Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tes Nanjak Toyota Innova Zenix VS Innova Diesel ala Ridwan Hanif, Pilih Mana?

Lahir di era yang lebih melek teknologi, apakah Toyota Innova Zenix lebih andal di jalanan menanjak dibanding Innova mesin Diesel?

toyota innova zenix

Jika kamu bingung memilih antara Toyota Innova Zenix atau Toyota Kijang Innova mesin Diesel, Ridwan Hanif membuat ulasan mengenai keduanya di video Youtube-nya yang berjudul “Tes Nanjak Innova Zenix Vs Innova Diesel”, (21/12). 

Di hari yang sama, Ridwan menjajal dua kendaraan ini di medan yang sama. Berikut ini ulasan pengamat otomotif tersebut seperti yang dibagikannya di kanal Youtube pribadinya, Ridwan Hanif Rahmadi.

Untuk diketahui Innova Diesel menggunakan penggerak roda depan (Rear Wheel Drive/RWD), sementara Zenix yang diluncurkan di Indonesia pada November 2022 menggunakan penggerak roda belakang (Front Wheel Drive/FWD). 

Baca juga: MAU JADI PEMILIK TOYOTA ALL NEW KIJANG INNOVA ZENIX HYBRID BULAN INI?

Saat mengendarai kedua mobil ini, Ridwan sama-sama membawa keempat temannya. Total beban penumpang untuk 5 penumpang saat itu ada 562 kilogram, lebih dari setengah ton. 

Toyota Innova Zenix

innova zenix

Mobil pertama yang dijajal Ridwan adalah Innova Zenix. Ia menjajal kendaraan tersebut di tanjakan yang cukup ekstrem. Ia mengaku mesin Zenix terasa agak berat tarikannya meski secara keseluruhan tidak ada masalah. 

Ternyata tanjakan yang ditemuinya di awal belum seberapa ekstrem jika dibandingkan dengan yang setelah itu. Ia merasakan benar, suara mesin Innova Zenix jadi terasa lebih berat lagi. 

Baca juga: Pilihan Harga Innova Zenix dengan Fitur TSS, Berapa Kisaran Harga Lengkapnya?

“Dari tadi kita naik mobil ini belum pernah kan mesinnya sampai sekencang ini suaranya kan ya?” tanya Ridwan ke teman-temannya untuk memastikan.

Ridwan mengaku bahwa dirinya sebelumnya sempat menonton video lain tentang mobil-mobil lain yang menjajal medan yang dilaluinya hari itu. Katanya, memang rata-rata mobil yang melintas di sana susah nanjak. 

Sesekali ia juga merasakan suara mendengung kencang, seperti suara kipas yang menyala. Dan ia mencoba stop and go di tanjakan yang lainnya. “Wah berat banget, berat banget, tapi naik. Padahal tadi gua udah gas pol loh,” kata Ridwan dalam videonya.

Baca juga: Pakai Loan Calculator SEVA Kredit Mobil Tanpa Worry, Bisa!

Sejauh itu mesin Zenix tidak berdecit dan traksinya masih bagus. Dan menurut Ridwan lagi, tenaga yang dihasilkan ‘tertolong’ dari mesin listriknya yang memiliki torsi yang besar.

Seperti diketahui, mesin bensin Zenix mampu menempuh jarak 1,6 kilometer per liter. Tapi saat diajak berjalan di medan yang penuh tanjakan, jarak tempuhnya berkurang menjadi 16,1 kilometer per liter. 

Sebelum Innova, Ridwan juga sudah pernah menjajal medan tersebut dengan model mobil lainnya. “Dibandingkan dengan mobil-mobil lain, kalau ini rasanya benar-benar enteng, enggak ada beban, padahal kita bebannya sudah setengah ton, ya.” 

Perbandingan mesin Diesel

diesel

Setelah mencoba medan tanjakan tersebut dengan Toyota Innova Zenix, Ridwan kemudian berganti mobil dengan Toyota Kijang Innova mesin Diesel. 

Baca juga: Kunci Keyless Mobil Tidak Bisa Konek, Bagaimana Solusinya?

Di medan yang sama, mesin Diesel Innova juga terasa agak berat saat melaju, meski tidak seberat Innova hybrid. Ia juga mencoba stop and go di area stop and go Toyota Innova Zenix. Rasa beratnya pun sama. 

“Innova yang ini memang jadul banget, ya. Sebenarnya dibandingkan dengan Innova sebelumnya (mesin Diesel generasi sebelumnya), yang masih pakai 2 KD ini ‘lompatan’ teknologinya lebih banyak. Tapi tetap saja, yang tipe G ini masih standar banget. Tapi kalau disuruh milih buat nanjak enakan yang mana, yang Diesel atau yang hybrid, tetap bagusan yang Diesel,” aku Ridwan.

Namun untuk manuver seperti putar balik, radius putar Innova Diesel berat, tidak sebagus yang Zenix. Enam percepatan Innova Diesel juga masih terasa kasar saat berada di jalan menurun, begitu juga dengan engine brake-nya (pada Zenyx lebih terasa kedap). Sementara untuk handling, suspensi, getaran mesin dan lain-lainnya, diakui Ridwan masih lebih bagus Toyota Innova Zenix.

Baca juga: Toyota Innova Zenix Menjadi Mobil Terlaris Selama Oktober 2023, Geser Honda Brio

Hasil akhir dari tes nanjak yang dilakukan Ridwan hari itu adalah Toyota Kijang Innova mesin Diesel lebih unggul dari Toyota Innova Zenix. 

“Walaupun Innova hybrid lebih nyaman, lebih bagus saat nanjak (suara halus tidak ada getaran aneh), tapi kalau untuk tenaga Innova Diesel torsinya lebih ada,” tutup Ridwan. Apa kamu setuju dengan Ridwan?

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang