Search Cars

Tips & Rekomendasi

Musim Hujan Datang, Cek Bagian Mobil ini Agar Nyaman Dipakai

Memasuki musim hujan, terkadang air bisa masuk ke dalam kabin mobil. Jangan lupa cek bagian-bagian ini agar mobil tetap nyaman.

hujan

Ketika musim hujan, mobil yang rapuh akan rentan terhadap air. Air yang masuk tersebut pada akhirnya dapat menyebabkan kebocoran pada komponen atau fitur tertentu.

Jika dibiarkan begitu saja, tentu akan membuat mobil menjadi tidak nyaman dipakai. Biasanya, air akan masuk ke dalam beberapa komponen yang ada di dalam mobil dan jika dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan. 

Bagi pemilik kendaraan, cari tahu penyebab air hujan masuk ke dalam mobil. Selengkapnya bisa cek langsung infografis berikut ya. 

hujan infografis

Untuk itu, pada saat musim hujan sebaiknya jangan lupa untuk tetap rutin melakukan pengecekan pada mobil. Bagian mana saja yang harus dilakukan pengecekan? 

1. Periksa Sistem Pelembab Kaca saat Hujan

Pastikan sistem pelembab kaca (defroster) berfungsi dengan baik. Ini membantu mencegah embun di dalam mobil, yang dapat mengurangi visibilitas karena retakan kaca juga dapat menjadi celah masuknya air ke dalam mobil.

2. Cek Sistem Pendingin Radiator

Pastikan sistem pendingin radiator bekerja optimal. Sistem pendingin yang baik membantu mencegah overheat, terutama saat kondisi lalu lintas padat atau saat berkendara dalam hujan.

3. Lindungi Interior Mobil saat Musim Hujan

musim hujan

Gunakan penutup kursi dan penutup lantai untuk melindungi interior kabin mobil dari air hujan dan kotoran. Membersihkan noda segera juga membantu mencegah kerusakan permanen pada material interior terutama pada bagian sunroof perlu rutin diperiksa agar tidak terjadi kebocoran.

4. Cek Sistem Lampu

Pastikan semua lampu eksterior berfungsi dengan baik. Lampu yang baik sangat penting untuk keamanan saat hujan, terutama di kondisi cahaya yang rendah.

5. Ganti Karet Wiper saat Musim Hujan

Ganti karet wiper yang sudah aus secara teratur. Karet pelindung juga berperan meredam air pada celah-celah yang memungkinkan air bisa masuk ke dalam mobil.

6. Hindari Genangan Air

Hindari berkendara melalui genangan air yang sangat dalam. Air yang masuk ke dalam sistem knalpot atau masuk ke dalam mesin dapat menyebabkan kerusakan serius hingga korosi.

Baca juga: Mau Ganti Cat Mobil? Cek Dulu Estimasi Biayanya

Periksa bagian-bagian logam mobil untuk tanda-tanda korosi. Segera tanggapi bila terdapat tanda-tanda kerusakan atau korosi pada bodi mobil untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Beri lapisan anti karat setidaknya 2 tahun sekali.

7. Pemeliharaan Baterai

mesin mobil

Pastikan baterai mobil dalam kondisi baik. Musim hujan dapat membebani sistem listrik, dan baterai yang lemah dapat menyebabkan masalah saat dinyalakan.

8. Simpan Kit Darurat

Selalu bawa kit darurat di dalam mobil, termasuk peralatan untuk mengganti ban, kunci roda, obat-obatan pertolongan pertama, dan sebagainya.

Baca juga: Aturan Beli BBM Subsidi Diperluas, Ini Syarat dan Caranya

Tekanan udara yang tepat pada ban sangat penting untuk traksi yang baik, terutama pada jalan yang basah. Periksa dan sesuaikan tekanan udara ban secara rutin.

Jadi, dengan merawat mobil yang tepat selama musim hujan, kamu tentu dapat meminimalkan risiko kerusakan dan memastikan keamanan serta kenyamanan saat berkendara dalam kondisi cuaca buruk.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.