Search Cars

Baru

Sebelum Pergi Liburan, Kenali 6 Macam Kartu Untuk Bayar Tol

Inilah beberapa kertu elektronik yang bisa digunakan untuk bayar tol. Yuk, siapkan saldo elektronikmu sebelum berangkat liburan.

liburan

Jaman sekarang mau ke manapun, seperti ke kantor, jalan-jalan santai, atau liburan, sepertinya sudah wajib sedia e-money ya. E-money (uang elektronik) banyak jenisnya, ada yang berupa kartu, ada juga yang terintegrasi dengan smartphone

Baiknya sih kamu menyediakan kedua-duanya, sekadar mengantisipasi ponsel kehabisan baterai atau kartu hilang

Uang elektronik sudah bisa digunakan untuk segala macam transaksi. Mulai dari membayar belanjaan, makan-minum, tiket tempat wisata saat liburan hingga bayar tol. Selama saldo cukup, segala transaksi pasti sukses dilakukan. 

Jenis kartu elektronik yang bisa dipakai saat liburan

bayar Flo

Tren digitalisasi ini pun mendorong perbankan untuk mencetak kartu elektronik mereka masing-masing. Berikut ini jenis-jenis uang elektronik dalam bentuk kartu yang bisa kamu gunakan untuk membayar tol saat liburan: 

  1. E-Money Mandiri 

E-Money diterbitkan Bank Mandiri untuk digunakan membayar banyak hal, seperti jalan tol, Transjakarta, Transjogja, Commuter Line, MRT Jakarta, LRT Jakarta, parkir, serta beberapa merchant (Indomaret, Alfamart, dan lainnya). 

  1. BCA Flazz

BCA Flazz merupakan uang elektronik yang diterbitkan BCA. Kamu bisa menggunakan BCA Flazz untuk bayar tol, Commuter Line, SPBU, hingga berbelanja di berbagai pusat perbelanjaan dan makan di restoran. 

  1. BNI TapCash 

BNI juga menerbitkan uang elektronik dalam bentuk kartu yang dinamakan BNI TapCash yang kegunaannya juga bisa untuk bayar tol dan transaksi lainnya seperti membayar parkir, Commuter Line, belanja serta lainnya. 

  1. BRI BRIZZI 

Kartu ini diterbitkan oleh bank BRI sebagai alat pembayaran yang sah untuk berbagai keperluan seperti; berbelanja di tempat-tempat ternama, dan yang terpenting bisa digunakan untuk membayar Tol. 

  1. Indomaret Card 

Secara khusus, retail ini menerbitkan kartu pembayaran untuk para member atau konsumennya yang sekaligus bisa mengumpulkan poin yang dihasilkan setelah berbelanja. Tapi kemudian, kartu ini juga bisa digunakan membayar segala kebutuhan. 

Baca juga: Malas Isi BBM, Apa Efek Tangki Bensin Sering Kosong?

Untuk mengakomodir hal ini, Indomaret bekerjasama dengan Bank Mandiri, sehingga peranan Indomaret Card tidak jauh berbeda seperti E-Money Mandiri. Yakni bisa digunakan untuk bayar tol, parkir, Commuter Line dan lainnya. 

  1. E-Toll Card 

E-Toll Card ini sudah diterbitkan Jasa Marga jauh sebelum masa pandemi Covid-19, yaitu tahun 2009. Memang saat itu hanya beberapa gerbang tol saja yang bisa menggunakan kartu ini. Tapi sekarang sudah semua gerbang tol wajib memberlakukan pembayaran dengan E-Toll Card atau kartu e-money

Bayar tol tanpa sentuh

stiker RFID bayar tol

Bahkan sekarang sudah ada pembayaran tol yang lebih canggih lagi, yaitu pembayaran menggunakan aplikasi pembayaran tol non-tunai teknologi nirsentuh atau Single Lane Free Flow (SLFF) berbasis Radio Frequency Identification (RFID). Ini adalah sistem yang memungkinkan pembayaran tol dilakukan jarak jauh (tapless) dari gerbang tol. 

Baca juga: Penghapusan Pajak Progresif Kendaraan, Apa sih Untungnya?

Caranya, stiker RFID dipasang di lampu depan kendaraan. Mendekati gerbang tol, chip pada stiker akan terhubung pada aplikasi Let It Flo dan saldo e-money kamu otomatis berkurang tanpa kamu perlu tap lagi (tapless). 

Sama seperti Indomaret, Jasa Marga juga bekerjasama dengan Bank Mandiri dalam menerbitkan E-Toll Card. Sehingga kamu juga bisa menggunakan kartu ini berbelanja di tempat-tempat yang terkoneksi dengan E-Money Mandiri.

Tips persiapan kartu elektronik sebelum liburan

pemakaian kartu kredit

Jadwal liburan tinggal menghitung hari. Yuk, persiapkan kartu elektronikmu!

Baca juga: Wajib Tahu, Cek Tarif Jalan Tol Bisa Online Loh

Pertama, cek saldo dan isi kartu elektronikmu sesuai dengan kebutuhan liburan. Kamu bisa mengisi saldo kartu elektronik melalui ATM atau merchant yang bekerja sama dengan penerbit kartu. 

Kedua, oleh karena penggunaannya bakal sering, simpan kartu elektronik di tempat yang mudah kamu lihat dan aman. Khusus karto tol, ada baiknya simpan di dasbor mobil sehingga memudahkanmu mengambil dan menyimpannya kembali saat transaksi membayar tol. 

Ketiga, minimal kamu punya 2 karu tol. Satu khusus untuk membayar tol, dan yang satunya lagi untuk berbelanja, makan, dan lainnya. Ini untuk mencegah kartu tolmu kehabisan saldo atau hilang di tengah jalan. 

Baca juga: Pahami Lagi Aturan Poin SIM yang Bakal Diterapkan Polisi

Keempat, selalu jaga kondisi kartu agar tidak rusak, terutama di bagian chip-nya. Kerusakan pada kartu elektronik biasanya disebabkan terlipat di dompet, kepanasan karena diletakkan di atas dasbor mobil, atau ketumpahan air. Kalau sudah rusak, kartu tidak akan bisa lagi digunakan.

Itulah 6 kartu elektronik yang diterbitkan beberapa perbankan dan pihak lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membayar tarif jalan tol. Sekarang kamu bisa liburan dengan tenang dan nyaman. Jangan lupa siapkan saldonya sebelum berangkat ya.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.