Search Cars

Berita Terbaru

Rekayasa Lalu Lintas Jelang Laga Indonesia vs Argentina, Ini Jalurnya

Polda Metro Jaya menyiapkan beberapa skema rekayasa lalu lintas jelang pertandingan sepakbola Indonesia vs Argentina. Ini alurnya.

rekayasa lalu lintas

Jelang uji coba FIFA Matchday pertandingan sepakbola Indonesia vs Argentina, Senin (19/6), Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas

Laga ini akan diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/6) pukul 19.00 WIB. Sesuai jadwal, kick off pertandingan bakal digelar pukul 19.30 WIB. 

Diprediksi, penonton dan pendukung kedua negara sudah diprediksi akan memenuhi kawasan GBK Senayan sejak siang.

Baca juga: Penyebab Saluran Wiper Mobil Tidak Berfungsi dan Solusinya

Seperti diketahui, kapasitas Stadion Utama GBK Senayan lebih dari 77.000 orang. Jadi bisa kamu bayangkan, akan sepadat apa lokasi tersebut saat laga berlangsung. Bila pihak kepolisian tidak melakukan rekayasa lalu lintas dan juga pengamanan di sekitar stadion, kemacetan bahkan masalah yang lebih besar dari itu sangat mungkin terjadi. 

Rekayasa lalu lintas dan pengamanan

polisi lalu lintas

“Kami sudah melaksanakan TFG (tactical floor game) atau peran seluruh personel untuk mensimulasikan pengamanan di lapangan. Insya Allah pengamanan kita sudah siap,” ujar Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan mengutip Antara.com

Guna menghindari kemungkinan kepadatan kendaraan dan kemacetan parah, Doni mengatakan pihaknya sudah mengagendakan rekayasa lalu lintas dan petugas untuk mengatur rambu lalu lintas. 

Baca juga: BMW Menjadi Pelopor Kendaraan Listrik Premium di Indonesia, Berapa Banyak Penjualannya?

Ia juga mengimbau agar sebisa mungkin masyarakat menghindari area atau menunda aktivitas yang yang lokasinya ada di sekitaran GBK Senayan. 

Satu lagi, disarankan seluruh penonton dan suporter yang menyaksikan pertandingan di Stadion Utama GBK Senayan untuk naik kendaraan umum menuju lokasi.  

“Kalau bisa datang ke GBK tidak menggunakan kendaraan pribadi untuk mengurangi jumlah kapasitas parkir maupun kapasitas kepadatan di lokasi,” imbau Doni. 

Skema rekayasa lalu lintas pertandingan sepakbola Indonesia vs Argentina

lionel messi

Rekayasa lalu lintas yang diterapkan Ditlantas Polda Metro Jaya adalah dengan mengalihkan sejumlah titik di sekitar Stadion Utama GBK Senayan. 

Baca juga: Catat Tiga Jenis Sanksi Bagi Pemilik Kendaraan yang Tidak Uji Emisi

Hal ini kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko hanya berlaku sementara dan situasional. Artinya, tergantung pada situasi dan kondisi di lapangan selama gelaran laga Indonesia vs Argentina berlangsung. 

“Iya, kita siapkan rekayasa lalu lintas terkait pertandingan tersebut,” kata Trunoyudo, Sabtu (17/6), melansir Kompas.com

Berikut ini skema rekayasa lalu lintas saat pertandingan sepak bola Indonesia vs Argentina menurut laman NTMC Polri:   

Baca juga: Home Charging Lebih Diandalkan daripada SPKLU, Ini Penjelasan PLN

  • Arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi.
  • Arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju Layang Landokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda.
  • Arus lalu lintas yang dari Bundaran Senayan yang akan menuju Jalan Pintu Satu Senayan diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi.
  • Arus lalu lintas dari Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya.
  • Arus lalu lintas dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang akan menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar.
  • Arus lalu lintas dari arah Jalan Tentara Pelajar yang akan menuju Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau.
  • Arus lalu lintas arah Manggala Wanabakti yang akan menuju Jalan Lapangan Tembak diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar.

Masyarakat pengguna jalan yang akan melintasi area tersebut dihimbau mematuhi aturan dan rambu lalu lintas serta arahan petugas di lapangan. 

Tagar TimnasDay ramai di media sosial

rekayasa lalu lintas timnasday Indonesia

Sejak awal pertandingan Indonesia vs Argentina ini diwacanakan oleh Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali pada pertengahan Maret lalu, pecinta fanatik timnas Argentina, khususnya Lionel Messi, di Tanah Air sudah tak sabar lagi menanti matchday ini. 

Baca juga: Waduh, Balapan WSBK di Mandalika Berencana Dihapus Karena Merugi

Bahkan tagar Timasday (#TimnasDay) makin gencar dikampanyekan di berbagai platform media sosial dan menjadi trending topic

Tak hanya itu, selang beberapa detik penjualan tiket Timnasday dibuka, langsung ludes hanya dalam beberapa menit untuk semua kategorinya. Padahal harga tiketnya terbilang tidak murah juga, yaitu dari Rp600.000 hingga Rp4.250.000. 

Sayangnya, belakangan diketahui bahwa jagoan timnas Argentina, Messi, tidak turut hadir dalam pertandingan persahabatan ini. Tapi itu tidak mengurangi antusiasme fans fanatik Messi dan juga timnas negara tersebut.

Baca juga: Kualitas Udara Jakarta Terus Menurun, Apa Langkah Antisipasi dari Pemerintah?

Semoga pertandingan bisa berlangsung dengan lancar, ya. Dan kamu yang sudah membeli tiketnya, perhatikan skema rekayasa lalu lintas yang sudah diinformasikan Ditlantas Polda Metro Jaya agar perjalananmu menuju GBK Senayan juga lancar. 

Selamat menonton! Pastikan selalu patuh pada arahan petugas, ikuti petunjuk rambu lalu lintas agar lancar dan tertib di jalan.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.