Tips & Rekomendasi
Parkir Mobil di Tanjakan Bikin Rusak Rem Tangan, Beneran?
Parkir mobil di tanjakan kadang dilakukan pengendara saat terpaksa. Namun, benarkah hal tersebut bikin rusak rem tangan?
Posisi parkir yang ideal pada umumnya ialah lahan yang memiliki permukaan datar. Namun, akibat minimnya ketersediaan lahan parkir, membuat pengendara mobil terpaksa memarkirkan mobilnya pada lahan dengan permukaan yang tidak datar atau miring, seperti tanjakan atau turunan.
Lantas, benarkah hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada rem?Â
Memang, parkir mobil di tanjakan atau turunan sebenarnya akan berdampak pada sistem pengereman.Â
Bila terpaksa, sebagai alternatif saat parkir dengan posisi menanjak, pengendara bisa tambahkan ganjalan di belakang ban, untuk memastikan mobil tidak bergerak.
Namun ini hanya berlaku untuk sementara, tidak untuk selalu parkir di bidang miring atau tidak datar.
Sementara itu, jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, bisa membuat beban rem menjadi berat dan juga kampas rem terlalu kencang menjepit roda. Efek buruknya akan membuat perputaran menjadi sulit dan macet.
Kondisi itu baru akan terjadi jika parkir mobil di tanjakan atau turunan dalam waktu yang lama.
Oleh karenanya, sebisa mungkin mobil harus sering dipanaskan atau digerakan sehingga rem tidak menempel terus-menerus.Â
Baca juga:Â Jembatan Batam-Bintan Selesai Sebelum 2024, Jadi Jembatan Terpanjang di Indonesia
Sedangkan bila parkir pada posisi parkir miring, di mana posisi ban kanan lebih tinggi atau rendah dari kiri, lebih berpengaruh pada coil spring, begitu juga sebaliknya.Â
Sebab, mobil yang diparkir miring dalam waktu yang lama akan membebani pada satu sisi, otomatis coil spring akan lemah di satu sisi.
Saat coil spring melemah, kenyamanan berkendara akan berkurang karena redaman yang diberikan saat melewati jalan rusak atau bergelombang semakin terasa.
Tetapi, jika kamu tidak ada pilihan lain untuk memarkir mobil, ini dia beberapa cara yang harus dilakukan agar lebih aman parkir mobil di tanjakan atau turunan.
Mengaktifkan mode parkir mobilÂ
Cara ini cocok dilakukan jika kamu memiliki mobil dengan tipe matik. Aktifkan mode parkir yang tersedia pada mobil, kemudian lakukanlah penyesuaian pada tuas transmisi mobil.
Baca juga:Â Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Anti Ngantuk Saat Nyetir
Saat melakukan penyesuaian tuas transmisi, pengendara mesti menyesuaikannya dengan tingkat kemiringan jalan, apakah cukup curam atau agak landai.
Masukkan gigi pada mobilÂ
Saat mobil parkir di tanjakan atau turunan, sebaiknya masukkan gigi 1, terutama jika mobil kamu manual.
Hal itu dilakukan agar roda bisa lebih terkunci saat terparkir dalam keadaan menanjak. Cara ini hampir sama saat mengendarai mobil manual dalam posisi menurun (engine break).
Baca juga:Â Cara Membuat dan Perpanjang SIM Online Via Aplikasi Sinar
Bedanya, saat mobil parkir menurun, tidak memasukkan gigi 1. Melainkan, memasukkan transmisi mundur atau R pada mobil manual.Â
Ganjal ban dengan benda berat bila parkir mobil di tanjakan
Selain itu, kamu juga bisa melakukan cara lain yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Mengganjal ban dengan benda berat seperti balok kayu, batu bata, atau alat penahan ban juga bisa menjadi alternatif.
Fungsi dari cara ini sama seperti cara sebelumnya, yakni mengantisipasi mobil agar tidak meluncur bebas.
Nah, itu dia tips parkir mobil di tanjakan. Jika tidak terlalu mendesak, sebaiknya carilah lahan parkir dengan kondisi yang lebih ideal ya.