Search Cars

Tips & Rekomendasi

10 Motor Tua yang Wajib Dikoleksi Untuk Investasi

Motor tua punya pesona tersendiri bagi beberapa orang, terutama bagi mereka yang memang dikenal sebagai kolektor. Bagi mereka ‘kepuasaan memiliki barang langka’ tidak tertandingi dengan apapun. 

Alasan lainnya, mengoleksi motor tua merupakan investasi jangka panjang karena harga jualnya yang tinggi. Dan lagi, tidak bisa dipungkiri, bahwa motor ini lebih tahan banting dibandingkan dengan motor pabrikan terbaru. Apalagi jika tampilan dan performanya masih sangat prima. 

Jika kamu memiliki motor ini, sangat disarankan untuk menjaga dan merawatnya dengan baik dan benar. Pasalnya, nilai motor tersebut di pasaran akan naik di tahun-tahun mendatang. 

Baca juga: Subsidi Motor Listrik Rp7 Juta Buat Pelaku UMKM, Begini Kriterianya

10 Rekomendasi Motor Tua yang Bagus Dikoleksi

Berikut ini 10 motor tua yang masih dikejar dan sangat ingin dimiliki oleh para kolektor: 

1. Honda CB100 

Popularitas Honda CB100 tak lekang oleh waktu. Dari tahun ke tahun, yang mencari motor tua besutan Honda ini makin banyak. Ini juga alasan mengapa harganya makin tahun makin mahal. Honda CB100 pertama kali diluncurkan tahun 1970-an. Popularitasnya kembali menanjak pada tahun 2022. Yakni setelah motor ini digunakan oleh Dilan dalam film terlaris Dilan 1990. 

2. Kawasaki Binter Merzy 200 

Binter Merzy 200 juga banyak dicari para kolektor. Kawasaki merilis motor ini pada periode tahun 1980-an. Harganya? Jangan ditanya lah! Mahal! Yakni bisa mencapai Rp20-30 jutaan. Barangnya di pasaran sudah sangat langka, perlu usaha keras agar kamu bisa mendapatkannya. Apalagi untuk yang kondisinya prima dan terawat. 

3. Yamaha RX King dan RX 100 

RX King dan RX 10 benar-benar jadi ‘raja’ di masanya. Keduanya sering disebut sebagai ‘anak kembar’ meski lahir di masa yang berbeda. Kini keberadaannya bisa dihitung oleh jari. Dan ini juga yang membuat harganya sangat mahal, tembus sampai Rp20.000.000 per unitnya. 

4. Vespa P150X 

Vespa P150X masuk dalam daftar motor tua populer yang diburu kolektor di Indonesia. Kepopulerannya seakan tak pernah padam, malah makin meningkat dari tahun ke tahun. Piaggio pertama kali memproduksi Vespa P150X antara tahun 1970 hingga 1980-an. Jika saja kondisinya masih prima, motor tua ini bakal dibanderol sekitar Rp60-80 juta. Gila kan!

5. Suzuki Satria Hiu 

Bisa dibilang usianya paling muda dibanding dengan para seniornya yang lain. Tapi, motor diluncurkan pada tahun 2000 ini berhasil masuk dalam jajaran motor tua yang paling dicari kolektor. 

Alasannya karena Suzuki Satria Hiu punya model khas dan performa mesin 2-tak yang sangat mumpuni. Dan ini juga generasi terakhir dari Satria 2-tak yang mengandalkan keberadaan oli samping. Keunikan inilah yang bikin harga Suzuki Satria Hiu tinggi di pasaran. 

Baca juga: Bagaimana Sih Aturan Mobil Listrik di Indonesia?

6. Vespa VBB Motor 

Kondisi Vespa VBB Motor yang masih bagus dengan dokumen yang lengkap bakal laku di pasaran dengan harga puluhan juta. Untuk diketahui, Vespa VBB diproduksi tahun 1960 dengan kapasitas mesin 150 cc. 

7. NSU Super Max 250 cc 

Motor kelahiran Jerman ini diproduksi pada tahun 1956. Bentuknya  gagah dan nyentrik, dan ini yang bikin para kolektor kesemsem. Jangan kaget ya, meski ‘tua’ harganya bisa tembus hingga ratusan juta rupiah loh.

8. Honda Benly S110 

Pabrikan Honda di tahun lawas yang masih diincar saat ini adalah Honda Benly S110. Dalam kondisi orisinil, motor tua asal Jepang\ ini bisa mencapai puluhan juta rupiah.

9. Honda Astrea Star 1986 

Motor bebek rilisan tahun 1980-an ini memang kurang disukai kalangan muda. Tapi oleh pecintanya, Honda Astrea Star punya pesona tersendiri. 

10. Motor Tua Yamaha V75 

Pesaing motor bebek Honda Astrea Star ini diproduksi sekitar tahun 1973-1981. Motor ini memiliki kapasitas mesin 75 cc dan saat ini sudah sangat jarang ditemukan di pasaran. 

Jika kamu juga salah satu kolektor motor tua, itulah daftar 10 motor tua yang patut kamu koleksi. Kamu sudah punya yang mana? 

Baca juga: Tidak Semuanya, Ini Daftar Mobil dan Motor Listrik yang Dapat Subsidi

Ayo Rawat Motor Tua Secara Teratur

Motor tua memiliki komponen-komponen yang sudah mulai aus dan berkurang elastisitasnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan secara rutin untuk menjaga performa mesin agar tetap optimal. Perawatan yang perlu dilakukan meliputi penggantian oli mesin, filter oli, dan komponen-komponen lainnya.

Motor tua yang tidak dirawat dengan baik akan lebih rentan mengalami kerusakan. Selain itu dapat menjadi salah satu sumber polutan pencemar lingkungan.

Dengan rajin merawatnya, kamu juga membuat nilai jual motor tua tetap tinggi. Hal ini karena motor tersebut memiliki performa yang lebih baik dan risiko kerusakan yang lebih rendah. Yuk, selalu rawat dan jaga performa motor tua idaman dengan rutin. 

Baca juga: Mau Beli Mobil Pertama? Cek Dulu Rekomendasi SEVA

Jika kamu tertarik membeli mobil, cek di SEVA saja ya. Platform jual beli mobil online terpercaya ini punya banyak fitur menarik yang bisa kamu manfaatkan. 

Di antaranya fitur Car Discovery Platform yang membantu merekomendasi mobil yang sesuai dengan budget dan DP kamu. Ada juga fitur Loan Calculator yang memberikan kamu informasi lengkap mengenai perhitungan biaya pembelian mobil mulai dari tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Dan terakhir, fitur Instant Approval, yang memudahkan kamu melakukan pengajuan kredit mobil baru. Yang pasti, beli mobil baru di SEVA  #JelasDariAwal.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang