Search Cars

Editor's Pick

Rekayasa Lalu Lintas Malam Tahun Baru 2023 di Sejumlah Wilayah

Pada malam Tahun Baru 2023 nanti akan dilakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas. Dimana saja?

malam tahun baru 2023

Persiapan menjelang malam Tahun Baru 2023 sudah mulai dilakukan oleh pihak kepolisian. Pemberlakuan rekayasa lalu lintas ini dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas yang biasanya terjadi pada masa-masa liburan akhir tahun

“Pada saat memang situasi sangat padat khususnya di jalan tol tentu akan tetap dilakukan proses rekayasa mulai dari contra flow sampai dengan one way atau satu arah,” ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dikutip dari NTMC Polri. 

Sigit memastikan rekayasa lalu lintas itu nantinya akan disosialisasikan ke masyarakat. Sosialisasi itu diberikan agar warga tidak terganggu rekayasa lalu lintas yang diterapkan.

Rekayasa malam Tahun Baru 2023

Rekayasa lalu lintas pada malam Tahun Baru 2023 dilakukan di beberapa wilayah Indonesia. Ada dimana saja? 

Depok 

depok

Dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2023, pihak Satlantas Polres Metro Depok menerapkan sejumlah uji coba rekayasa lalu lintas (lalin) di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat. 

Baca juga: Rest Area Arah Jakarta, Mana Saja yang Paling Nyaman

Kasat Lantas Polres Metro Depok AKBP Bonifacius menjelaskan bahwa rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan adalah dengan menutup u-turn atau putar balik yang berada di depan showroom Toyota karena cukup banyak pengendara yang melawan arus di sekitarnya. 

“Kalau dari arah selatan padat dan banyak yang memutar di Toyota, ekornya sampai lampu merah. Makanya coba kita geser ke Mares supaya agak jauh dan posisinya di tengah agar yang dari utara dan selatan kalau mau berputar imbang,” ucapnya dikutip dari Kompas.com. 

Semarang-Solo

semarang

Menjelang libur Tahun Baru 2023 diprediksi akan ada 21,5 juta pemudik yang datang ke Jawa Tengah. Untuk itu pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah sudah menyiapkan skenario pengalihan arus dan rekayasa lalu lintas di jalan tol, pantura, jalur selatan, dan arteri.

Baca juga: Wisata Jawa Tengah, Siapkan e-Money Tarif Tol Jakarta Semarang

Salah satu titik kemacetan ada di ruas Tol Semarang-Solo. Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Agus Suryo Nugroho menyebut kepadatan arus lalu lintas akan dipecah untuk menghindari antrean kemacetan yang panjang.  

“Lima jalur kita siapkan. Arah dari Jakarta akan diberlakukan one way. Skenario terburuk, lalu lintas yang padat kita pindahkan ke arteri,” kata Agus, Senin (19/12/2022) di Mapolda Jawa Tengah. 

Pada libur Nataru nanti, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah memperkirakan bahwa puncak kepadatan arus mudik bakal terjadi pada 23-24 Desember 2022. 

Malam Tahun Baru 2023 di Jakarta

jakarta

Pada perayaan malam Tahun Baru 2023 di Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal menutup Kompleks Monumen Nasional (Monas). 

Baca juga: Biar Healing Makin Asyik, Cek Jadwal Ganjil Genap Puncak!

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan, perayaan malam pergantian tahun 2023 akan dipusatkan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Mengenai penutupan Monas ini, Heru menyebut tidak ada alasan khusus. 

Selain TMII, sejumlah lokasi seperti Sudirman – Thamrin sampai Blok M nantinya juga akan ada kegiatan untuk menyemarakkan malam Tahun Baru 2023. 

Tak hanya itu saja , Pemprov DKI juga akan menggelar car free night pada 31 Desember 2022. Car free night tersebut nantinya akan dimulai dari daerah Thamrin sampai dengan daerah Sudirman. 

Baca juga: Tarif Tol Jakarta Bandung Terbaru, Jangan Sampai Salah Ya!

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata, menjelaskan bahwa untuk menyebar kerumunan saat car free night nantinya akan ada panggung musik dengan genre yang berbeda dan berkoordinasi dengan pihak Polda Metro Jaya. 

Kawasan Puncak

ganjil genap puncak

Pemberlakuan ganjil genap Puncak akan diberlakukan selama libur Nataru oleh Polres Bogor. Nantinya akan diberlakukan rekayasa lalu lintas one way dan pemberlakuan ganjil genap yang mulai berlaku pada Minggu, 18 Desember 2022. 

Mengenai jadwal ganjil genap Puncak ini dijelaskan langsung oleh Kanit Turjawali Polres Bogor, Ipda Ardian Novianto. “Petugas juga memberlakukan ganjil genap mulai pukul enam pagi hingga pukul delapan pagi,” ujarnya dikutip dari website NTMC Polri.

Baca juga: Jakarta-Surabaya, Siapa Mobil LCGC Paling Irit BBM?

Selain ganjil genap, nantinya juga akan dilakukan penutupan total pada 31 Desember 2022 mendatang. Jadwal penutupannya dimulai dari 31 Desember 2022 pada pukul 18.00 WIB sampai 1 Januari 2023 pukul 06.00 WIB. 

Nah, buat masyarakat yang ingin bepergian selama masa-masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 ini sebaiknya selalu mengecek informasi terbaru ya. Dengan begitu liburanmu akan tetap aman dan nyaman. 

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang