Search Cars

Berita Utama Otomotif

Spesifikasi Mobil Antipeluru yang Dipakai Jokowi di Arab Saudi

Presiden Jokowi menggunakan mobil canggih saat kunjungannya ke Arab Saudi untuk menghadiri KTT. Bagaimana spesifikasinya?

mobil antipeluru jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Arab Saudi pada tanggal 2-4 November 2023. Kunjungan tersebut dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) luar biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). 

Selain karena kunjungan diplomatiknya, mobil yang digunakan juga menarik perhatian karena fitur keamanan tingkat tinggi. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi menggunakan mobil antipeluru Mercedes-Maybach S 600 Guard. 

Kendaraan mewah ini merupakan salah satu mobil antipeluru terbaik di dunia yang diproduksi oleh Mercedes-Benz.Saat peluncurannya pada 2016 lalu, Mercedes-Maybach S 600 Guard dijual dengan harga mulai dari 470.000 euro. J

ika dirupiahkan dengan kurs saat ini (1 euro = Rp 16.816), harga mobil tersebut berarti sekitar Rp 7,9 milliar. Mobil ini memiliki spesifikasi dan fitur keamanan yang sangat mumpuni untuk melindungi seorang pemimpin negara dari berbagai ancaman. 

Baca juga: Aturan Beli BBM Subsidi Diperluas, Ini Syarat dan Caranya

Baik berupa serangan fisik maupun serangan terorisme. Menyandang nama Maybach, Mercedes-Maybach S 600 Guard ini tergolong lebih mewah dari mobil dinas Jokowi di Indonesia saat ini, Mercedes-Benz S 600 Guard.

Kendaraan ini memadukan eksklusivitas Maybach dengan menggabungkannya dengan kesempurnaan Mercedes-Benz S-Class. Tentunya spesifikasi Mercedes-Maybach S 600 Guard sendiri tidak main-main.

Spesifikasi mobil yang digunakan Jokowi

mobil jokowi

Kemewahan dari Maybach terpancar dari interiornya yang memanjakan penumpang. Dengan panjang 5.453 mm dan jarak sumbu roda 3.365 mm, membuat Mercedes-Maybach S 600 Guard ini memiliki dimensi 20 cm lebih panjang dibandingkan sedan S-Class.

Baca juga: Mau Ganti Cat Mobil? Cek Dulu Estimasi Biayanya

Penumpang di belakang mendapat manfaat dari penambahan ukuran ini karena lebih lapang. Dari perlengkapan standar juga memiliki kelebihan, mencakup kursi eksekutif di kiri dan kanan dan detail eksklusif lainnya seperti amplifikasi suara yang inovatif.

Mercedes-Maybach S 600 Guard dilengkapi mesin Mesin V12 berkapasitas 5.500 cc dengan tenaga 530 daya kuda dan torsi 900 Nm. Mesin tersebut juga sudah menggunakan transmisi otomatis 7 percepatan. 

Mobil ini juga dapat berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam dalam waktu 5,5 detik. Dan dapat mencapai kecepatan tertinggi 210 kilometer per jam, dengan berat kendaraan 3,8 ton.

Bodi baja dan kaca tahan peluru pada mobil yang dipakai Jokowi

maybach s600 guard

Mercedes-Maybach S 600 Guard memiliki bodi yang dilapisi baja dengan ketebalan hingga 10 cm. Lapisan baja ini mampu menahan serangan peluru dari senapan serbu hingga kaliber 7,62 mm dan mampu melindungi penumpang dari ledakan bom.

Baca juga: Kelebihan dan Tips Merawat Jok Elektrik Mobil

Kaca jendela mobil ini juga terbuat dari bahan yang tahan peluru. Kaca jendela ini mampu menahan serangan peluru dari senapan serbu hingga kaliber 5,56 mm.

Penggunaan sistem pemadam kebakaran

Sistem pemadam kebakaran akan aktif secara otomatis jika terjadi kebakaran di dalam mobil. Sistem ini menggunakan detektor asap dan panas untuk mendeteksi kebakaran.

Tidak hanya itu saja, ada juga sistem perlindungan terhadap ledakan yang bisa melindungi penumpang dari ledakan bom. Sistem ini menggunakan sensor untuk mendeteksi ledakan.

Sistem komunikasi

maybach s 600 guard

Mobil ini dilengkapi dengan sistem komunikasi canggih yang memungkinkan penghuninya untuk tetap terhubung dengan dunia luar. Sistem komunikasi ini menggunakan radio, satelit, dan jaringan internet.

Baca juga: Waktu Operasional LRT Tidak Sampai Malam, Catat Jadwalnya

Mercedes-Maybach S 600 Guard telah diuji dan mendapatkan sertifikasi keamanan VR10 dari Otoritas Balistik di Ulm, Jerman. Sertifikasi VR10 merupakan sertifikasi tingkat keamanan tertinggi untuk kendaraan non-militer.

Mercedes-Maybach S 600 Guard merupakan mobil yang sangat cocok untuk melindungi Presiden Jokowi dari berbagai ancaman. Baik berupa serangan fisik maupun serangan terorisme. 

Harganya yang mencapai miliaran rupiah tentu tidak main-main tingkat eksklusivitas dan kemampuan keamanan yang dimilikinya. Bagaimana, canggih bukan mobil yang dipakai Presiden Jokowi?

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.