Search Cars

Berita Terbaru

Polisi Sebut 1.800 Peserta Diprediksi Ikut Street Race Kemayoran

Peserta Street Race Kemayoran tahun ini sudah pasti lebih banyak dibanding tahun lalu. Simak aturan yang berlaku kali ini.

street race kemayoran

Punya motor lengkap dengan SIM dan STNK motor, dan suka balapan? Kenapa nggak ikutan Street Race Kemayoran saja?

Untuk sementara, peserta yang sudah mendaftar di acara Street Race Kemayoran yang akan digelar pada 24-25 Juni 2023 nanti sudah mencapai 70 persen. Pihak penyelenggara, yaitu Polda Metro Jaya, juga mengatakan bahwa sudah ada sekitar 1.800 peserta yang akan mengikuti ajang ini. 

“Sudah dilakukan pembukaan pendaftaran kemarin dari tanggal 12 Juni. Ini sudah hampir 70 persennya ya dari target kita. Kan 1.800 ya kalau nggak salah,” kata Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan, di Polda Metro Jaya, Sabtu (17/6), mengutip Detik.com.

Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas Jelang Laga Indonesia vs Argentina, Ini Jalurnya

“Jadi ini sementara sudah hampir 70 persen sudah ada yang mendaftar. Mudah-mudahan di waktu dekat nanti, begitu sudah hari-H, 24-25 Juni, peserta sudah sesuai dengan target,” ujar Kombes Latif Usman sebelumnya Sabtu (10/6) melansir Kompas.com

Street race Kemayoran peringati HUT Ke-77 Bhayangkara

nama jalan di jakarta

Perhelatan Street Race Kemayoran ini merupakan rangkaian dari perayaan HUT ke-77 Hari Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2023. Jadi bukan bagian dari event PRJ Kemayoran. Kebetulan saja waktu dan lokasinya berdekatan.

Ini bukan kali pertama Polda Metro Jaya mengadakan street race, melainkan sudah yang keenam kalinya. Street Race Kemayoran seri ke-6 ini akan diselenggarakan pada 24-25 Juni 2023 di Jalan H Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Baca juga: Kasus Pengemudi Mobil Tabrak Pemotor di Cakung, Pentingnya Defensive Driving

Polda Metro Jaya menyelenggarakan acara ini secara rutin setiap tahunnya Kegiatan untuk menampung minat dan mengatasi persoalan balap liar yang kerap terjadi di Kota Jakarta.

Ditambahkan Latif. ajang street race ini merupakan bagian dari acara Kapolda Cup 2023. Selain Street Race Kemayoran, Latif menuturkan, Polda Metro Jaya juga menggelar beberapa kegiatan lainnya untuk memeriahkan HUT Bhayangkara tersebut.

Masih sama seperti Street Race Kemayoran tahun lalu, Latif mengatakan kategori yang diperlombakan di tahun ini masih sama. “Tentunya ini dalam rangka perayaan 1 Juli juga, nanti ada beberapa konsep kegiatan untuk mengimbangi, mendampingi daripada kegiatan street race itu,” terang Latif.

Baca juga: Perbedaan Helm Balap Mobil dan Balap Motor

Latif berharap, para pencinta otomotif dapat memanfaatkan ajang street race ini dengan mengikuti lomba. Sekaligus, harapannya acara ini juga bisa menekan angka balap liar di jalanan Jakarta.

“Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan oleh pencinta otomotif, dan ini bisa menjadi sarana wahana para pencinta yang biasa di jalanan untuk berada kita satukan di tempat, yaitu di Kemayoran pada pelaksanaan Piala Kapolda tahun ini,” imbuh Latif.

Cara mendaftar dan aturan yang harus diikuti

bayar melalui ponsel

Siapa saja bisa mendaftar di acara Street Race Kemayoran ini, tapi dengan beberapa aturan yang sudah ditetapkan Polda Metro Jaya. Di antaranya adalah: 

Baca juga: Polri Siap Kembalikan Tilang Manual Untuk Tindak Pelanggaran Tertentu

  • Wajib menggunakan helm full face 
  • Wajib menggunakan minimal jaket dan celana panjang berbahan jeans tebal atau baju overall balap 
  • Wajib menggunakan sarung tangan 
  • Wajib menggunakan sepatu 
  • Wajib memastikan rem berfungsi dengan baik 
  • Peserta yang masih di bawah umur wajib melampirkan surat pernyataan orangtua 
  • Memiliki surat-surat kendaraan, seperti STNK.

Ingat ya, motor kamu harus ada STNK, jadi bukan kendaraan bodong. Kendaraan yang bertanding seperti modifikasi motor matik, motor gede, dan lain-lain. Pendaftaran secara daring pada aplikasi REKOR, tidak dipungut biaya. 

street race kemayoran

Sebagai gambaran, kegiatan Street Race Kemayoran tahun lalu yang berlangsung akhir Agustus 2022 lalu diikuti sebanyak 1.050 peserta. Saat itu kategori kelas yang dihadirkan antara lain Mio, Bebek 4 Tak, Matic, e-bike, Ninja 2 Tak, RX King, Moge, Sunmori atau SMR. 

Baca juga: Waduh, Balapan WSBK di Mandalika Berencana Dihapus Karena Merugi

Ada juga kelas modifikasi motor. Dari kelas modifikasi motor yang diperlombakan mulai dari fashion standard, racing look, drag style, airbrush dan restorasi orisinal. 

Rencananya tahun ini event yang diadakan berbarengan dengan acara PRJ Kemayoran ini akan membuka sekitar 30 kelas kategori. Pada Minggu (18/12) kemarin, sudah ada beberapa peserta pre-event street race yang menjajal kecepatan sepeda motornya pada lintasan balap sepanjang 500 meter di Jalan H Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Mudah-mudahan tujuan Polda Metro Jaya mengadakan event ini benar-benar bisa mengurangi aksi balap liar di jalan raya, ya. Sekaligus, bisa jadi hiburan unik dan berbeda bagi masyarakat Kota Jakarta. 

Baca juga: Tilang Manual Berlaku Kembali, Apa Tujuan Pihak Kepolisian?

Jangan lupa sekalian mampir ke PRJ Kemayoran, dan sebaiknya gunakan transportasi umum (Trans Jakarta) untuk membantu mengurangi kepadatan jalan dan polusi udara.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.