Search Cars

Baru

Polusi Udara Kota Jakarta Makin Parah, Ternyata Ini Penyebabnya

Kota Jakarta sedang tidak baik-baik saja. Polusi mengepung di udara dan menyebabkan masalah kesehatan bagi warganya. Apa sebabnya?

kota Jakarta

Beberapa bulan ini banyak pihak yang menyatakan bahwa kondisi udara di Kota Jakarta sudah tak sehat. Saking berbahayanya, banyak bayi dan balita yang bolak-balik terserang batuk-pilek, bahkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta saja sampai menerapkan sistem hybrid working pada para pegawainya.

Apakah benar kualitas udara di kota Jakarta sudah separah itu? 

Situs IQAir juga menyebutkan, Senin (21/8) sekitar pukul 10.00 WIB, indeks udara Kota Jakarta dalam kategori tidak sehat. Dan berdasarkan catatan Particulate Matter 2.5 (PM2,5) konsentrasi polutan Kota Jakarta adalah sebesar 72,8 mikrogram per meter kubik (μg/m³).

Baca juga: Daftar Motor yang Diperkenalkan di GIIAS 2023, Ada Apa Saja?

Memang, PM 2.5 bisa meningkat karena udara panas dan kebakaran. Tapi salah satu yang juga menyebabkannya adalah polusi udara

Mengutip Epa.gov, saat melihat udara Kota Jakarta dengan mata telanjang, PM 2.5 terlihat lebih gelap dan kabur. PM 2.5 sendiri terbentuk dan terdiri dari ratusan bahan kimia berbeda, yang bisa dilihat jelas jika memakai mikroskop elektron. 

PM 2.5 ini terbentuk di atmosfer oleh karena reaksi bahan kimia, seperti sulfur dioksida dan nitrogen oksida. Jenis polutan ini terbentuk dari pembuangan pembangkit listrik, industri, dan juga emisi karbon kendaraan

Gangguan kesehatan akibat polusi udara

polusi udara

Tingginya tingkat polusi udara ini, menurut WHO, bisa menyebabkan banyak sekali masalah kesehatan. Di antaranya gangguan saluran pernafasan seperti infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), kanker paru- paru, kardiovaskular, kematian dini, dan penyakit paru-paru obstruktif kronis. 

Baca juga: Apa Saja Mobil Terbaik GIIAS 2023 Pilihan Netizen SEVA? Cek Disini

Jadi wajar saja, ya, jika banyak bayi dan balita yang belakangan mengalami batuk-pilek dan tak kunjung sembuh karena memang polusi udara di Kota Jakarta belum teratasi dengan optimal, ya. 

Bahkan seperti dilansir CNBC Indonesia (21/8), masalah polusi udara ini jadi salah satu dari 10 penyakit terbesar yang dibiayai JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) hingga menghabiskan anggaran negara Rp10 triliun.

IQAir bahkan menyebut, polusi udara menyebabkan 8.100 kematian di Kota Jakarta selama 2023, dan membawa kerugian sebesar US$2,1 miliar atau sekitar Rp32,09 triliun.

Baca juga: 25 Titik Akan Berlaku Sistem Jalan Berbayar di Jakarta, di Mana Saja?

Hal ini sesuai dengan data yang dirilis Organisasi kesehatan global Vital Strategies dan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta pada 27 Februari 2023 yang memprediksipolusi udara di Kota Jakarta berpotensi menyebabkan lebih dari 10.000 kematian dan 5.000 orang dirawat karena penyakit penyakit kardiorespirasi setiap tahunnya. Duh, serem, ya!

Atasi polusi udara di Kota Jakarta 

wfh karyawan finansial

Kondisi ini tentu harus segera diatasi dengan serius. Sejauh ini pemerintah pusat dan daerah sudah melakukan beberapa cara untuk mengatasi polusi udara di Kota Jakarta. Beberapa di antaranya adalah:

Baca juga: Jakarta Akan Kembali Terapkan WFH Untuk Kurangi Polusi Udara

  • WFH

Pemprov DKI Jakarta berencana menerapkan hybrid working. Yaitu penerapan work from office (WFO) dan work from home (WFH) dengan komposisi 50:50. Sistem WFH di lingkungan Pemprov DKI Jakarta sudah diterapkan sejak Senin (21/8/2023) kemarin.

Yang diiharapkan dari WFH ini adalah mengurangi jumlah emisi karbon yang berasal dari kendaraan pribadi yang beroperasi selama hari kerja. 

  • Transisi ke mobil listrik

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengajak seluruh masyarakat, khususnya yang ada di kota besar untuk menggunakan mobil listrik.

Baca juga: Fitur Unggulan dalam Mobil Listrik Murah di Indonesia

Oleh karena kinerja kendaraan elektrifikasi menggunakan energi listrik, maka emisi karbon yang dihasilkan pun lebih rendah. 

Untuk menyukseskan program elektrifikasi ini, pemerintah sampai memberikan subsidi untuk setiap pembelian motor dan mobil listrik.

  • Uji emisi
uji emisi akbar

Pemprov Kota Jakarta mewajibkan seluruh pemilik kendaraan untuk melakukan uji emisi untuk mengurangi volume emisi karbon pada kendaraan. 

Baca juga: Tahapan Uji Emisi Bagi Kendaraan Pribadi

Bagi pemilik yang lalai uji emisi, ada sanksi denda yang menanti jika kebetulan berhadapan dengan petugas polisi, nih. Yakni, polisi akan mengenakan sanksi tilang dengan denda Rp250.000 untuk motor dan Rp500.000 untuk mobil. 

Selain tilang polisi, kamu juga bisa dikenakan denda pajak yang dibebankan saat membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Ditambah lagi, kendaraanmu akan dikenakan tarif parkir lebih mahal menjadi Rp7.500 per jam jika belum melakukan atau tidak lolos uji emisi. Tarif parkir ini berlaku progresif dan sudah diterapkan di 11 lokasi parkir di Kota Jakarta.

Mulai sekarang yuk berkontribusi aktif dengan beralih ke moda kendaraan listrik guna menekan polusi udara.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.