Search Cars

Berita Utama Otomotif

Optimalkan Sistem Pendingin Mobil Kamu dengan Coolant Radiator yang Tepat

Mengapa Coolant Radiator Itu Penting?

Jika kamu adalah pemilik mobil, memahami pentingnya sistem pendingin kendaraan sangatlah krusial. Coolant radiator memainkan peran vital dalam menjaga suhu mesin tetap stabil. Dalam artikel ini, kita akan membahas proses mengubah air biasa menjadi coolant radiator dan bagaimana langkah-langkah ini dapat memperpanjang umur kendaraan serta menjaga performanya.

Baca Juga : Toyota Rush Generasi Ketiga di tahun 2024! Penyegaran Hybrid yang Makin Kokoh dan Elegan

Mengapa Beralih dari Air Biasa ke Coolant Radiator?

Banyak pengendara yang mungkin masih menggunakan air biasa untuk radiator mereka. Namun, air biasa tidak dapat memberikan perlindungan yang cukup terhadap karat dan overheating. Coolant radiator, di sisi lain, dirancang khusus untuk:

  • Menjaga suhu mesin tetap stabil, Coolant memiliki titik didih yang lebih tinggi, sehingga dapat mengatasi suhu ekstrim.
  • Mencegah karat, Dengan kandungan anti-karat, coolant membantu melindungi bagian dalam radiator dan mesin.
  • Meningkatkan efisiensi mesin, Dengan menjaga suhu mesin, performa kendaraan dapat meningkat.

Langkah-langkah Mengganti Air Biasa dengan Coolant Radiator

Jika kamu ingin beralih ke coolant radiator, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

1. Periksa Kondisi Radiator

Sebelum melakukan penggantian, periksa terlebih dahulu kondisi radiator. Pastikan tidak ada kerusakan, seperti sirip yang bengkok atau bekas tambalan. Jika radiator masih dalam kondisi baik, kamu bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Kuras Radiator dan Blok Mesin

Kuras radiator dan blok mesin menggunakan aditif seperti radiator flush. Jika tidak menggunakan aditif, proses pembersihan mungkin akan lebih lama. Isi radiator dengan air, nyalakan mesin selama 2-3 menit, lalu matikan dan kuras kembali hingga air yang keluar bersih tanpa deposit karat.

3. Isi dengan Coolant Lunak

Setelah kurasan terakhir bersih, isi radiator dengan coolant lunak, seperti Prestone Radiator Cool. Coolant lunak ini memiliki kandungan antifreeze yang rendah, sehingga aman untuk digunakan.

4. Top Up dengan Air Distilasi

Meskipun banyak merek menyarankan untuk tidak menambahkan air, mengencerkan coolant dengan air destilasi bisa membantu. Ini akan mencegah coolant terlalu pekat dan tetap efektif dalam mencegah karat.

5. Monitor Kebocoran dan Kinerja

Gunakan mobil selama 2-3 minggu dan pantau apakah ada kebocoran. Jika tidak ada kebocoran, lakukan pengurasan lagi. Jika air yang dikeluarkan masih kotor, kembali gunakan coolant yang lebih ringan sebelum meningkatkan dosis.

6. Tingkatkan Dosis Coolant

Setelah memastikan bahwa air dalam radiator sudah bersih, saatnya meningkatkan dosis coolant. Pilih coolant dengan titik didih tinggi, seperti Prestone Antifreeze, yang dapat meningkatkan performa pendinginan hingga 130 derajat Celcius.

Baca Juga : Memilih Kaca Film Mobil yang Tepat, Pentingkah Mengutamakan Merek dan Persentase?

isi radiator

Efek Negatif Menggunakan Air Biasa

Mengisi radiator dengan air biasa atau air keran dapat menyebabkan masalah serius. Air biasa bisa menimbulkan karat dan endapan, yang dapat merusak radiator, blok mesin, dan bahkan oli matic cooler pada mobil modern, terutama yang menggunakan turbo. Jika radiator keropos, oli dari mesin dan transmisi dapat bercampur, menyebabkan kerusakan parah pada kendaraan.

Pentingnya Pemeliharaan Berkala

Sistem pendingin yang sehat membutuhkan perawatan berkala. Periksa secara rutin tingkat coolant dan kondisi radiator. Jika coolant mulai keruh atau berkurang, segera lakukan pengurasan dan pengisian ulang.

Dapatkan Mobil Baru & Bekas dengan Mudah Melalui SEVA!

Kamu yang bekerja sebagai dokter, guru, atau karyawan Astra pasti memiliki mobilitas yang tinggi. Dari meeting di luar kantor, janji temu, hingga kebutuhan rekreasi di akhir pekan, memiliki mobil yang andal akan sangat membantu aktivitasmu.

apa itu SEVA?

Membeli mobil bekas bisa jadi solusi ideal karena kamu mendapatkan kendaraan dengan harga lebih terjangkau namun tetap bisa memenuhi kebutuhan mobilitasmu. Selain itu, dengan meningkatnya pendapatan stabil, memiliki mobil pribadi akan memudahkan kamu bergerak dengan lebih fleksibel.

Jangan lewatkan kesempatan ini! Segera kunjungi halaman promo dan temukan mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu, jangan lewatkan juga promo spesial lainnya seperti Promo Insan Astra, SEVA untuk Guru Indonesia dan Promo Dokter Indonesia hanya untuk kamu.

Kenali Coolant Radiator untuk Kendaraan Lebih Baik

Coolant radiator adalah elemen penting dalam menjaga kesehatan mesin kendaraan. Beralih dari air biasa ke coolant yang tepat bukan hanya meningkatkan performa, tetapi juga memperpanjang umur mobil kamu. Jangan ragu untuk melakukan penggantian dan pemeliharaan secara rutin agar kendaraan kamu tetap dalam kondisi prima.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang