Search Cars

Tips & Rekomendasi

Oli Mobil Palsu, Bagaimana Cara Untuk Mengetahui dan Bahayanya?

Menggunakan oli mobil palsu ternyata bisa memberikan dampak yang berbahaya. Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui bedanya?

oli mobil palsu

Ketahui perbedaan oli mobil palsu yang mungkin saja beredar di pasaran atau tidak sadar membelinya. Jangan sampai menggunakannya karena bisa memiliki dampak yang merugikan bagi kendaraan. 

Agar tidak terjadi, usahakan untuk membelinya di tempat atau bengkel yang resmi dan terpercaya. Pastikan oli yang digunakan tersebut berkualitas agar performa mesin kendaraan bisa tetap awet dan tetap terjaga. 

Cara mengetahui oli mobil palsu

oli mobil palsu

Bagi pemilik kendaraan, mungkin tidak semua mengetahui ciri-ciri oli palsu. Apalagi jika tidak memerhatikan secara teliti pada saat membelinya. 

Baca juga: 7 Mobil Rp200 Jutaan dengan Cicilannya Ramah di Kantong

Lantas, bagaimana cara mengetahui oli mobil palsu?

Cek kemasan oli

Sebelum membeli, cek terlebih dulu kemasan oli mobil yang akan dibeli tersebut apakah masih dalam keadaan tersegel atau tidak. Ciri oli palsu yang mungkin bisa dilihat adalah kemasan segel yang sudah tidak dalam keadaan utuh. 

Jika segel sudah dalam keadaan rusak atau tidak utuh, pemilik kendaraan sebaiknya harus segera curiga karena segel kemasan biasanya sulit ditiru. Itulah ciri yang bisa terlihat untuk mengetahui beda oli asli dan palsu. 

Perhatikan kode produksi 

Sering ganti merek oli mesin

Jika diperhatikan lebih dalam, kode produksi biasanya akan selalu ada pada oli asli. Kode produksi ini umumnya terletak pada tutup dan bodi kemasan sehingga pemilik kendaraan bisa membandingkan kode di dua bagian tersebut apakah sama atau tidak. 

Baca juga: Kecelakaan Tol Cipali Jadi yang Tertinggi di Dunia, Apa Sebabnya?

Pada oli palsu, kode produksi di bodi dan tutup kemasan kemungkinan tidak akan sama. Jadi, selalu perhatikan kode produksi yang tertera pada kemasan. 

Bau yang tidak biasa

Untuk mengecek oli mobil palsu atau tidak, bisa juga dengan membuka kemasannya dan mencium baunya apakah tidak biasa. Umumnya, bau aneh pada oli tersebut menandakan bahwa kualitasnya sudah tidak baik atau bahkan palsu. 

Oli mobil palsu keruh

oli mobil palsu

Selain mencium baunya, pemilik kendaraan juga bisa mengetahui ciri mobil palsu dengan melihat warnanya. Apabila sudah keruh, maka bisa dipastikan oli tersebut kualitasnya sudah tidak baik. 

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota Innova Zenix Lengkap, Berapa Cicilannya?

Oli asli dengan kualitas yang baik pada umumnya memiliki warna kuning cerah seperti minyak goreng yang masih baru. Pada umumnya oli tidak mungkin berwarna keruh atau kecoklatan, jika menemukan oli yang sudah keruh sebaiknya pemilik mobil merasa curiga. 

Dampak oli palsu

cabut stik oli

Dampak oli palsu pada mobil tentunya bisa sangat merugikan, mengingat fungsinya sangat penting yaitu untuk melumasi mesin. Mesin mobil sendiri harus mendapatkan pelumasan yang cukup agar tidak terjadi gesekan yang bisa menyebabkan suhu panas meningkat. 

Suhu panas ini jika dibiarkan bisa membuat mesin mengalami aus atau bahkan rusak. Selain itu, apa saja dampak oli palsu selengkapnya?

Menyebabkan endapan oli

komposisi oli

Secara umum, oli palsu tidak memiliki berbagai zat yang dibutuhkan untuk dapat melumasi mesin mobil dengan baik. Pada akhirnya jika digunakan terus-menerus dampak oli palsu akan menyebabkan endapan di dalam mesin mobil. 

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, Hati-Hati Ini Dampak Abu Vulkanik Bagi Mobil

Adanya endapan ini akan menumpuk dan jika dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan kinerja mesin jadi terganggu. Untuk jangka panjangnya, endapan ini bisa menyebabkan mesin mobil menjadi rusak. 

Penurunan performa mesin

matikan mesin mobil

Dampak oli palsu lainnya adalah bisa menyebabkan penurunan performa mesin jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. Salah satu yang mungkin dirasakan oleh pengendara mobil adalah tarikan pada mobil yang menjadi tidak bertenaga.

Tidak hanya itu saja, pengendara mobil juga mungkin merasakan dampak lainnya yaitu pedal gas dan rem yang menjadi lebih berat. Pada akhirnya, kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya kelumpuhan mobil. 

Baca juga: Fungsi dan Cara Menggunakan Shift Lock Saat Parkir Pararel

Ternyata penggunaan oli mobil palsu ini bisa sangat serius, apalagi jika dibiarkan terlalu lama. Jadi, lakukan beberapa tips tadi agar tidak salah membeli oli mobil ya. 

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.