Search Cars

Berita Utama Otomotif

Polri Menggelar Operasi Ketupat 2023, Kapan Mulai Berlakunya?

Operasi Ketupat 2023 akan digelar Polri untuk menyambut lebaran tahun ini untuk mencegah kemacetan. Kapan mulai berlaku?

operasi ketupat 2023

Persiapan Operasi Ketupat 2023 sudah mulai dilakukan oleh pihak Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Salah satu tujuannya adalah untuk melakukan pengamanan dalam arus mudik dan balik selama lebaran agar tetap aman dan lancar. 

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang selalu dilakukan oleh Polri ketika menjelang Hari Idulfitri. Operasi Ketupat 2023 ini disebutkan akan berlangsung selama 14 hari dari hari pertama pelaksanaan.

Kapan Operasi Ketupat 2023 mulai berlaku?

lalu lintas arus mudik

“(Operasi Ketupat 2023 digelar) Hari H-7,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dikutip dari Kompas.com. Ia juga menambahkan bahwa sampai saat ini pihaknya masih pihaknya terus melakukan persiapan agar lebih matang. 

Baca juga: Total Penjualan 39 Ribu di Awal Tahun, Daihatsu Sigra Jadi Favorit

Untuk persiapan, pihak Polri akan melakukannya bersama dengan Kemenhub, Bina Marga, dan pengelola jalan tol. Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Irjen Firman Shantyabudi juga memastikan Polri akan menyiapkan skema rekayasa lalu lintas selama lebaran 2023. 

Rekayasa lalu lintas ini nantinya akan diberlakukan pada beberapa area. “Untuk Operasi lebaran pasti akan ada rekayasa-rekayasa lalu lintas (di jalan) dan penyeberangan (Pelabuhan) Merak,” ujarn Firman. 

Skema Operasi Ketupat 2023

jadwal one way mudik

Pihak Korlantas Polri nantinya akan melakukan beberapa skema rekayasa lalu lintas yang berlaku selama lebaran 2023. Skema yang akan dilakukan di antaranya adalah one way (satu arah) hingga contra flow (lawan arus). 

Baca juga: Toyota Yaris Facelift Dikenalkan di Thailand, Bagaimana Spesifikasi dan fiturnya?

Menjelang momentum lebaran 2023 ini, Korlantas Polri juga sudah melakukan persiapan pengamanan lalu lintas. Untuk persiapannya, pihak Korlantas Polri sudah melakukan survei ke sejumlah ruas jalan. 

Menjelang momentum lebaran tahun ini, Korlantas juga telah melakukan persiapan pengamanan lalu lintas melalui survei ke sejumlah ruas jalan. Ruas Jalan Pantai Selatan Banten sampai dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Kemudian Ruas Jalan Pantai Utara Jakarta sampai dengan Semarang, Ruas Jalan Tol dari Jakarta sampai dengan Surabaya. Sampai ruas jalan menuju ke Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan.

Perjalanan mudik 2023 didominasi transportasi darat

jalan tol

Beberapa waktu lalu, Kemenhub juga melakukan survei dan memprediksi kendaraan yang akan digunakan pemudik. Kemenhub memprediksi bahwa pada Idulfitri 2023 ini akan lebih didominasi oleh pengguna transportasi darat. 

Baca juga: First Impression dan Spesifikasi Lexus RX450h+, PHEV Paling Canggih

Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa mobil pribadi diprediksi akan menjadi kendaraan yang paling banyak digunakan selama Idulfitri nanti. Jumlahnya sebesar 22,07 persen atau sekitar 27,32 juta masyarakat yang akan menggunakannya pada mudik lebaran 2023. 

Kemudian di posisi kedua jenis kendaraan yang akan banyak digunakan oleh pemudik lebaran 2023 adalah sepeda motor. Berdasarkan survei tersebut, perkiraan jumlahnya mencapai 25,13 juta orang atau sebesar 20,3 persen.

Selain mobil pribadi dan motor, survei Kemenhub juga memprediksi penggunaan transportasi umum juga akan banyak dipilih. 

Baca juga: Fungsi Bahu Jalan Tol, Bukan Buat Menyalip dengan Arogan

Transportasi umum tersebut adalah bus yaitu 22,77 juta orang (18.39 persen), kereta api antarkota 14,47 orang (11,69 orang), dan mobil sewa mencapai 9,53 orang (7,7 persen).

Mudik aman dengan Astra Siaga lebaran 

lokasi Astra Siaga Lebaran

Agar mudik 2023  tetap nyaman, kamu tidak perlu khawatir karena akan ada Astra Siaga lebaran. Pada tahun ini, Astra Siaga lebaran akan kembali hadir agar perjalanan mudik tahun ini lebih aman dan nyaman. 

Tahun lalu, Astra Siaga lebaran hadir mendukung arus mudik dengan jumlah 115 bengkel siaga siap membantu para pemudik. 

Astra Siaga lebaran juga memiliki berbagai fasilitas yang lengkap, mulai dari cek kesehatan sampai pengecekan kondisi kendaraan yang digunakan. Bagaimana, apakah sudah siap menyambut lebaran 2023 nanti?

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.