Review Otomotif
Part 2: 70 Tahun Land Cruiser Mengaspal di Indonesia
Yuk, lanjut baca part 2 tentang 70 Tahun Land Cruiser hadir di Indonesia
Pada part sebelumnya, sudah dibahas 6 generasi Land Cruiser yang ada di Indonesia, yaitu Toyota BJ, Land Cruiser 20, 40, 50, 60, dan 70,
Buat kamu yang belum sempat membaca part pertama dari 70 tahun Land Cruiser mengaspal di Indonesia, kamu bisa klik tautan di bawah ini.
Baca juga: Evolusi Premium SUV, 70 Tahun Sejarah Land Cruiser: Part 1
Kemudian, pada part kedua ini Seva.id kembali membahas tentang generasi Land Cruiser, tentunya yang lebih muda dan tetap bertenaga.
Mau tau lebih lanjut? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.
Land Cruiser 80
Generasi selanjutnya adalah Land Cruiser 80. Menggantikan Seri 60 di tahun 1988, Seri 80 merupakan wujud transformasi sejarah Toyota Land Cruiser dari sebuah off-roader menjadi ikon SUV mewah dan berkelas.
Desain luar begitu modern dan atraktif, panjangnya mencapai 4.970 milimeter dan lebar 1.930 milimeter untuk bermain di pasar Amerika Serikat dan Australia yang membutuhkan SUV besar dan powerful.
Baca juga:Â Sejarah Toyota Starlet hingga Berevolusi Menjadi Toyota Yaris
Dapur pacu bensin 3.955 cc 6-silinder sanggup menghasilkan tenaga sampai dengan 155 PS pada 4.200 rpm. Sementara model diesel memakai mesin 4.163 cc 6-silinder turbo bertenaga 165 PS pada 3.600 rpm.
Model bensin memperoleh unit pengganti yang lebih bertenaga di tahun 1995 dengan kedatangan mesin 4.500 cc bertenaga 215 PS.
Premium SUV ini berhasil memikat pecinta SUV di seluruh dunia berkat ketangguhan dan performanya di segala medan jalan, bahkan di kondisi alam yang sangat keras seperti di Timur Tengah yang banyak gurun pasir dan di Amerika Selatan yang diselimuti oleh hutan tropis lebat.
Land Cruiser Prado 90
Generasi kedua Prado dirilis pada bulan Mei 1996. Garis desain Land Cruiser Prado 90 mengarah ke kendaraan four-wheel drive (4WD) yang lebih berorientasi pada penumpang.
Baca juga:Â Mengenal Toyota Corolla dari Generasi ke Generasi
Jajaran dapur pacu terdiri dari mesin bensin 3.400 cc V6 185 PS dan unit diesel turbo 3.000 cc 4 silinder bertenaga 140 PS dengan tambahan intercooler. Konfigurasi drivetrain telah dialihkan dari 4WD part time ke 4WD full time.
Suspensi yang sama digunakan oleh Prado dan Hilux Surf, yang terdiri dari sistem double wishbone dan pegas koil independen untuk bagian depan dan sistem pegas koil 4 link dengan batang lateral di belakang.
Mesin bensin 2.700 cc 4 silinder 150 PS ditambahkan ke line-up di tahun 1997. Mesin diesel turbo diganti dengan unit diesel common rail 3.000 cc bertenaga 170 PS di tahun 2000.
Land Cruiser 100
Dirilis pada Januari 1998, Seri 100 meningkatkan kinerja dasar penggerak 4 roda (4WD) dan meningkatkan citra prestisius sejarah Toyota Land Cruiser sebagai premium SUV.
Baca juga:Â Sejarah Toyota Alphard, MPV Premium Terlaris di Indonesia
Untuk bodi wagon 5 pintu mempertahankan ladder frame yang kokoh, sedangkan dimensi bodi diperluas untuk meningkatkan ukuran kabin.
Mesin berkode 2UZ-FE 4.663 cc V8 bertenaga 235 PS yang digabungkan dengan transmisi otomatis 4-percepatan ECT-i. Transmisi ini diganti dengan 5-speed otomatis pada Agustus 2002.
Sistem penggerak menggunakan konfigurasi 4WD full-time dengan sub transmission. Selanjutnya, datang unit turbo diesel 4.200 cc 6-silinder bertenaga 205 PS pada 3.400 rpm dengan kode mesin 1HD-FTE.
Baca juga:Â Sejarah Toyota Corona dari Generasi ke Generasi
Sistem suspensi depan telah mengaplikasikan model independen yang lebih fleksibel melibas berbagai kondisi jalan.
Model VX Limited sebagai flagship menawarkan perangkat baru yang menggabungkan Active Height Control (AHC) dengan Skyhook TEMS.
Kemudi rack dan pinion baru diadopsi, serta rem depan dan belakang menggunakan cakram berventilasi dengan booster hidrolik. Pada bulan Desember 1998, model Cygnus dirilis.
Land Cruiser Prado 120
Rilis di bulan Oktober 2002, rangka dengan kekakuan tinggi memberikan peningkatan kemampuan manuver, stabilitas kendaraan, dan ketenangan pada Toyota Land Cruiser Prado 120.
Baca juga:Â Sejarah Toyota Camry, Mobil Wajib Pejabat Negara
Unit Torsen LSD di diferensial tengah meningkatkan kinerja on-road dan off-road.
Sistem kontrol traksi aktif (TRC) dapat melakukan penyesuaian pada kondisi berkendara menanjak atau menurun untuk meningkatkan kemampuan off-road.
Pilihan mesin termasuk unit bensin 3.400 cc V6 185 PS dan 2.700 cc 4-silinder 150 PS dan unit diesel turbo 3.000 cc.
Land Cruiser Prado 150
Prado yang telah berbagi sasis dengan Hilux Surf sejak Mei 1996, bergabung sebagai Prado generasi keempat yaitu Land Cruiser 150 pada September 2009.
Baca juga:Â Lebih Dekat Mengenal Toyota Supra dari Generasi ke Generasi
Untuk pasar domestik, hanya tersedia model sumbu roda panjang (long wheelbase), sementara model jarak sumbu roda pendek (short wheelbase) ditawarkan untuk pasar luar negeri.
Meskipun mesin dan suspensi tidak berubah, namun Land Cruiser Prado 150 dibekali dengan fitur baru crawl control system memfasilitasi mengemudi off-road dengan kecepatan sangat rendah, serta multi-terrain select system dapat mengoptimalkan pengaturan penggerak untuk kondisi off-road tertentu.
Land Cruiser 200
Seri 200 diluncurkan pada September 2007 dengan panjang dan lebar bodi masing-masing bertambah 60 milimeter dan 30 milimeter.
Baca juga:Â Hasil Uji Tabrak Toyota Corolla Cross, Bintang 5 ASEAN NCAP
Tepat di momen ini, penjualannya menembus 5,5 juta unit secara global dan tercatat dalam sejarah Toyota Land Cruiser.
Mengadopsi struktur rangka terpisah yang didesain ulang, Land Cruiser 200 menampilkan peningkatan kekakuan, daya tahan, keamanan tabrakan, dan kenyamanan interior.
Premium SUV ini dibekali dengan mesin bensin 2UZ-FE 4.700 V8 yang mendayagunakan teknologi VVT-i sehingga tenaganya naik menjadi 288 PS pada 5.600 rpm.
Lebih lanjut, Seri 200 juga menjadi SUV pertama di dunia yang dilengkapi dengan fitur crawl control untuk mempertahankan kecepatan yang sangat rendah saat berkendara di permukaan seperti batu atau pasir atau di bukit yang curam secara otomatis.
Baca juga:Â Perubahan Fitur, Varian, dan Spesifikasi Toyota New Fortuner
Transfer case baru yang diberi nama Torsen LSD merupakan standar pada semua model, di mana sistemnya dapat mengubah distribusi tenaga penggerak agar sesuai dengan kondisi jalan guna menghadirkan kinerja berkendara yang mulus dan stabil secara instan.
Seri 200 ini telah dipasarkan di lebih dari 100 negara.
Secara umum, pembagian segmen Toyota Land Cruiser meliputi heavy duty yang di dalamnya ada Seri BJ, 20, 40, 70.
Jenis station Wagon pada Seri 50, 60, 80, 100, dan 200. Terakhir light duty yang diisi oleh Seri Wagon 70, Prado 70, Prado 90, Prado 120, dan Prado 150.
Panjang ya sejarah Toyota Land Cruiser di usianya yang genap 70 tahun?