Search Cars

Tips & Rekomendasi

Penyebab Rumah Sekring Mobil Meleleh, Ternyata Cukup Sepele

Jangan sepelekan rumah sekring mobil yang terbakar. Jika didiamkan bisa berisiko fatal. Apa sebab dan bagaimana solusinya?

rumah sekring mobil

Pernah mengalami kejadian rumah sekring mobil hangus dan terbakar? Jika terjadi dipastikan bakal mengakibatkan sejumlah gangguan pada sistem kelistrikan kendaraan misalnya gangguan lampu sein, gangguan indikator mesin sampai membuat aki soak.

Seperti diketahui, sekring mobil sebagai alat pengaman rangkaian kelistrikan pada mobil dari kemungkinan adanya hubungan arus pendek sehingga terhindar dari resiko korsleting listrik yang bisa timbulkan risiko mobil terbakar.

Kumpulan sekring mobil tersebut diletakkan di dalam kotak (fuse box) atau sering disebut awam dengan sebutan rumah sekring mobil. Lalu, apa sebabnya bagian rumah sekring mobil ini bisa meleleh terbakar? 

Kerusakan rumah sekring mobil

rumah sekring mobil

Penyebab utama dari terbakarnya fuse box sebenarnya cukup sederhana. Kasus ini terjadi karena penggunaan sekring yang tidak sesuai rekomendasi pabrikan. 

Baca juga: Arti Lampu Indikator dan Lambangnya di Speedometer Mobil

Pemilik mobil biasanya mengganti sendiri sekring rusak dengan memasang sekring mobil baru yang memiliki ukuran Ampere lebih besar. Dengan menganggap Ampere besar membuat sekring lebih awet dan memiliki kinerja lebih baik dari sekring lama.

Anggapan ini memang tidak sepenuhnya salah. Hanya saja, dengan sekring berukuran Ampere besar maka saat terjadi gangguan kelistrikan maka akan membuat beban panas juga lebih tinggi. Akibatnya sekring rusak dan terbakar.

Kondisi sekring terbakar ini juga membuat soket pada fuse box rusak atau ikut hangus dan meleleh. 

Baca juga: 25 Ruas Jalan Ganjil Genap Jakarta Terbaru, Melanggar Denda Rp500 Ribu

Bagaimana solusinya? Sangat mudah. Jika kamu mengalami kondisi sekring putus, sebaiknya ganti dengan yang sesuai anjuran pabrikan. Jangan mengganti dengan kode sekring yang berbeda atau menggunakan Ampere melebihi kapasitas awal.

sekring mobil

Kamu bisa mengecek kode sekring yang putus, atau melihatnya melalui warna plastiknya. Memastikan kode sekring sesuai membuat risiko kerusakan rumah sekring mobil terhindari.

Sebagai informasi, harga rumah sekring mobil cukup mahal. Misalnya untuk mobil Toyota All New Avanza, harganya di toko online sekitar Rp2 juta. Untuk mobil Toyota Avanza lama tahun 2012-2015, harganya sekitar Rp600 ribu.

Baca juga: Cara Mengetahui Pom Bensin Terdekat Menggunakan Google Maps dan Waze

Untuk model Daihatsu Luxio dan Daihatsu Granmax harga komponen rumah sekring mobil di toko online Rp1,1 juta. Sementara mobil Daihatsu Sirion, harganya Rp1,5 juta. 

Cara cek sekring

sekring mobil

Agar terhindar dari risiko mobil terbakar akibat salah melihat kode sekring mobil yang rusak, lakukan cara pengecekan sederhana berikut ini. 

  • Cek manual

Cara ini adalah dengan mengecek sekring mobil dengan melihat secara visual. Kamu harus mencabut satu per satu sekring dan melihat apakah sekring putus atau tidak. Ini cara termudah karena dapat melihat tanda-tanda apakah sekring hangus terbakar atau tidak.

  • Cek dengan Avo Meter

Guna mencegah risiko mobil terbakar akibat masalah sekring, cek dengan alat Avo (Ampere, Volt, Ohm) meter. Arahkan jarum multimeter pada kutub sekring untuk mengukur tegangan listrik di setiap sisinya tanpa perlu melepaskan dari fuse box.

  • Memeriksa sekring utama

Pada setiap mobil dipastikan memiliki sekring utama. Tempatnya biasa terdapat di terminal baterai positif atau di rumah sekring mobil. Sekring ini terhubung ke kabel positif baterai. 

Baca juga: Dampak Mengisi Tabung Reservoir Air Radiator Mobil yang Terlalu Sedikit

Cara memeriksanya cukup mudah, karena terlihat jelas jika sekring tersebut putus (terbakar atau jejak warna hitam). Jika sekring utama putus, maka biasanya juga sekring kecil lainnya akan ikut putus.

Dengan rutin mengecek kondisinya, kamu dapat menghindari rusaknya rumah sekring mobil dan risiko mobil terbakar. Sebaiknya periksa kondisi sekring setiap melakukan servis berkala atau saat mengalami gangguan kelistrikan.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.