Search Cars

Baru

Simak, Daftar Jalan yang Direkayasa Arusnya Saat KTT ASEAN Jakarta

Pada penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 pada 2-7 September ada 29 jalan yang direkayasa. Ini daftar jalan dan arus alternatifnya.

KTT ASEAN 2023

Tak lama lagi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 akan dilangsungkan, tepatnya pada 2-7 September 2023 mendatang di Jakarta. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta pun bersiap dengan rencana rekayasa lalu lintas (lalin) di beberapa ruas jalan.

Kepala Dishub Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo sudah menyiapkan 29 ruas jalan yang nantinya akan diterapkan manajemen rekayasa lalin selama KTT ASEAN 2023 berlangsung. Ke-29 ruas jalan tersebut berdekatan dengan hotel para tamu negara ASEAN menginap dan juga venue penyelenggaraan KTT ASEAN 2023. 

Tahun ini Indonesia terpilih menjadi Ketua KTT ASEAN yang membawahi 10 negara ASEAN lainnya. Yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste. 

Para delegasi KTT ASEAN 2023 

Namun penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 tak hanya dihadiri negara ASEAN saja, tapi juga beberapa kepala negara/pemerintahan dari negara-negara mitra. 

Baca juga: Pencemaran Udara Jakarta Mengkhawatirkan, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan

Di antaranya Australia, Tiongkok, India, Jepang, Selandia Baru, Republik Korea (Korea Selatan), Federasi Rusia, Amerika Serikat, Kanada juga beberapa organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Total jumlah negara yang akan hadir di KTT ASEAN di Jakarta ada 26.

Para tamu delegasi itu akan menginap di 18 hotel, dan lokasi penyelenggaraaan KTT yang ke-43 ini akan dilakukan di 6 lokasi yang berbeda. Yakni, di Istana Negara, Hotel Sultan, Hotel St. Regis, Kantor Sekretariat ASEAN, Jakarta Convention Center (JCC), dan Plataran GBK.

Skema rekayasa lalin KTT ASEAN 2023 di Jakarta

KTT ASEAN

Dalam menerapkan rekayasa lalin, Pemprov DKI Jakarta akan bekerja sama dengan Polda Metro Jaya. Skema rekayasa lalin yang diterapkan adalah sistem buka-tutup jalan di sekitar hotel juga venue penyelenggaraan KTT ASEAN 2023. 

Baca juga: Jokowi Instruksikan Percepat Euro 5 Akibat Kualitas Udara Jakarta Memburuk

Sistem buka-tutup jalan ini sifatnya situasional, menyesuaikan waktu kedatangan-kepulangan para delegasi dari hotel menuju venue penyelenggaraan dan sebaliknya.

“Pertama buka-tutup, tadi sudah disampaikan Pak Gubernur, saat perjalanan delegasi dari tempat penginapan ke tempat acara penutupan bisa sampai 2 jam,” terang Syafrin saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, melansir Detik.com, Rabu (23/8).

“Misal delegasi berangkat jam 7, maka dari 6.30 sampai 8.30 akan ada penutupan. Sehingga kami imbau masyarakat melakukan perjalanan menghindari 6 lokasi yang disebutkan dan mengikuti rute alternatif yang akan dijelaskan,” terang Syafrin lagi. 

Daftar jalan pemberlakukan manajemen lalu lintas

kamera etle di patung pemuda senayan

Berikut ini daftar 29 ruas jalan yang kena pemberlakukan manajemen lalin KTT ASEAN 2023 oleh Pemprov DKI Jakarta:

Baca juga: Seleksi CPNS 2023 Dimulai September, Simak Jadwal Lengkapnya

  1. Jalan Jenderal Sudirman
  2. Jalan M. H. Thamrin
  3. Jalan Gatot Subroto
  4. Jalan H. R. Rasuna Said
  5. Jalan Imam Bonjol
  6. Jalan H. O. S. Cokroaminoto
  7. Jalan Galunggung
  8. Jalan R. M. Margono Djojohadikoesoemo
  9. Jalan K. H. Mas Mansyur
  10. Jalan Karet Pasar Baru Timur 5
  11. Jalan Karet Pasar Baru Timur 2
  12. Jalan Karet Pasar Baru Timur 3
  13. Jalan Prof. Dr. Satrio sisi Barat
  14. Jalan Kebon Sirih
  15. Jalan Wahid Hasyim
  16. Jalan Gerbang Pemuda
  17. Jalan Pintu Satu Senayan
  18. Jalan Asia Afrika
  19. Jalan Sisingamangaraja
  20. Jalan Pattimura
  21. Jalan Trunojoyo
  22. Jalan Gunawarman
  23. Jalan Majapahit
  24. Jalan Ir. Juanda
  25. Jalan Veteran III
  26. Jalan Medan Merdeka Barat
  27. Lingkar Mega Kuningan
  28. Jalan Lingkar SCBD
  29. Jalan Setia Budi Tengah

Jadwal KTT ASEAN 2023

bunderan HI

Seperti sudah dijelaskan di atas, lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 terdapat di 6 tempat. Berikut ini jadwal kegiatan KTT ASEAN berdasarkan lokasinya:

Baca juga: Pembangunan Terowongan Bawah Laut di IKN Nusantara Segera Dimulai

  1. Kegiatan di Hotel St Regis, Sabtu-Minggu, 2-3 September 2023, pukul 09.00 dan 10.00 WIB.
  2. Kegiatan di Sekretariat ASEAN, Sabtu-Senin, 2-4 September 2023, pukul 08.30 dan 09.00 WIB.
  3. Kegiatan di JCC, Gatot Subroto, Selasa-Rabu, 5 -6 September 2023, pukul 09.00 WIB dan 15.00 WIB.
  4. Kegiatan di Taman Plataran GBK, Rabu, 6 September 2023, pukul 19.00 WIB.
  5. Kegiatan di Hotel Sultan dan Istana Merdeka, Selasa-Kamis, 5-7 September 2023.

Rute alternatif sekitar Hotel St Regis

st regis hotel di kuningan jakarta sambut ASEAN

Ini beberapa rute alternatif yang disediakan Dishub DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya untuk masyarakat selama rekayasa diterapkan di 29 ruas jalan:

  • Lalu lintas dari Selatan (Cipete) menuju ke Barat (Slipi) atau Utara (Monas) bisa melalui Jalan Kyai Maja – Jalan Kebayoran Baru – Jalan Arteri Pondok Indah – Berputar di U-Turn depan Gandaria City – Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Tentara Pelajar dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (Blok M) bisa melalui Jalan Medan Merdeka Barat – Jalan Budi Kemuliaan – Jalan Abdul Muis – Jalan Fahrudin Jalan K. H. Mas Mansyur – Jalan Penjernihan – Jalan Pejompongan – Jalan Tentara Pelajar – Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Kebayoran Baru – Jalan Kyai Maja – Jalan Panglima Polim dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Timur (Tebet) ke Barat (Slipi) dapat melalui Jalan Kapten Tendean – Jalan Wolter Monginsidi – Jalan Trunojoyo – Jalan Kyai Maja – Jalan Kebayoran Baru – Jalan Arteri Pondok Indah – Berputar di U-Turn depan Gandaria City – Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Tentara Pelajar – Jalan S.Parman dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Barat (Slipi) menuju ke Timur (Tebet) dapat melalui Jalan S. Parman – Jalan Pejompongan – Jalan Penjernihan – Jalan R. M. Margono – Jalan Galunggung – Jalan Dr. Saharjo – Jalan Prof. Dr. Soepomo – Jalan M. T. Haryono dan seterusnya.

Alternatif sekitar Sekretariat ASEAN

KTT ASEAN
  • Lalu lintas dari Selatan (Cipete) menuju ke Barat (Slipi) atau Utara (Monas) dapat melalui Jalan Kyai Maja – Jalan Kebayoran Baru – Jalan Arteri Pondok Indah – berputar di U-Turn depan Gandaria City – Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Tentara Pelajar dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (Blok M) dapat melalui Jalan Medan Merdeka Barat – Jalan Budi Kemuliaan – Jalan Abdul Muis – Jalan Fahrudin – Jalan K. H. Mas Mansyur – Jalan Penjernihan – Jalan Pejompongan – Jalan Tentara Pelajar – Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Kebayoran Baru – Jalan Kyai Maja – Jalan Panglima Polim dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Timur (Cawang) menuju ke Barat (Slipi) dapat melalui Jalan Dr. Soepomo – Jalan Dr. Saharjo – Jalan Prof. Dr. Satrio – Jalan K. H. Mas Mansyur – Jalan Jati Bunder – Jalan K. S. Tubun – Jalan Brigjen Katamso – Jalan S. Parman – dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Barat (Slipi) menuju ke Timur (Tebet) dapat melalui Jalan S. Parman – Jalan Pejompongan – Jalan Penjernihan – Jalan K. H. Mas Mansyur – Jalan Prof. Dr. Satrio sisi Timur – Jalan K. H. Abdullah Syafei – Jalan Prof. Dr. Soepomo – Jalan M. T. Haryono dan seterusnya. Layanan angkutan umum Transjakarta berlangsung normal.

Jalur alternatif KTT ASEAN di JCC, Gatot Subroto

  • Lalu lintas dari Selatan (Cipete) menuju ke Barat (Slipi) atau Utara (Monas) dapat melalui Jalan Kyai Maja – Jalan Kebayoran Baru – Jalan Arteri Pondok Indah – berputar di U-Turn depan Gandaria City – Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Tentara Pelajar dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (Blok M) dapat melalui Jalan Medan Merdeka Barat – Jalan Budi Kemuliaan -Jalan Abdul Muis – Jalan Fahrudin –  Jalan K. H. Mas Mansyur – Jalan Penjernihan – Jalan Pejompongan – Jalan Tentara Pelajar – Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Kebayoran Baru – Jalan Kyai Maja – Jalan Panglima Polim dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Timur (Tebet) ke Barat (Slipi) dapat melalui Jalan Kapten Tendean – Jalan Wolter Monginsidi – Jalan Trunojoyo – Jalan Kyai Maja – Jalan Kebayoran Baru – Jalan Arteri Pondok Indah – berputar di U-Turn depan Gandaria City – Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Tentara Pelajar – Jalan S. Parman dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Barat (Slipi) menuju ke Timur (Tebet) dapat melalui Jalan S. Parman – Jalan Pejompongan – Jalan Penjernihan – Jalan R. M. Margono – Jalan Galunggung – Jalan Dr. Saharjo -Jalan Prof. Dr. Soepomo – Jalan M. T. Haryono dan seterusnya.

Rute alternatif di Taman Plataran GBK

  • Lalu lintas dari Selatan (Cipete) menuju ke Barat (Slipi) atau Utara (Monas) dapat melalui Jalan Kyai Maja – Jalan Kebayoran Baru – Jalan Arteri Pondok Indah – berputar di U-Turn depan Gandaria City – Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Tentara Pelajar dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (Blok M) dapat melalui Jalan Medan Merdeka Barat – Jalan Budi Kemuliaan – Jalan Abdul Muis – Jalan Fahrudin – Jalan K. H. Mas Mansyur – Jalan Penjernihan – Jalan Pejompongan – Jalan Tentara Pelajar – Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Kebayoran Baru – Jalan Kyai Maja – Jalan Panglima Polim dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Timur (Tebet) ke Barat (Slipi) dapat melalui Jalan Kapten Tendean – Jalan Wolter Monginsidi – Jalan Trunojoyo – Jalan Kyai Maja – Jalan Kebayoran Baru – Jalan Arteri Pondok Indah – Berputar di U-Turn depan Gandaria City – Jalan Teuku Nyak Arief -Jalan Tentara Pelajar – Jalan S. Parman dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Barat (Slipi) menuju ke Timur (Tebet) dapat melalui Jalan S. Parman – Jalan Pejompongan – Jalan Penjernihan – Jalan R. M. Margono – Jalan Galunggung – Jalan Dr. Saharjo – Jalan Prof. Dr. Soepomo -Jalan M. T. Haryono dan seterusnya.

Baca juga: BMW Indonesia Menjadi Sustainable Mobility Partner KTT ASEAN 2023

Jalan Sudirman ditutup pukul 18.00-22.00 WIB.

Rute alternatif KTT ASEAN di Hotel Sultan-Istana Merdeka

istana merdeka jakarta pusat
  • Lalu lintas dari Selatan (Cipete) menuju ke Barat (Slipi) atau Utara (Monas) dapat melalui Jalan Kyai Maja – Jalan Kebayoran Baru – Jalan Arteri Pondok Indah – berputar di U-Turn depan Gandaria City – Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Tentara Pelajar dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Utara (Kota Tua) menuju ke Selatan (Blok M) dapat melalui Jalan Suryopranoto – Jalan Balikpapan – Jalan Cideng Timur – Jalan K. H. Mas Mansyur – Jalan Penjernihan – Jalan Pejompongan – Jalan Tentara Pelajar – Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Kebayoran Baru – Jalan Kyai Maja – Jalan Panglima Polim dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Timur (Tebet) ke Barat (Slipi) dapat melalui Jalan Kapten Tendean –  Jalan Wolter Monginsidi – Jalan Trunojoyo – Jalan Kyai Maja – Jalan Kebayoran Baru – Jalan Arteri Pondok Indah – berputar di U-Turn depan Gandaria City – Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Tentara Pelajar – Jalan S. Parman dan seterusnya.
  • Lalu lintas dari Barat (Slipi) menuju ke Timur (Tebet) dapat melalui Jalan S. Parman – Jalan Pejompongan – Jalan Penjernihan – Jalan R. M. Margono – Jalan Galunggung – Jalan Dr. Saharjo – Jalan Prof. Dr. Soepomo – Jalan M. T. Haryono dan seterusnya.

Demikian rekayasa lalu lintas selama penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 oleh Pemprov DKI di Jakarta. Bersiaplah cari jalur alternatif jika kamu akan melintasi ruas jalan tersebut.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.