tutup pentil ban pada kendaraan.

pentil ban

Tutup pentil ban mobilmu hilang. Sebaiknya biarkan saja atau kamu perlu mencari gantinya segera? Iya, tutup pentil ban memang rentan hilang karena letaknya di luar dan bergerak terus saat mobil dikendarai. 

Jika kamu mengalami tutup pentil ban hilang, disarankan untuk segera mencari gantinya karena bisa mengakibatkan kecelakaan. Kok, bisa? Ini penjelasannya.

Pentil ban kemasukan kotoran

Membiarkan pentil ban mobil terbuka tanpa tutup ternyata memungkinkan partikel kotoran kecil masuk ke dalam katup stem pentil ban. Pada dasarnya pentil ban ini dibuat tertutup agar tetap terlindungi, bersih dan juga kering.

Baca juga: Tips Agar Ban Tubeless Mobil Jadi Lebih Awet

Kotoran yang masuk bisa mengganjal batang besi (valve core) bagian dalam pentil ban. Dan ini bisa menyebabkan tekanan angin pada ban mudah keluar sehingga kemungkinan kebocoran angin secara perlahan atau yang lebih populer dengan istilah bocor halus bisa saja terjadi.

Kerusakan di valve core

Masuknya air dan kotoran ke dalam pentil juga bisa menyebabkan kerusakan pada valve core. Valve core terbuat dari logam, dan jika terus menerus tergerus air dan kotoran, bisa korosi dan karat sehingga mengakibatkan penumpukan kotoran dan masuknya air ke dalam pentil lebih banyak lagi.

Jika valve core berkarat, berujung mudah patah dan klep pentil tidak ada penahannya lagi sehingga membuat udara di dalam ban terus keluar. Jika dibiarkan bisa menyebabkan ban botak tidak merata atau aus. 

Pentil ban tidak bisa isi angin

cek tekanan ban mobil

Dampak dari rusaknya valve core tidak hanya itu. Valve core yang patah membuat pengisian tekanan angin ban tidak bisa dilakukan. 

Baca juga: Ketahui Cara Merawat Ban Mobil Listrik, Berbeda Dengan Ban Biasa

Fungsi valve core itu kan sebagai penyangga klep pentil di mana saat digunakan harus ditekan agar bisa memasukkan angin. Nah, kalau sudah patah, maka tekanan angin pun tak bisa masuk. Mau tak mau harus ganti pentil.

Berpotensi pecah ban dan kecelakaan

Ketika tutup pentil ban tidak terpasang, debu dan air bisa menyebabkan kebocoran halus. Akhirnya, angin bebas keluar karena tidak ada pelindung lapis kedua yang menjaga tekanan angin tetap berada di dalam ban. 

Lama kelamaan ini bisa menyebabkan ban kempis karena kurangnya tekanan angin. Dan ketika tekanan angin kurang,  ban mobil akan menanggung beban yang lebih berat dari biasanya. 

Baca juga: Ban Mobil Listrik Bocor, Apakah boleh Ditambal di Pinggir Jalan?

Jika kamu membiarkannya, apalagi jika ketepatan ban botak juga, bisa pecah ban kapan saja dan mengakibatkan kecelakaan.

Jenis tutup pentil ban mobil

pentil ban

Kamu bisa membeli tutup pentil ban mobil melalui e-commerce. Tapi sebelum membeli, kamu perlu tahu jenis-jenis dari tutup pentil. 

  • Berbahan plastik

Tutup ada yang terbuat dari plastik, dan biasanya sering digunakan pada ban pabrikan. Kelebihan utama dari tutup berbahan plastik adalah harganya murah dan cocok digunakan untuk kebutuhan mengemudi sehari-hari. 

Baca juga: Tips Memilih Ban Mobil yang Tepat untuk Berbagai Kondisi Jalan

Hanya saja, tutup ini mudah longgar setelah beberapa waktu. Jika kamu memilih jenis ini, jangan lupa beli cadangannya untuk berjaga-jaga.

  • Berbahan logam

Material lainnya adalah logam. Nah, kalau yang ini cocoknya digunakan buat kamu yang suka mengebut, terutama di arena balap. Tutup berbahan logam tahan terhadap suhu tinggi ban yang biasanya terjadi ketika mobil dilajukan dalam kecepatan tinggi. 

Soal harga, memang agak mahal, ya. Kamu tidak disarankan membeli tutup pentil logam yang harganya kelewat murah. Ada harga, ada barang. Biasanya tutup pentil logam yang murah akan cepat karatan. Dan kalau sudah karatan, kamu akan kesulitan melepas tutup dari pentil dan berisiko malah merusak pentil.

Baca juga: Ban Ukuran Besar untuk Mobil SUV, Apa Pentingnya?

Jadi, apakah tutup bisa bikin tekanan angin berkurang itu mitos atau fakta? Jelas fakta, ya! Jadi kalau kamu menemukan tutupnya hilang atau rusak, segera ganti dengan yang baru untuk mencegah ban botak, tekanan angin berkurang dan yang lainnya.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.