Search Cars

Berita Utama Otomotif

Mobil Nasional Bakal Meluncur Lagi di IIMS 2023, Bagaimana Penampakannya?

Ikon mobil nasional Esemka diprediksi bakal meluncurkan produk terbarunya pada ajang IIMS 2023 mendatang. Penasaran seperti apa?

mobil nasional

Mobil nasional Esemka lama tidak terdengar kabar beritanya. Kini diperkirakan bakal mengejutkan pecinta otomotif pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS 2023), di JIExpo Kemayoran, 16-26 Februari.

Keikutsertaan pabrikan mobil Esemka di IIMS 2023 sudah dipastikan oleh Project Manager IIMS 2023 Rudi MF. “Esemka akan hadir di IIMS 2023. Keikutsertaan mobil Esemka menjadi representatif pelaku Industri otomotif Tanah Air,” ujarnya dikutip SWA

Saat ini telah viral beredar di media sosial kabar tentang calon mobil listrik Esemka yaitu model Neta V. Foto-foto yang menampilkan mobil listrik Esemka Neta V cukup mengejutkan karena desainnya yang futuristis.

Baca juga: Tips Mudik Pakai Mobil Kecil Agar Tetap Aman dan Nyaman

Sepintas terlihat mobil listrik Esemka ini hadir dalam kategori Sport Utility Vehicle (SUV). Bagian grille-nya yang tertutup rapat membuat tampilan depannya sekilas mirip dengan Tesla. Apalagi spesifikasi Neta V lainnya?

Mobil nasional Esemka 

mobil nasional

Spesifikasi Neta V dari segi dimensi disebut memiliki panjang 4.070 millimeter, lebar 1.690 millimeter, dan tinggi 1.555 millimeter. Sementara, jarak sumbu rodanya adalah 2.420 millimeter. 

Melihat panjang mobilnya, berukuran nyaris seperti Toyota Raize yang juga punya panjang 4.070 milimeter. Bedanya hanya di lebar 1.710 milimeter dan tinggi 1.635 milimeter. 

Baca juga: Insentif Mobil Listrik Rp 80 juta Dari Pemerintah, Bagaimana Skemanya?

Berikutnya, karena berstatus mobil listrik maka spesifikasi Neta V dilengkapi dengan baterai sebesar 38,5 kWh lithium-ion yang ditenagai e-motor. Baterai tersebut diklaim mampu menempuh jarak 401 kilometer dengan sekali pengisian penuh.

Mobil nasional ini berpenggerak roda depan, dibekali motor listrik 50 kW yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 95 daya kuda dengan torsi maksimal 150 Nm. Diperkirakan mobil ini akan dijual Rp211 juta.

Selain mobil listrik Esemka Neta V, beredar juga model lainnya yaitu Neta U. Menggendong baterai dengan kapasitas 58 kWh dan dibekali motor listrik yang mampu hasilkan tenaga hingga 163 daya kuda dan menempuh jarak hingga 400 kilometer.

Baca juga: Kode Pelat Nomor Belakang Jabodetabek, Mana Saja Daerahnya?

Selain meluncurkan dua model mobil nasional, Esemka juga mengganti logo lamanya. Logo mobil Esemka baru berbentuk huruf M dengan garis yang diletakkan di tengahnya. Sebelumnya logo lama adalah huruf E berwarna merah berbentuk seperti bendera.

Sekilas mengenai Esemka

esemka

Mobil Esemka memang sempat menuai perdebatan setelah diidentikkan dengan mobil nasional. Pemakaian istilah ini dianggap kurang tepat. Hal itu sempat dilontarkan oleh Eddy Wirajaya, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi, produsen mobil Esemka.

Menurut Eddy, status mobil nasional tidak tepat bagi mobil Esemka. Eddy lebih suka jika publik mengenal sebagai perusahaan swasta yang bergerak di bidang pembuatan atau produksi mobil di Indonesia.

Baca juga: Lampu Sein Mobil Mati Mendadak, Apa Saja Penyebabnya?

Pabrik Esemka tepatnya berlokasi di Dusun II, Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Pabrik Esemka berdiri di lahan seluas 12.500 meter persegi dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada bulan September 2019 lalu.

mobil nasional

Saat ini pabrik Esemka semakin lengkap setelah menambah sejumlah fasilitas untuk perakitan dan pengecatan bodi kendaraan. Hal ini diungkapkan oleh Sabar Budhi, yang kini menjabat sebagai Direktur Operasional PT Solo Manufaktur Kreasi.

“Pabrik di Boyolali saat ini sudah lebih lengkap, jadi ketika pandemi kami memang sempat stop, tapi bukan berarti tanpa perkembangan. Sekarang fasilitasnya lebih lengkap, kami tambah line untuk painting dan welding,” ujarnya dikutip Kompas.

Baca juga: Alasan Beli Mobil di Pameran Lebih Menguntungkan

Penasaran dengan kiprah mobil listrik dari Esemka? Jangan sampai ketinggalan hadir langsung ke Hall A di IIMS 2023 ya. Ingat untuk terapkan protokol kesehatan dan memakai masker saat berada di lokasi pameran.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.