Search Cars

Berita Utama Otomotif

Ratusan Mobil Listrik Siap Meramaikan Perhelatan KTT ASEAN di Jakarta

Gelaran KTT ASEAN akan berlangsung pada tanggal 5-7 September 2023 mendatang. Kendaraan apa saja yang akan ikut meramaikan?

KTT ASEAN

Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN ke-43 akan digelar di Jakarta pada 5-7 September 2023. Pemerintah siap menghadirkan ratusan mobil listrik untuk meramaikan kegiatan kenegaraan ini.

Hal ini dijelaskan langsung oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Setya Utama. Menurutnya, penggunaan mobil listrik untuk para pemimpin dan delegasi lainnya ini menjadi langkah penting. 

Baca juga: Mobil Pejabat Lewat Bahu Jalan Tol, Bolehkah Ditilang?

Tujuannya adalah untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia tidak hanya memiliki infrastruktur yang canggih. Akan tetapi juga berkomitmen pada transportasi berkelanjutan.

Selain itu, hal tersebut juga sejalan dengan upaya Indonesia menuju penggunaan energi baru terbarukan yang ramah lingkungan. Hal ini bertujuan untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) pada 2060 mendatang.

Terdapat 800 kendaraan listrik pada KTT ASEAN

KTT

Setya menjelaskan, ada total 800 unit kendaraan listrik yang digunakan pada KTT ASEAN ke 43 ini. Di antaranya adalah 560 unit mobil listrik dan 240 unit sepeda motor listrik.

Setya merinci, para pemimpin negara akan menggunakan BMW i7 sebanyak 24 unit, sementara para menteri dan pejabat senior akan menggunakan 76 unit Toyota BZ4x.

Di samping itu, ada 52 unit Hyundai Ioniq 6 untuk pasangan delegasi dan VVIP cadangan, serta 208 unit Hyundai Ioniq 5 yang akan digunakan oleh protokol dan keamanan, serta 150 unit Wuling AirEV untuk operasional.

“Kebetulan Ioniq 6 ini memang sesuai dengan kriteria yang kami minta, yaitu kendaraan listrik yang nyaman, memiliki daya jelajah cukup bagi aktivitas KTT, serta pengisian daya cepat,” ucap Setya dikutip Kompas.com.  

Baca juga: Simak Ya, Alternatif Jalur Lalu Lintas Saat KTT ASEAN Digelar

Penggunaan mobil listrik sendiri karena dianggap cocok untuk memenuhi mobilitas selama KTT ASEAN ke-43. Mobil listrik dikenal memiliki daya jelajah sampai 500 kilometer dalam sekali pengisian daya penuh. 

Hadir juga motor listrik

subsidi motor listrik

Selain mobil, ada juga patwal unit sepeda motor listrik yang akan digunakan untuk pengawalan rangkaian pemimpin dari bandara ke venue oleh personel TNI/Polri.

“Ini bukan hanya semata-mata tentang mobilitas yang ramah lingkungan, tetapi juga tentang menciptakan kesan positif terhadap para delegasi dan menyampaikan komitmen Indonesia terhadap lingkungan dan teknologi berkelanjutan,” tegasnya.

Disiapkan juga MRT

Indonesia juga mengintegrasikan MRT dalam mobilitas delegasi.

“Delegasi akan menggunakan MRT untuk mengakses lokasi penting seperti kantor ASEAN dan GBK, menggambarkan pentingnya kerja sama regional yang mengakar pada kebutuhan sehari-hari,” imbuh Setya.

Baca juga: Waktu Operasional LRT Tidak Sampai Malam, Catat Jadwalnya

Ia mengungkapkan rencana penggunaan MRT yang tetap memberikan aksesibilitas nyaman dan efisien. Upaya ini sejalan dengan komitmen Indonesia untuk menjadikan transportasi publik berbasis rel sebagai alternatif yang berkelanjutan.

“Dalam upaya mengurangi kebutuhan shuttle dari hotel, rencana telah disusun untuk menyediakan mobil shuttle dari pintu 7 GBK. Dengan adanya shuttle ini, diharapkan para delegasi yang menggunakan MRT dapat mencapai venue dengan mudah,” papar dia.

Venue KTT Asean ke-43

KTT ASEAN 2023

Dari sisi persiapan venue, Setya menyampaikan bahwa persiapan infrastruktur pendukung sudah dijalankan sejak pengumuman Keketuaan Indonesia pada Oktober 2022. Persiapan ini meliputi berbagai detail mulai dari aspek teknis hingga estetika, seperti pemasangan karpet dan penataan ruangan.

Baca juga: The All New Lexus LM Hybrid Diluncurkan pada Ajang GIIAS 2023

“Lokasi utama KTT akan berfokus di Jakarta Convention Center (JCC), dengan dua lokasi utama lainnya,” sebutnya.

Dua lokasi utama lainnya antara lain Hutan Kota GBK untuk acara Gala Dinner pada 6 September mulai pukul 6 sore hingga malam hari. Selain itu, ada juga program untuk para pasangan delegasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Jadi, bagaimana menurut kamu tentang penggunaan kendaraan listrik pada KTT Asean ke-43 di Jakarta?

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.