Search Cars

Tips & Rekomendasi

Musim Kemarau, Benarkah Wiper Mobil Harus Diangkat Saat Parkir?

Jarang digunakan, tapi peranannya sangat penting di kala musim hujan. Begini cara merawat wiper mobil agar usianya lebih panjang.

wiper mobil

Kamu pasti pernah deh lihat wiper mobil posisinya terangkat saat sedang parkir utamanya di bawah terik matahari. Kira-kira, untuk apa ya hal itu dilakukan, fungsinya apa?

Seperti diketahui, wiper mobil memiliki peranan penting karena fungsi dalam menyapu air dan kotoran di kaca depan saat hujan. 

Komponen ini memang tidak digunakan saat musim panas, dan seringkali diabaikan atau kurang mendapat perhatian dalam cuaca demikian. Padahal wiper juga perlu dirawat agar kondisinya tetap awet dan optimal saat digunakan.

Wiper mobil awet

wiper tidak gerak

Katanya, salah satu cara agar komponen ini tetap awet selama musim kemarau adalah dengan mengangkatnya, terutama ketika mobil diparkir di area terbuka. Katanya juga ini dilakukan untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung begitu juga yang tertransfer dari kaca mobil. Apa iya? 

Baca juga: Penyebab Saluran Wiper Mobil Tidak Berfungsi dan Solusinya

Logikanya sih begitu, ya, Bahan karet pada wiper pasti akan cepat memuat dan lama kelamaan akan getas jika terus-menerus terkena panas.  

Seperti yang dikatakan Technical Leader Auto2000 Kalimalang Jakarta Timur Ekowati. Kata Eko, mobil yang tidak digunakan dan diparkir di luar (tanpa atap) di musim kemarau dalam waktu yang cukup lama, bisa memungkinkan karet pada wiper berkerak bahkan meleleh.

“Ketika terekspos matahari langsung, kaca mobil kan memanas. Panasnya itu bisa membuat karet wiper meleyot, jadi sebaiknya diangkat,” ujar Eko melansir Kompas.com, (10/3).

Tapi mengenai kebenarannya hingga kini belum ada penjelasan ilmiahnya, loh (mengangkat wiper bisa bikin karet wiper awet). Apalagi ketika posisi wiper mobil diangkat, kan, komponen ini tetap saja terkena sinar matahari langsung.

Tips merawat wiper mobil

Sama seperti komponen lainnya pada mobil, wiper mobil juga perlu dirawat secara rutin. Ini agar kualitas wiper tetap terjaga dan secara bekerja optimal. Dengan begitu kamu akan tetap merasa aman selama berkendara, terutama di kala hujan. 

Baca juga: 6 Penyebab Wiper Mobil Mati dan Solusinya

Kamu bisa melakukan perawatan pada komponen ini bersamaan saat membersihkan kaca mobil bagian depan. 

“Merawat wiper sama saja dengan merawat kaca mobil bagian depan. Kalau wiper sehat, fungsinya akan normal dan berkendara akan aman,” tambah Eko.

Tips merawatnya sangat mudah, kok. Yakni cukup dengan mengelap bagian karet wiper untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel. 

Baca juga: Apa Saja Fungsi Bumper pada Sistem Suspensi?

Usahakan kamu mengelapnya dengan wiper fluids, ya, Wiper fluids ini adalah cairan khusus pembersih wiper yang tujuannya memang untuk menghilangkan debu-debu halus yang mengumpul di sela-sela karet wiper. Wiper fluids ini bisa juga digunakan pada kaca mobil di sekitar wiper, dan tidak akan membuat kaca lecet.

Wiper yang terawat umurnya bisa lebih lama, mungkin sekitar 2 tahunan. (Sementara) wiper yang tidak dirawat, kepanasan dan kehujanan, umurnya bisa jauh lebih pendek,” tambah Eko. 

Tips kedua adalah jangan terlalu sering mengangkat komponen. Ini karena bisa membuat  pegas atau per pada wiper itu menurun kemampuannya. Pegas akan melemah dan tekanannya pada kaca mobil semakin berkurang sehingga hasil sapuannya pada air hujan jadi tidak maksimal.

Baca juga: Harga BBM Terbaru November, Pertamax Cs Kompak Turun

Nah, tips selanjutnya agar karet wiper mobil tidak mudah getas adalah hindari memarkir mobilmu di area terbuka terutama di saat musim kemarau. Di musim ini sinar matahari panasnya sangat menggila. 

Harga komponen di bengkel resmi Toyota dan Daihatsu

wiper mobil mati

Jika kamu merasa komponen ini sudah tidak ‘enak’ dipakai, coba bawa ke bengkel untuk diperiksa. Bawa ke bengkel resmi seperti bengkel Daihatsu atau Toyota. Jika memang harus ganti baru, pihak bengkel akan merekomendasikan kamu merek yang bagus dan sudah pasti asli.

Harga komponen ini sangat bervariatif, tergantung mereknya. Biasanya bengkel resmi Toyota atau Daihatsu, harga wiper dibanderol mulai dari Rp150 ribuan.    

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai wiper mobil. Bagaimana, nggak sulit kan cara perawatannya? Ayo, cek wiper-mu sekarang dan perbaiki segera jika ada masalah sebelum musim hujan datang.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.