Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mobil Mogok Karena Overheat, Ini yang Bisa Kamu Lakukan

Overheat kerap dialami semua kendaraan dan sebenarnya tidak perlu panik jika hal ini terjadi. Lantas, apa yang bisa dilakukan?

overheat

Overheat atau kepanasan pada mobil bisa menjadi masalah serius jika tidak ditangani dengan benar. Mobil yang mengalaminya dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan komponen mobil lainnya. 

Ketika mobil mogok akibat suhu yang terlalu panas maka disarankan supaya tidak memaksakan berjalan. Saat suhu kembali normal, cek kembali isi air radiator.

Penting mengetahui penyebab mobil overheat. Akan tetapi, ketika mesin tetap naik dalam kasus berulang, baiknya segera bawa ke bengkel terdekat.

Tips mengatasi mobil overheat

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat  diambil untuk mengatasi mobil yang kepanasan:

1.Matikan Mesin

suara mesin kasar

Segera matikan mesin mobil ketika telah menyadari bahwa mobil sedang overheating. Jangan terus mengemudikan mobil dalam kondisi ini, karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada mesin.

Baca juga: Toyota Alphard Hybrid Resmi Diluncurkan di Ajang GIIAS 2023, Bagaimana Spesifikasinya?

Tunggu beberapa saat hingga mesin mobil mendingin. Jangan mencoba membuka tutup radiator atau reservoir pendingin saat mesin masih panas, karena dapat terkena uap panas atau cairan panas.

2. Periksa Level Cairan Pendingin

Setelah mesin mendingin, periksa level cairan pendingin (coolant) dalam tangki radiator atau reservoir. Pastikan bahwa level cairan pendingin berada pada level yang cukup. Jika levelnya rendah, tambahkan lebih cairan pendingin.

3. Cek Thermostat

Termostat adalah komponen yang mengatur aliran cairan pendingin. Jika thermostat rusak, dapat mengakibatkan overheating. Periksa apakah termostat berfungsi dengan baik dan ganti jika perlu.

4. Periksa Area Radiator

isi radiator

Pastikan kipas radiator berfungsi dengan baik. Kipas radiator membantu mengatur suhu mesin. Jika kipas tidak berputar atau berputar lambat, periksa koneksi listriknya atau ganti kipas jika diperlukan.

Baca juga: Tips Memilih Ban Mobil yang Tepat untuk Berbagai Kondisi Jalan

Pastikan radiator tidak tersumbat oleh kotoran atau debu. Bersihkan radiator jika perlu untuk memastikan aliran udara yang baik. Periksa pula bagian selang radiator jangan sampai ada masalah kebocoran. 

5. Ganti Cairan Pendingin

Jika cairan pendingin terlalu kotor atau sudah tua, gantilah dengan yang baru. Cairan pendingin yang buruk dapat mengurangi kemampuan sistem pendinginan untuk menjaga suhu mesin dalam batas normal.

6. Periksa Pemanasan Berlebih

Pemanasan berlebih dalam mesin juga bisa menjadi penyebab overheating. Pastikan bahwa sistem pemanasan berfungsi dengan baik dan tidak ada kebocoran pada sistem ini.

7. Periksa Oil Cooler

Beberapa mobil dilengkapi dengan oil cooler untuk mendinginkan oli mesin. Pastikan komponen ini berfungsi dengan baik.

8. Periksa Kondisi Busi

busi

Umum jika radiator kerap disalahkan ketika mesin kendaraan tiba-tiba turun mesin saat sedang digunakan. Kenyataannya masalah ini tidak selalu akibat air radiator, bisa juga dari penempatan busi yang kurang tepat.

Baca juga: Waktu Operasional LRT Tidak Sampai Malam, Catat Jadwalnya

Busi yang dikenakan sebaiknya menyesuaikan spesifikasi pabrikan. Hal ini karena tiap busi memiliki kode berbeda-beda menyesuaikan ragam jenis kendaraan. Oleh karenanya jangan sampai salah pasang busi.

Untuk mengetahui kode dan spesifikasi tersebut, pemilik mobil tinggal baca buku pedoman kepemilikan. Bisa juga tinggal samakan samakan dengan busi sebelumnya (satu merek).

Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas mobil masih mengalami overheating, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel panggilan atau mekanik terkait untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Baca juga: Mobil Pejabat Lewat Bahu Jalan Tol, Bolehkah Ditilang?

Overheating yang sering terjadi dapat menjadi tanda masalah serius pada sistem pendinginan atau mesin yang memerlukan perbaikan lebih lanjut.

Untuk mencegah mobil overheat

mobil overheat

Sebagai langkah antisipasi, pemilik mobil perlu menjaga kondisi mobil supaya tidak sampai overheat. Berikut beberapa rutinitas yang dapat dilakukan.

1. Ganti oli secara teratur 

2. Cek rutin radiator mesin

3. Jaga kenyamanan kabin mobil

4. Waspadai debu menempel pada sensor di tempat terbuka

Jadi, buat para pemilik mobil bisa melakukan langkah-langkah tadi ya ketika suhu mesin mobil terlalu panas. Pastinya, jangan langsung panik ya jika mengalaminya. 

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.