Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tidur Dalam Mobil dengan AC Menyala, Apa Dampak Bahayanya?

Tidur dalam mobil sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan. Apakah aman jika dilakukan dalam keadaan AC mobil yang menyala?

tidur dalam mobil

Tidur dalam mobil bisa menjadi pilihan untuk beristirahat ketika dalam kondisi darurat. Apalagi jika habis berkendara jauh, dimana tentunya hal ini bisa sangat melelahkan dan cukup menantang. 

Ini juga bisa menjadi pilihan berkendara terutama saat kesulitan mendapat rest area yang diharapkan. Sayangnya, tidur dalam mobil tidak bisa sembarangan karena perlu memerhatikan beberapa faktor agar istirahat kamu menjadi tenang dan nyaman.

Sebagai pengendara, seseorang perlu mengingat bahwa tidur di dalam mobil dengan kondisi mesin masih menyala perlu dihindari.

Bahaya tidur dalam mobil dengan AC menyala

Tidur dalam mobil dengan kondisi AC menyala dapat membawa beberapa risiko dan bahaya kesehatan. Beberapa risiko yang mungkin terjadi diantaranya:

1. Dehidrasi

dehidrasi

AC yang menyala lama dapat mengeringkan udara di dalam mobil dan menyebabkan dehidrasi. Kondisi ini dapat menyebabkan sakit kepala, kulit kering, dan bibir pecah-pecah.

2. Masalah pernapasan

AC mobil juga dapat menyebabkan masalah pernapasan jika terlalu lama dan terlalu sering digunakan. Udara yang dingin dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan, terutama bagi seseorang yang memiliki masalah alergi.

3. Kerusakan mesin

AC menjadi bahaya ketika dihidupkan dalam jangka waktu yang lama, terutama ketika mesin mobil mati. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan sistem pendingin mobil.

Tips jika ingin tidur dalam mobil

tidur di mobil

Jika ingin tidur dalam mobil, agar tetap aman dan tidak mengganggu kesehatan bisa melakukan beberapa cara. Apa saja itu? 

Pastikan mesin mobil dalam keadaan mati

Apabila seseorang terpaksa melakukan istirahat dalam mobil, pastikan mesin dalam kondisi mati. Hal ini dikarenakan untuk menghindarkan tanpa sengaja menggerakkan tuas transmisi atau menekan pedal gas yang dapat menyebabkan risiko kecelakaan.

Baca juga: Viral Warga Bekasi Beli Mobil Tetapi Bikin Garasi di Jalan

Dari sisi keamanan memang sebaiknya mesin dimatikan ketika mobil dalam keadaan berhenti. Cara ini akan membuat mesin beristirahat, sehingga panas berlebih tidak akan terjadi.

Pilih tempat istirahat aman dan teduh

rest area

Rest area adalah pilihan tepat untuk beristirahat kala berkendara jarak jauh. Sayangnya tidak semua rest area dikatakan nyaman untuk dimanfaatkan beristirahat.

Berkaca dari fenomena mudik tahun ini, padatnya rest area membuat sebagian memilih untuk sekadar tidur. Oleh karenanya penting memerhatikan lokasi yang aman dan nyaman.

Baca juga: Aksi Pelemparan Batu di Tol Sebabkan Kaca Mobil Rusak, Bagaimana Antisipasinya?

Pilih lokasi area yang memiliki ruangan nyaman dan ventilasi baik. Hal ini untuk menghindari gas buang dapat terkumpul dan masuk ke dalam kendaraan. 

Bila gas buang dari asap knalpot masuk ke kabin, hal tersebut dapat mengakibatkan kematian atau bahaya kesehatan yang serius karena asap knalpot berpeluang mengandung racun.

Sembunyikan barang berharga

lokasi rest area dompet

Sembunyikan barang bawaan berharga untuk menghindari berniat jahat. Simpan dompet, tas, HP, uang, dan sebagainya pada bagian mobil yang dirasa aman dan penting juga hindari barang mencolok di dashboard karena tempat ini paling mudah terlihat dari luar.

Buka Jendela dan atur posisi kursi

Buka jendela untuk menjaga sirkulasi udara karena kondisi ini penting untuk mendapat sirkulasi yang baik dari pergantian udara.

Tidak hanya itu saja, penting juga untuk mengatur posisi kursi ketika harus beristirahat dalam mobil. Coba dorong jok mobil sejauh mungkin ke arah belakang dan rebahkan sandaran punggung sampai mendapatkan ternyaman bagi tubuh.

Jadi, bisa disimpulkan agar kebiasaan tidur dalam mobil dengan AC menyala ini bisa dihindarkan ya. Buat yang ingin beristirahat, lakukan di tempat yang aman pastinya. 

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.