Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tahapan Uji Emisi Bagi Kendaraan Pribadi

Uji emisi menjadi salah satu perawatan yang penting dilakukan pada mobil dan memiliki banyak manfaat. Lantas, apa saja tahapannya?

uji emisi

Uji emisi adalah proses pengujian dan evaluasi untuk mengukur jumlah dan jenis polutan yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor atau sumber lainnya saat beroperasi. 

Hal ini bertujuan menilai tingkat polusi udara yang dihasilkan oleh kendaraan atau peralatan tertentu. Tujuannya adalah memastikan bahwa emisi tersebut memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah.

Jenis polutan yang diukur dalam uji emisi dapat mencakup karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), dan nitrogen oksida (NOx). Ada juga partikel halus (PM10 dan PM2.5) dan berbagai zat kimia beracun lainnya.

Baca juga: Toyota dan Daihatsu Rajai Daftar Mobil Terlaris Juni 2023, Siapa Pemuncaknya?

Lantas, untuk tahapan-tahapannya apa saja yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan? Cek langsung di infografis berikut ini ya:

infografis uji emisi

Kapan melakukan uji emisi?

Uji emisi biasanya dilakukan secara berkala, misalnya pada saat pemeriksaan kendaraan rutin, sehingga kendaraan yang melebihi ambang batas yang diperbolehkan dapat diidentifikasi dan diperbaiki. 

Di wilayah Jakarta sendiri bagi kendaraan berusia di atas 3 tahun wajib untuk melakukan pengujian gas buang setiap tahun. Kebijakan mengenai hal ini sudah diterapkan Pemprov DKI Jakarta setiap kali membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Baca juga: Jalur Pansela Yogyakarta Ditargetkan Selesai 2024, Mudik Lebih Banyak Pilihan

Jika kendaraan tidak memenuhi standar emisi, pemiliknya mungkin perlu melakukan perbaikan atau pemeliharaan untuk memastikan kendaraan beroperasi sesuai regulasi.

Manfaat uji emisi

uji emisi akbar

Pengujian kendaraan yang satu ini memiliki berbagai manfaat yang penting dalam upaya untuk menjaga kualitas udara dan lingkungan. Berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh pemilik kendaraan:

Pengurangan polusi udara

Pengujian gas buang ini dapat membantu mengidentifikasi kendaraan atau peralatan yang melepaskan gas buang berlebihan. Dengan melakukan pengujian ini, pemilik kendaraan telah berkontribusi pada pengurangan polusi udara yang merugikan kualitas udara dan kesehatan masyarakat.

Peningkatan kualitas udara

lulus uji emisi

Kualitas udara yang baik berdampak positif pada kesehatan manusia, mengurangi risiko penyakit pernapasan dan masalah kesehatan lainnya.

Pemantauan kepatuhan pemerintah

Uji emisi membantu memastikan kepatuhan industri dan pemilik kendaraan terhadap regulasi lingkungan yang berlaku. 

Peningkatan teknologi dan inovasi

Uji emisi juga mendorong pengembangan teknologi yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Kendaraan dan peralatan dengan emisi yang lebih rendah didorong untuk mengurangi dampak mereka terhadap lingkungan.

Kesadaran lingkungan

uji emisi kendaraan

Melalui uji emisi, pemilik kendaraan dan pihak-pihak terkait diberi kesadaran tentang pentingnya menjaga kualitas udara dan lingkungan. 

Baca juga: Daftar Mobil Listrik Terlaris, Toyota bZ4X Laku Hingga Ratusan Unit

Uji emisi dapat meningkatkan pemahaman tentang dampak polusi udara terhadap kesehatan manusia dan mendorong partisipasi aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Estimasi biaya

Biaya yang dikeluarkan untuk pengujian gas buang pada mobil bervariasi, berkisar Rp150.000 hingga Rp200.000. Sementara itu, sejumlah produsen memberikan keringanan biaya pengujian gas buang pada mobil hingga gratis dengan syarat tertentu.

Baca juga: Kenali Ciri Bensin Mobil yang Tercampur Air

Sedangkan untuk pengujian gas buang sepeda motor, tarif umumnya setengah dari kisaran tarif pengujian gas buang mobil. Banyak pilihan tempat untuk melakukan pengujian gas buang kendaraan, mulai dari kios khusus, kendaraan uji gas buang (mobile), hingga Kantor Dinas Lingkungan Hidup.

Jadi, jangan lupa untuk rutin melakukan pengujian gas buang bagi kendaraan kamu ya.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.